Debat Pilpres Pertama Jokowi Tampil Paling Baik

Oleh Widya Nandini, 21/1/2019, 21.29 WIB

Jokowi dinilai tampil paling baik tapi tidak dalam hal kebaruan dalam penyelesaian isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat Pilpres Pertama Jokowi Tampil Paling Baik
Unduh Infografik
Share

 

Kedua pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) telah mengutarakan gagasannya terkait isu hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme pada debat pemilihan presiden (Pilpres) putaran pertama. Secara umum, capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dinilai tampil paling baik.  

Berdasarkan hasil telesurvei yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI)- bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC), Jokowi dianggap sebagai kandidat yang tampil paling baik dengan pemaparan paling jelas. Hanya saja, terkait indikator kemampuan menjawab pertanyaan, Jokowi kalah dibandingkan dengan calon Wapres Sandiaga Uno. Pasangan Prabowo-Sandi juga dinilai unggul dalam menyampaikan hal baru terkait isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

KedaiKOPI dan Katadata Insight Center mengadakan survei pada 17 - 18 Januari 2019.  Data panel responden berjumlah 2.499 orang yang didapatkan dengan teknik multistage random sampling dan telah diwawancara secara tatap muka.

Dari 2.499 responden sebanyak 463 responden atau 18,52 persen merespon telesurvei. Sementara dari jumlah etrsebut sebanyak 372 responden menonton debat dan bersedia diwawancari. Namun setelah debat hanya 230 responden yang benar-benar menonton. Adapun survei ini memiliki margin of error ±4,55 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(Baca : Hasil Survei: Jokowi Tampil Paling Baik dalam Debat Pertama Pilpres)