KOMIK: Jurus Capres Merebut Suara Gen Z
Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, memulai kampanye lewat live TikTok dan berhasil menarik ratusan ribu penonton. Setelahnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, melakukan hal yang sama.
Dalam tayangan live tersebut, ketiga orang yang berlaga dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini dapat menyapa langsung para pengikutnya, terutama kalangan Gen Z. Anies sering melakukan live dalam perjalanan di mobil, sementara Ganjar-Mahfud melakukan live di malam hari ketika aktivitas kampanye melandai.
Menjelang Debat Capres-Cawapres 2024 yang ketiga, calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming, juga melakukan live. Namun, live Gibran berbeda dengan Anies, Ganjar, dan Mahfud. Gibran hanya menayangkan dirinya di salon untuk persiapan debat.
Laporan WeAreSocial menunjukkan, Indonesia adalah pengguna TikTok terbesar kedua di dunia. Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, Agus Budiman mengatakan, ini membuat platform tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberi pesan kepada penggemar secara langsung.
Terlebih, algoritma menentukan halaman For You Page (FYP) di TikTok. Semakin sering pengguna terpapar dengan satu calon, akan semakin sering juga calon tersebut muncul di halaman FYP pengguna.
“Fenomena live TikTok yang dilakukan oleh para calon presiden dan wakil presiden dilakukan untuk melanggengkan identitas yang dibentuk melalui TikTok. Live TikTok memiliki pesan yang dahsyat dalam berkomunikasi,” kata Agus dikutip dari situs Universitas Muhammadiyah Surabaya pada 4 Januari 2024.
Survei Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan paslon nomor urut 1 dan 3 memang masih tertinggal elektabilitasnya di kalangan Gen Z. Anies-Muhaimin memiliki elektabilitas sebesar 9,6%, Ganjar-Mahfud sebesar 13,6%, sementara Prabowo-Gibran memimpin dengan 54,7%.