Penjelasan Mengenai Senyawa Organik dan Korelasinya dengan Kehidupan

Image title
21 September 2021, 13:25
Ilustrasi Senyawa Organik garam konsumsi harian
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa.
Ilustrasi Senyawa Organik garam konsumsi harian

Senyawa organik adalah golongan besar senyawa kimia yang di dalamnya terkandung molekul-molekul dari karbon, kecuali karbida dan karbonat. Ilmu yang mempelajari mengenai senyawaan organik disebut dengan kimia organik.

Bila ditilik secara bahasa, senyawa bermakna zat tunggal yang masih dapat diuraikan menjadi dua unsur atau lebih. Adapun organik seperti dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna, segala sesuatu yang berkaitan dengan zat yang berasal dari makhluk hidup, seperti hewan atau tumbuhan, serta minyak bumi dan batu bara. Organik juga memiliki makna sebagai bentuk dari proses kimia berhubungan dengan organisme hidup.

Advertisement

Beberapa contoh dari senyawa organik, seperti senyawa alifatik, rantai karbon yang dapat diubah gugus fungsinya, hidrokarbon aromatik, senyawaan yang mengandung paling tidak satu cincin benzena, senyawa heterosiklik yang mencakup atom-atom non-karbon dalam struktur cincinnya, dan polimer, molekul rantai panjang gugus berulang.

Dilansir dari Modul Pembelajaran Jarak Jauh yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, senyawa mempunyai beberapa unsur saling bergabung secara kimiawi, sehingga lambangnya terdiri dari beberapa unsur.

Penelitian mengenai proses penemuan unsur-unsur penyusun suatu senyawa biasa disebut dengan analisis kualitatif. Sementara itu, analisis untuk menemukan perbandingan setiap jumlah unsur dalam senyawa disebut analisis kuantitatif. Bila dilihat secara umum, senyawa mempunyai ciri-ciri utama, diantaranya:

- Terbentuk dari dua unsur atau lebih yang disusun secara reaksi kimia biasa.
- Memiliki perbandingan komposisi tetap
- Kehilangan sifat zat asalnya
- Dapat dilakukan penguraian secara kimia, namun tidak secara fisika

Aneka Ragam Sifat Senyawa

Masing-masing senyawa memiliki sifat-sifat berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat tersebut hanya bisa diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui suatu reaksi kimia.

Dalam masa kondisi yang sama, senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Bila dijelaskan dengan singkat, senyawa mempunyai 5  sifat yang dapat dibedakan antara satu senyawa dengan senyawa lainnya, sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement