Jenis-Jenis Kucing dan Cara Memilih Peliharaan yang Tepat

Image title
16 September 2021, 21:30
jenis-jenis kucing, jenis kucing
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Seekor kucing bersandar di bahu pemiliknya saat mengikuti Festival Kucing Kampung di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (16/2/2020). Dalam festival kucing kampung yang diadakan Pontianak Stray Cats Care itu turut disosialisasikan gerakan merawat dan menyayangi kucing kampung serta tidak menelantarkan hewan tersebut.

Jenis-jenis kucing cukup banyak ragamnya dan kerap menjadi pertimbangan berat saat ini memilih piaraan berbulu ini. Bahkan, beberapa orang tak segan untuk memelihara lebih dari satu jenis kucing.

Bagi sebagian orang, memelihara kucing merupakan satu kepuasan tersendiri meskipun harus menyisihkan waktu dan uang untuk perawatannya. Kendati demikian, kehadiran kucing nyatanya bisa mendatangkan manfaat, seperti mengurangi rasa sepi dan menghilangkan stres.

Mengutip Psycology Today, seseorang yang memelihara dan merawat kucing memiliki risiko kecil terkena jantung. Kehadiran kucing juga disebut dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin, sehingga dapat mengurangi stres dan meningkatkan fungsi daya tahan tubuh.

Untuk itu, penting memilih jenis kucing mana yang cocok untuk dipelihara. Mengutip berbagai sumber, berikut jenis-jenis kucing yang bisa dijadikan hewan peliharaan:

1. British Shorthairs

Kucing British Shorthairs memiliki bulu-bulu yang lembut dan halus. Jenis ini suka bermain dengan anak-anak dan orang dewasa, namun kebanyakan dari mereka tidak suka digendong. Mereka memiliki sifat sosial dan kemandirian yang seimbang, serta cenderung tidak suka dipaksa untuk melakukan suatu hal, seperti duduk di pangkuan.

2. Devon Rex

Sifatnya yang selalu ingin dekat dengan manusia membuat kucing Devon Rex ini sering dibandingkan dengan anjing. Walaupun tidak membutuhkan terlalu banyak perhatian, kucing ini cenderung setia dan mengikuti ke mana pemiliknya pergi.

3. Bengals

Bila sudah dikenalkan dengan lingkungan sekitar, Bengals menjadi kucing yang tenang. Mereka tidak akan terganggu oleh kehadiran hewan lain, manusia, hingga lingkungan yang bising. Meskipun terlihat seperti cheetah, Bengals pada dasarnya adalah kucing yang lucu dan sering bertingkah seperti anak kucing. Mereka sangat cocok untuk dikawinkan dengan kucing jenis lainnya.

4. Oriental Shorthairs

Kucing Oriental Shorthairs tergolong kucing aktif. Mereka senang berlarian, memanjat, atau berbaring di suatu tempat bila dianggap nyaman. Meskipun begitu, mereka hewan yang menyenangkan, bermanfaat, dan mampu menjalin persahabatan erat dengan pemiliknya.

5. Exotic Shorthairs

Hampir mirip dengan kucing Persia, Exotic Shorthairs memiliki bulu yang lebih pendek. Dengan wajah kecilnya, jenis kucing ini gemar diajak bermain, apalagi ketika usia mereka masih muda. Namun, memasuki usia dewasa, sikap Exotic Shorthairs menjadi lebih tenang dan santai.

6. Sphynxes

Sphynxes merupakan jenis kucing tidak berbulu, sehingga cocok untuk mereka yang alergi bulu kucing. Sphynxes senang diperhatikan, untuk itu dia sering bertingkah nakal untuk mencuri perhatian pemiliknya. Konon, kucing jenis ini senang jika telinganya digaruk.

7. Somali

Kucing Somali memiliki ciri khas bulu ombre dengan empat warna. Jenis kucing ini sangat suka bermain dan cenderung pintar. Selain itu, Somali senang mencari perhatian pemiliknya.

8. Scottish Fold

Scottish Fold dikenal karena memiliki ciri khas telinga yang terlipat. Kucing jenis ini memiliki ukuran tidak begitu besar dengan berat sekitar 4 - 6 kilogram. Scottish Fold sering kali takut ketika mendengar suara keras. Namun, mereka tergolong kucing yang bisa menyanyangi pemiliknya sepenuh hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...