15 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Buah anggur terdiri dari berbagai warna seperti hijau, hitam, merah, dan merah keunguan. Buah ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut manfaat anggur untuk ibu hamil dan kesehatan.
Dwi Latifatul Fajri
16 September 2021, 16:52
15 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil dan Kesehatan
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/rwa.
Buah Anggur.

Buah anggur terdiri dari berbagai warna seperti hijau, hitam, merah, dan merah keunguan. Selain dimakan langsung, anggur juga bisa dibuat olahan makanan seperti selai, jeli, jus, sampai kue.

Anggur memberi manfaat pada tubuh yaitu menambah imun, kesehatan mata, melawan penyakit kanker, sampai kesehatan untuk ibu hamil. Rasa anggur yang sediki asam dan manis ini mengandung berbagai nutrisi seperti asam folat, gula, kalsium, magnesium, vitamin dan masih banyak lagi.

Manfaat Anggur

1. Manfaat anggur untuk ibu hamil

Anggur mengandung gizi yang penting selama kehamilan yaitu vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Kandungan gizi lainnya seperti zat besari dapat menghindari anemia selama kehamilan dan membantu menyeimbangkan sel darah merah (hemoglobin). Kandungan anggur lainnya yaitu flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, dan geraniol membantu mencegah infeksi.

2. Manfaat anggur untuk bayi

Anggur mengandung natrium alami untuk membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Kandungan vitamin B bisa membantu metabolisme ibu hamil yang diteruskan pada janin.

Mineral pada anggur bisa menstabilkan kolesterol ibu hamil dan memastikan anak yang belum lahir memiliki jantung sehat.

3. Anggur meningkatkan kekebalan tubuh

Anggur mengandung vitamin C dan A yang menambah sistem kekebalan tubuh. Kandungan airnya juga  penting untuk sirkulasi darah sehat, hidrasi, dan proses pembuangan racun.

4. Membuat tidur malam nyenyak

Melatonin dalam anggur bisa meningkatkan kualitas tidur. Anggur bisa mengurangi insomnia (penyakit susah tidur). Selain itu anggur bisa mengurangi resiko kesehatan mental seperti depresi.

5. Menurunkan Kadar Gula dan Diabetes

Buah anggur mengandung 23 gram gula per cangkir (151 gram). Kandungan gula ini baik untuk penderita diabetes. Anggur juga bisa menurunkan kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian, 38 pria mengkonsumsi 20 gram ekstrak anggur. Hasilnya mereka bisa menurunkan gula darah dibanding orang yang tidak konsumsi anggur.

Anggur mengandung resveratrol telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa dan menurunkan kadar gula darah dan resiko diabetes.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Anggur mengandung 288 mg potasium dan mineral. Dua kandungan ini baik untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi diakibatkan karena kurangnya asupan kalium yang beresiko memicu stroke dan jantung.

7. Manfaat Anggur Merah Mengurangi Kolesterol

Anggur mengandung senyawa yang membantu melindungi terhadap kadar kolesterol tinggi. Mengutip dari healthline.com, pada penelitian ada 69 orang yang memiliki kolesterol tinggi. Mereka makan tiga cangkir (500 gram) anggur merah selama delapan minggu.

Hasil penelitian menunjukkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengalami penurunan. Sedangkan anggur putih tidak memiliki efek sama.

8. Melindungi Tubuh dari Jenis Kanker Tertentu

Kandungan resveratrol pada anggur dapat mencegah kanker. Anggur dapat mengurangi peradangan. Sedangkan antioksidan dapat menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Dari penelitian yang menguji 30 orang dengan usia di atas 50 tahun, mereka memakan 1 pon (450 gram) anggur perhari selama 2 minggu. Hasilnya mereka berhasil menurunkan gejala resiko kanker usus besar.

Studi lain menemukan ekstrak anggur dapat menghambar pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Beberapa orang mengkonsumsi diet dengan makanan antioksidan seperti anggur untuk menurunkan resiko penyebaran sel kanker.

9. Baik untuk Mata

Bahan kimia alami dalam anggur dapat melindungi mata. Dalam sebuah penelitian, resveratrol menurunkan resiko pengembangan degenerasi makula (gangguan penglihatan) terkait usia.

Resveratrol juga melindungi mata dari penyakit glaukoma (kerusakan saraf pada mata), katarak dan penyakit mata diabetes. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dapat melindungi kerusakan mata dari cahaya biru.

10. Anggur Mapat Meningkatkan Memori Otak

Rutin konsumsi anggur ternyata dapat meningkatkan memori otak. Penelitian dilakukan selama 12 minggu pada 111 orang dewasa yang lebih tua yang sehat. Mereka konsumsi 250 mg suplemen anggur tiap hari.

Hasilnya, suplemen itu dapat meningkatkan memori dan bahasa dibanding orang dewasa yang minum 230 ml jus anggur. Jus anggur juga dapat meningkatkan ketrampilan yang berhubungan dengan memori setelah diminum 20 menit. Selain memori, resveratrol bisa meningkatkan suasana hati pada otak.

11. Anggur Baik untuk Kesehatan Tulang

Anggur mengandung kalsium, magnesium, potasium, fosfor, mangan dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

12. Melindungi dari Bakteri dan Virus

Anggur memiliki vitamin C sebagai sumber yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bagian kulit bisa melindungi terhdap virus flu. Kandungan resveratrol juga dapat melindungi terhadap penyakit bawaan makanan.

13. Memperlambat Penuaan

Anggur mengandung resveratrol dan antioksidan untuk memperpanjang umur dan memperlambat penuaan pada kulit.

14. Mencegah Peradangan

Manfaat anggur lainnya adalah mencegah peradangan, radang sendi dan penyakit autoimun. Dalam penelitian yang melibatkan 24 pria, ekstrak anggur dapat meningkatkan jumlah senyawa anti-inflamasi dalam darah mereka. Anti-inflamasi ini untuk mencegah peradangan.

15. Vitamin pada Anggur

Mengutip dari health.com, anggur mengandung seperempat kebutuhan harian vitamin C, 10% tembaga, 20% vitamin K. Vitamin ini menambah kekebalan tubuh, memproduksi kolagen, sampai membantu suasana hati menjadi lebih baik.

Vitamin C pada anggur dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati dan meningkatkan pembakaran lemak. Tembaga bisa membantu proses energi. Sementara kolagen dapat meningkatkan sel darah merah.

Nutrisi Anggur

  • Kalsium.
  • Besi.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Serat.
  • Fruktosa.
  • Mangan.
  • Cobalt.
  • Resveratrol.
  • Pektin.
  • Asam Folat Asam.
  • Sitrat Asam.
  • Malat Asam.
  • Tartarat.
  • Vitamin K.
  • Vitamin E.
  • Sebagian besar kelompok Vitamin B.

Menu anggur untuk diet

Ada beberapa cara konsumsi anggur untuk diet:

1. Makan buah anggur sebagai camilan.
2. Bekukan anggur dan makan ketika beku.
3. Potong anggur yang dicincang ke dalam salad sayur.
4. Pakai potongan anggur untuk salad buah.
5. Campurkan anggur dengan beberapa buah kemudian diblender.
6. Buat jus anggur.
7. Tambahkan jus anggur untuk penutup hidangan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat anggur untuk kesehatan dan ibu hamil. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan manfaat untuk konsumsi anggur.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait