6 Kata Mutiara Islami untuk Para Wanita

Image title
28 September 2021, 14:05
Ilustrasi 6 Kata Mutiara Islami dalam kehidupan
ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/RWA/sa.
Ammar Awad Seorang gadis duduk dengan sebuah kitab suci karena Kubah Batu terlihat di latar belakang kompleks yang menampung Masjid al-Aq yang dikenal oleh Muslim sebagai Tempat Suci Mulia dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount, di Kota Tua Yeruem, Jumat (28/5/2021).

Posisi wanita dalam agama Islam sangatlah diagungkan dan mendapatkan perhatian serta kemuliaan. Hal itu termaktub dalam beberapa ayat Al-Qur'an serta hadis Nabi Muhammad SAW. Salah satu wujud perhatian agama Islam tentang kemuliaan perempuan adalah saat Rasulullah menyebut sosok ibu sebanyak tiga kali dibanding sosok ayah untuk mendapat penghormatan lebih.

Oleh karenanya, hadirnta kata mutiara Islami tentang wanita hal penting untuk mengapresiasi keberadaan mereka. Hal ini juga bisa mengingatkan betapa pentingnya peran wanita di dalam Islam. Berbagai permasalahan ibadah, kehidupan, cinta, dan berpakaian yang biasanya sering dikaitkan dengan wanita memang perlu jadi bahan renungan.

Berikut 6 kata mutiara Islami yang dihimpun dari Al-Qur'an, hadis dan ucapan ulama kepada wanita:

1. "Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya"

Kalimat ini disampaikan putri Rasululllah SAW, sebagai peringatan kepada kaum wanita bahwa rasa malu adalah mahkota bagi mereka. Selain itu, Nabi juga pernah bersabda, “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim).

Oleh karenanya dengan merawat rasa malu, maka akan menjaga kehormatan baik bagi diri sendiri maupun orang sekitar, seperti keluarga, kawan dan kerabat lainnya.

2. “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah”

Kata mutiara Islami selanjutnya adalah kutipan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Ahmad dan Annasa'i. Sebagai pengingat bahwa wanita adalah ratu dalam rumah tangga dan sebagai pilar penjaga keutuhan dan kedaulatan bagi keluarga. Sehingga bila baik wanitanya, maka akan baik semuanya.

Pembahasan mengenai istri salihah juga dikutip oleh sang raja dangdut Indonesia, Rhoma Irama dalam bait lagunya: “Setiap keindahan perhiasan dunia, hanya istri salihah perhiasan terindah. Setiap keindahan yang tampak oleh mata, Itulah perhiasan, perhiasan dunia. Namun yang paling indah di antara semua, hanya isteri salihah, isteri yang salihah”.

3. "Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya"

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...