12 Manfaat Jagung bagi Kesehatan Jantung hingga Ibu Hamil

Image title
17 September 2021, 09:10
Manfaat jagung untuk kesehatan
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Petani memilah jagung manis saat panen di Desa Paron, Kediri, Jawa Timur, Kamis (31/12/2020). Menjelang perayaan pergantian tahun harga jagung manis di tingkat petani sepekan terakhir terus mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp1.600 menjadi Rp2.500 per kilogram karena tingginya permintaan pasar.

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Secara teknis, jagung merupakan anggota keluarga tanaman gandum utuh. Oleh sebab itu, jagung digemari banyak orang.

Serat dalam jagung membantu Anda menjadi kenyang lebih lama. Tanaman dengan nama latin zea mays ini juga memberi makan bakteri sehat di saluran pencernaan. Mengonsumsi jagung juga dapat membantu melindungi pencernaan dari risiko kanker usus besar.

Jagung yang telah diolah menjadi popcorn juga masih memiliki banyak manfaat. Popcorn dapat membantu mencegah divertikulitis, peradangan atau infeksi pada kantong kecil di saluran pencernaan.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi lebih banyak popcorn memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit divertikular. Jagung juga bebas gluten, sehingga bisa menjadi alternatif baik pengganti gandum bagi mereka yang harus menghindari gluten.

Dalam satu tongkol jagung setara dengan 100 gram biji jagung, terdapat sekitar 80-100 kalori. Selain itu, jagung juga mengandung beragam nutrisi, seperti:

  • Serat
  • Protein
  • Karbohidrat kompleks
  • Mineral berupa kalium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, dan folat
  • Vitamin, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C
  • Antioksidan, seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein

Karena beragam kandungan nutrisinya, ada beberapa manfaat jagung yang dapat diperoleh. Berikut adalah beberapa manfaat jagung bagi kesehatan:

1. Melancarkan saluran pencernaan

Jagung mengandung serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Serat ini akan dicerna lebih lama dan dapat membuat saluran pencernaan lebih aktif. Karena mengandung serat, jagung dapat dikonsumsi untuk meringankan dan mencegah sembelit.

2. Menyehatkan mata

Jagung mengandung antioksidan zeaxantin dan lutein. Jenis nutrisi ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat jagung lainnya untuk menjaga kesehatan tulang, terutama bagi orang yang sulit mencerna susu atau memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa.

Pasalnya, dalam seporsi jagung terdapat kurang lebih 90 mg fosfor. Jumlah ini setara dengan 10% kebutuhan harian fosfor orang dewasa. Fosfor sendiri merupakan nutrisi yang berfungsi meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi.

PANEN JAGUNG MANIS
PANEN JAGUNG MANIS (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

 4. Mencegah depresi

Jagung mengandung magnesium yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak, sekaligus menjaga suasana hati. Kadar magnesium yang rendah disebut dapat meningkatkan risiko terkena depresi. Oleh karena itu, konsumsi jagung secara rutin dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh untuk mengurangi risiko depresi.

5. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan mineral kalium dan magnesium serta antioksidan pada jagung juga baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Oleh sebab itu, mengonsumsi jagung secara rutin dapat memberi manfaat mencegah penyakit darah tinggi. Namun, jagung sebaiknya tidak ditambah garam berlebih, karena berpotensi meningkatkan tekanan darah.

6. Menangkal radikal bebas

Jagung mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Antioksidan diketahui baik untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, serta penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat jagung di atas, pilihlah jagung dengan kondisi baik dan cuci jagung hingga benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya. Setelah dicuci, jagung dapat dimasak dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus hingga matang.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Miliki jantung yang sehat hingga usia tua merupakan impian bagi banyak orang. Pasalnya, penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengandalkan manfaat jagung rebus untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah, sehingga masalah kardiovaskuler lebih terkontrol.

Vitamin C pada jagung juga dapat membantu menurunkan asam amino di pembuluh darah. Asam amino yang tinggi bisa berisiko menimbulkan masalah pada pembuluh darah, serta masalah terkait jantung.

8. Kaya antioksidan

Manfaat jagung untuk kesehatan berikutnya, dapat menjadi sumber antioksidan. Jumlah antioksidan dalam jagung dikenal lebih tinggi daripada biji-bijian lain.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...