Jalan Terjal Perempuan Jadi Pengusaha

Oleh Tim Publikasi Katadata, 25/1/2019, 10.13 WIB

6 dari 10 pengusaha perempuan memulai bisnis mereka karena terpaksa. Mereka selalu terganjal masalah dukungan keluarga dan kesulitan izin usaha.

Dipersembahkan oleh:
Jalan Terjal Perempuan Jadi Pengusaha
Unduh Infografik
Share

Riset yang dilakukan Ekonom Universitas Trisakti Profesor Tulus Tahi Hamonangan Tambunan, sekitar 60 persen responden pengusaha perempuan berwirausaha karena terpaksa.

Meski berwirausaha untuk bertahan hidup, mereka kurang mendapatkan dukungan dari keluarga atau suami. Hambatan lain yang tak kalah penting adalah sulitnya memperoleh izin usaha.

Kedua hambatan tersebut dialami lebih banyak pengusaha perempuan dibandingkan permasalahan finansial seperti akses permodalan. Kesulitan modal hanya dialami 12 persen pengusaha perempuan yang berwirausaha sebagai solusi bertahan hidup.

Investing in Women

Investing in Women merupakan inisiatif Pemerintah Australia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan pengurangan kemiskinan di Asia Tenggara. Investing in Women didirikan untuk meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan, membangun pasar bagi perempuan dan mempengaruhi lingkungan sektor swasta dan publik untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan di Filipina, Vietnam, Myanmar dan Indonesia.