Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Cegah Jerawat Hingga Penuaan Dini

Manfaat air mawar dapat digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Diperkaya berbagai kandungan nutrisi, air mawar bisa mencegah banyak masalah kulit, mulai dari jerawat hingga penuaan dini.
Image title
23 September 2021, 15:00
Manfaat air mawar digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan.
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Manfaat air mawar digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan.

Tidak hanya identik dengan lambang cinta, bunga mawar nyatanya dapat digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Hal tersebut bisa diperoleh dari manfaat air mawar melalui proses penyulingan kelopak bunga.

Manfaat air mawar atau rose water telah diketahui dan digunakan masyarakat sejak zaman dahulu, baik sebagai ramuan tradisional untuk produk perawatan kulit, makanan, dan minuman. Air ini diperoleh dari proses penyulingan yang menghasilkan cairan aromatik serta minyak dari kelopak bunga mawar.

Di dalam air mawar, terkandung bahan antibakteri dan antiseptik yang baik dan menimbulkan efek relaksasi pada kulit. Bukan hanya itu, sifat anti inflamasinya mampu meredakan peradangan dan efek ruam pada kulit.

Air mawar kaya akan vitamin A, C, dan E bekerja sebagai anti oksidan yang mampu melawan proses penuaan pada kulit wajah. Manfaat air mawar untuk perawatan wajah bisa diperoleh dengan menjadikannya campuran masker wajah, setting spray, atau toner. Selain membuat wajah segar berseri, air mawar bisa menyegarkan mata lewat fungsi hidrasinya.

Bukan hanya itu, air dari tanaman semak berduri ini mampu mencegah dan meredakan berbagai masalah kulit wajah lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat air mawar pada kulit wajah:

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

1. Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat air mawar untuk wajah yang pertama, dapat mencegah timbulnya jerawat. Kandungan anti septik air mawar mampu membereskan masalah bakteri yang rentan pada kulit berjerawat. Kadar pH air mawar yang sedikit asam mampu menyeimbangkan kadar pH pada kulit wajah.

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda cukup menggunakan air mawar di pagi hari setelah mencuci wajah dan sebelum mengoleskan skincare. Ulangi hal yang sama pada malam hari. Jika dilakukan secara rutin sekitar tiga minggu, maka manfaatnya cukup baik untuk menangani kulit wajah berjerawat.

2. Cegah penuaan dini

Proses penuaan dini dapat dicegah dengan manfaat air mawar. Formula rose hip seeds dengan kandungan vitamin C digunakan sebagai antioksidan pada kulit.

Nutrisi air mawar yang meresap pada kulit wajah mampu melawan proses penuaan dini, seperti meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan.

3. Cerahkan kulit wajah

Vitamin A dan E yang terkandug dalam air mawar bekerja membantu eksfoliasi pada kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidannya bisa meregenerasi jaringan serta memperkuat sel-sel kulit. 

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa mencampurkan air mawar dengan susu, kemudian oleskan pada wajah sebelum tidur. Rutin menggunakan ramuan ini bisa mencegah kulit kusam.

4. Redakan peradangan pada kulit

Sifat inflamasi pada air mawar bermanfaat untuk mengurangi kemerahaan pada kulit yang muncul akibat iritasi, jerawat, atau masalah kulit lainnya.

Air hasil penyulingan kelopak bunga ini mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Selain itu juga membersihkan sisa kotoran menempel dan menumpuk di wajah yang dapat menyebabkan munculnya komedo.

Caranya, gunakan beberapa tetes minyak esensial mawar, lalu oleskan pada bagian kulit yang iritasi atau radang.

5. Memberi efek relaksasi

Kemampuannya memberikan efek relaksasi membuat air mawar cocok digunakan sebagai campuran ketika berendam dengan air hangat. Campurkan dua gelas ekstrak air mawar pada bak mandi, dan berendamlah untuk memperoleh efek relaksasi yang menenangkan tubuh.

6. Toner wajah

Manfaat air mawar lainnya, dapat membersihkan dan menyegarkan kulit jika sering digunakan sebagai toner. Caranya, tuangkan air mawar pada kapas, kemudian tepuk-tepuk permukaan wajah dengan kapas tersebut. Lakukan secara rutin sebelum tidur.

7. Cegah dehidrasi pada kulit

Manfaat air mawar dapat membantu menghidrasi kulit wajah serta menyeimbangkan kadar pH pada kulit. Caranya, siapkan satu cangkir kelopak mawar dan dua cangkir air. Taruh kelopak mawar di dalam mangkuk. Didihkan air, lalu tuang ke dalam mangkuk berisi mawar. Tutup mangkuk dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.

Selanjutnya, ambil kain, saring dan peras air mawar, lalu simpan dalam botol. Air mawar sudah siap digunakan. Perlu diingat, menyimpan air mawar maksimal hanya satu minggu.

8. Pelengkap riasan wajah

Manfaat air mawar sebagai pelengkap makeup sudah dikenal sejak lama oleh para pegiat kecantikan. Air mawar dapat membantu wajah terlihat lebih segar.

Caranya, semprotkan cairan mawar pada wajah yang sudah dibersihkan atau sudah dilapisi makeup. Dengan cara ini, kelembapan dan kesegaran wajah dapat terjaga sepanjang hari.

9. Atasi luka bakar

Manfaat air mawar bisa mengatasi kulit wajah yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu, dengan sifat pendinginnya, air mawar akan menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

Gunakan air mawar pada area wajah yang bermasalah. Air mawar akan menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar, gatal, hingga bercak merah.

10. Menghidrasi mata lelah

Selain mengatasi berbagai masalah kulit wajah, manfaat air mawar juga bisa digunakan untuk mengatasi mata yang kelelahan. Caranya cukup mudah, kompres mata dengan kapas yang sudah diteteskan air mawar dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Cara ini tidak hanya berguna untuk menyegarkan mata lelah. Mengompres mata dengan air mawar juga dapat melembapkan bagian bawah mata yang kering.

Manfaat Masker Kopi dan Air Mawar

Selain sebagai minuman pelengkap aktivitas, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan wajah yang bisa membantu wajah menjadi lebih lembut, halus, dan bercahaya.

Masker kopi bisa mengangkat sel-sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat, hingga mencerahkan kulit wajah.

Tak hanya sebagai masker, kopi bisa digunakan sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit. Menggosok wajah dengan scrub kopi dapat membuat kulit wajah menjadi halus, hingga mengurangi bintik hitam di wajah.

Manfaat kopi dan air mawar bisa dikolaborasikan agar memperoleh perawatan kulit wajah secara maksimal. Caranya cukup mudah, campurkan bubuk kopi dengan air mawar ke dalam wadah dan aduk hingga rata.

Selanjutnya, oleskan campuran kopi dan air mawar tersebut pada area wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Pijat ringan wajah dengan gerakan melingkar, dan diamkan campuran kopi dan air mawar selama 15 – 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait