Empat Klaster Sebaran Corona di Jawa Barat

Oleh Andrea Lidwina, 30/3/2020, 07.48 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan ada empat klaster sumber penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Unduh Infografik
Share

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan empat klaster yang jadi penyebaran virus corona di wilayahnya. Klaster itu berasal dari acara-acara besar pada akhir Februari dan awal Maret 2020. (Baca: Kunci Sukses “Social Distancing” di Korea Selatan)

Sebanyak tujuh orang yang hadir di Musyawarah Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat di Karawang terinfeksi Covid-19. Dua orang di antaranya adalah Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Lalu, seminar keagamaan Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tiga peserta dari acara ini dinyatakan positif virus corona, tetapi satu orang di antaranya meninggal dunia. (Foto: Jakarta Lengang, Menjelang Lockdown?)

Ada juga dua acara di Bogor, yakni Persidangan Sinode Tahunan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) dan Seminar Bisnis Syariah. Dari masing-masing acara, teridentifikasi empat orang dan tujuh orang yang terinfeksi Covid-19. (Baca: Menebar Bantuan Tunai di Masa Ekonomi Sulit Pandemi Corona)

Adapun, total kasus virus corona di Jawa Barat tercatat sebanyak 98 orang hingga Jumat (27/3), jadi provinsi kedua dengan kasus terbanyak di Indonesia. Sebanyak lima orang di antaranya telah sembuh, sedangkan 14 orang meninggal dunia.