15 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
16 September 2021, 16:52
15 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil dan Kesehatan
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/rwa.
Buah Anggur.

Buah anggur terdiri dari berbagai warna seperti hijau, hitam, merah, dan merah keunguan. Selain dimakan langsung, anggur juga bisa dibuat olahan makanan seperti selai, jeli, jus, sampai kue.

Anggur memberi manfaat pada tubuh yaitu menambah imun, kesehatan mata, melawan penyakit kanker, sampai kesehatan untuk ibu hamil. Rasa anggur yang sediki asam dan manis ini mengandung berbagai nutrisi seperti asam folat, gula, kalsium, magnesium, vitamin dan masih banyak lagi.

Manfaat Anggur

1. Manfaat anggur untuk ibu hamil

Anggur mengandung gizi yang penting selama kehamilan yaitu vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Kandungan gizi lainnya seperti zat besari dapat menghindari anemia selama kehamilan dan membantu menyeimbangkan sel darah merah (hemoglobin). Kandungan anggur lainnya yaitu flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, dan geraniol membantu mencegah infeksi.

2. Manfaat anggur untuk bayi

Anggur mengandung natrium alami untuk membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Kandungan vitamin B bisa membantu metabolisme ibu hamil yang diteruskan pada janin.

Mineral pada anggur bisa menstabilkan kolesterol ibu hamil dan memastikan anak yang belum lahir memiliki jantung sehat.

3. Anggur meningkatkan kekebalan tubuh

Anggur mengandung vitamin C dan A yang menambah sistem kekebalan tubuh. Kandungan airnya juga  penting untuk sirkulasi darah sehat, hidrasi, dan proses pembuangan racun.

4. Membuat tidur malam nyenyak

Melatonin dalam anggur bisa meningkatkan kualitas tidur. Anggur bisa mengurangi insomnia (penyakit susah tidur). Selain itu anggur bisa mengurangi resiko kesehatan mental seperti depresi.

5. Menurunkan Kadar Gula dan Diabetes

Buah anggur mengandung 23 gram gula per cangkir (151 gram). Kandungan gula ini baik untuk penderita diabetes. Anggur juga bisa menurunkan kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian, 38 pria mengkonsumsi 20 gram ekstrak anggur. Hasilnya mereka bisa menurunkan gula darah dibanding orang yang tidak konsumsi anggur.

Anggur mengandung resveratrol telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa dan menurunkan kadar gula darah dan resiko diabetes.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Anggur mengandung 288 mg potasium dan mineral. Dua kandungan ini baik untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi diakibatkan karena kurangnya asupan kalium yang beresiko memicu stroke dan jantung.

7. Manfaat Anggur Merah Mengurangi Kolesterol

Anggur mengandung senyawa yang membantu melindungi terhadap kadar kolesterol tinggi. Mengutip dari healthline.com, pada penelitian ada 69 orang yang memiliki kolesterol tinggi. Mereka makan tiga cangkir (500 gram) anggur merah selama delapan minggu.

Hasil penelitian menunjukkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengalami penurunan. Sedangkan anggur putih tidak memiliki efek sama.

8. Melindungi Tubuh dari Jenis Kanker Tertentu

Kandungan resveratrol pada anggur dapat mencegah kanker. Anggur dapat mengurangi peradangan. Sedangkan antioksidan dapat menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...