Politik Stabil, Kepercayaan Meningkat

Image title
23 Januari 2020, 10:57

Pada survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) Kuartal IV 2019, penilaian investor terhadap kinerja pemerintah meningkat. Indeks Kepercayaan Investor terhadap Pemerintah (IKIP) kuartal ini sebesar 169,1 atau naik 7,6 poin dari kuartal sebelumnya. Survei KICI dilakukan dengan metode wawancara terhadap 288 investor institusi di Manajemen Investasi, Asuransi, dan Dana Pensiun dengan total dana kelola lebih dari Rp700 triliun.

Dalam survei yang dilakukan pada 25 November – 9 Desember 2019 ini, komponen “memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan” mengalami peningkatan signifikan. Sementara itu, komponen lainnya juga mengalami peningkatan, kecuali komponen “menyediakan dan merawat infrastruktur” yang turun tipis di Kuartal IV 2019, namun tetap berada di level optimisme yang cukup tinggi.

Selain itu, stabilitas politik semakin membaik di mata investor. Di Kuartal III 2019, 69,5% investor menilai kondisi politik stabil, sedangkan di Kuartal IV 2019 meningkat tajam menjadi 84,4%. Dalam kacamata investor, perpolitikan nasional di kuartal akhir tahun ini cukup kondusif setelah penetapan presiden dan kabinet yang baru.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami