Tim Jokowi-Maruf Desak Prabowo Minta Maaf Soal Hoaks Ratna Sarumpaet

Dimas Jarot Bayu
3 Oktober 2018, 19:03
Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ratna Sarumpaet
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ratna Sarumpaet memberikan klarifikasi terkait pemberitaan penganiyaan terhadap dirinya di Kediaman Ratna Sarumpaet, Kawasan Bukit Duri, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyarankan calon presiden Prabowo Subianto ikut meminta maaf atas hoaks tentang penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet. Hasto menilai Prabowo ikut andil atas tersebarnya hoaks tersebut karena membela Ratna melalui konferensi pers.

"Pak Prabowo sebaiknya meminta maaf ke publik," kata Hasto melalui keterangan tertulisnya, Rabu (3/10).

Hasto mengatakan pernyataan Prabowo dalam konferensi pers telah mengganggu konsentrasi bangsa yang sedang berduka akibat bencana di Sulawesi Tengah. Prabowo, kata Hasto, bahkan mengkaitkan isu penganiayaan dengan sikap politik Ratna yang berseberangan dengan pemerintah.

(Baca juga: Bohongi Prabowo, Ratna Sarumpaet Akui Hoaks soal Penganiayaan)

Hasto menilai pernyataan Prabowo sebenarnya hanya upaya menggalang dukungan elektoral melalui simpati. "Inilah cermin politik yang tidak berkeadaban dan meninggalkan tradisi nilai-nilai luhur bangsa," kata Hasto.

Selain Prabowo, Hasto menyoroti sikap politisi lainnya yang menyebarkan hoaks seperti Rachel Maryam, Fadli Zon, Dahnil Anzar Simanjuntak, Nanik S Deyang, Andre Rosiade, dan Fahira Idris. Hasto meminta aparat mengusut dugaan keterlibatan para politisi dalam menyebarkan informasi palsu. 

Setelah beredar isu penganiayaan selama satu hari, Ratna Sarumpaet akhirnya mengakui telah merekayasa cerita bohong atau hoaks mengenai penganiayaan terhadap dirinya yang terjadi pada tanggal 21 September 2018. Ratna menyatakan kebohongan itu bermula setelah dia menjalankan operasi penyedotan lemak di pipi kiri dan kanan di Rumah Sakit Bedah Bina Estetika di Menteng, Jakarta.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...