Milenial Rentan 5 Penyakit Ini

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
17 Desember 2019, 11:28

Generasi milenial berpotensi terserang berbagai penyakit. Menurut laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, milenial yang berusia 25-34 tahun paling rentan terserang penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Selain ISPA, sebanyak 2,07 persen milenial di Indonesia mengalami hipertensi. Penyakit lain yang rentan menyerang milenial adalah pneumonia, jantung, dan TBC.

Pola hidup tidak sehat menjadi penyebab utama berbagai masalah kesehatan yang masuk kelompok penyakit kronis tersebut. Merokok, kurang aktivitas fisik, dan kebiasaan konsumsi makanan tidak sehat, meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit. Dari hasil riset tersebut, sebanyak 31,3 persen milenial berusia 25-34 tahun merupakan perokok aktif.

Di sisi lain, tingkat inflasi jasa kesehatan hingga Oktober 2019 telah mencapai 0,15 persen. Guna melindungi kerugian finansial akibat perawatan penyakit kronis, salah satu cara yang bisa ditempuh ialah memiliki asuransi kesehatan. Meski jumlahnya belum banyak, sekitar 6-7 persen milenial sudah memiliki asuransi kesehatan.

Selain berasuransi, milenial juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Antara lain dengan berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan sehat dan air putih, serta melakukan pengecekan kesehatan guna meminimalisir risiko terserang penyakit kritis.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami