INFOGRAFIK : Listrik Dunia Masih Andalkan Batu Bara

Oleh Tim Publikasi Katadata, 23/8/2019, 18.11 WIB

Kontribusinya sekitar 38 persen pada 2016, tak jauh berbeda dengan kontribusinya pada 1973.

Unduh Infografik
Share

Pada saat dunia mulai bergerak mencari sumber energi yang ramah lingkungan dan terbarukan, batu bara terbukti masih menjadi komoditas penting sebagai sumber energi pembangkit listrik di seluruh dunia. Berdasarkan laporan statistik energi 2018 yang dikeluarkan International Energy Agency, dari total 24.973 TWh kebutuhan listrik dunia, sebanyak 9.594 TWh di antaranya disumbangkan oleh batu bara. Kontribusinya sekitar 38 persen pada 2016, tak jauh berbeda dengan kontribusinya pada 1973.

 

Masih berdasar sumber yang sama, batu bara bisa dikatakan paling stabil dibanding sumber energi lainnya seperti gas alam, minyak, nuklir, dan energi baru terbarukan (EBT).

 

Bahkan di beberapa negara yang menjadi pemasok energi listrik terbesar di dunia seperti Tiongkok dan India, kontribusi batu bara masih di atas 65 persen pada 2018. Selain batu bara gas alam juga menjadi komoditas utama di negara seperti Amerika Serikat dan Jepang. Sementara itu perkembangan EBT seperti tenaga air, surya,dan biomassa juga mulai berkembang dengan baik di China dan negara Eropa seperti Jerman.