18 Manfaat Daun Kemangi untuk Asam Lambung dan Kesehatan

Daun kemangi biasanya dipakai sebagai bumbu masak, lalapan sambal, dan ramuan tradisional. Berikut kandungan dan manfaat daun kemangi.
Dwi Latifatul Fajri
4 Oktober 2021, 15:45
Manfaat daun kemangi
pixabay.com

Daun kemangi biasanya dipakai sebagai bumbu masak, lalapan sambal, dan ramuan tradisional. Daun ini memiliki bau kuat dan rasanya segar ketika dikunyah. Nama latin daun kemangi adalah ocimum sanctum.

Tanaman ini tumbuh merambah di kebun dan halaman rumah. Daun kemangi banyak ditemukan di India, Asia, dan Afrika. Ciri-ciri daun ini berwarna hijau cerah, bentuk daun bulat panjang, dan bagian pinggirnya runcing.

Mengutip dari Webmd.com, kemangi berasal dari bahasa Yunani kuno disebut basilikhon yang berarti kerajaan. Hingga kini, kemangi memiliki 60 varietas di seluruh dunia.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kemangi memiliki bau tajam namun menyegarkan seperti halnya lemon dan daun mint. Daun kemangi ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Membunuh bakteri

Dalam jurnal berjudul Efek Potensial Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) sebagai Pemanfaatan Hand Sanitizer yang diterbitkan Universitas Lampung, sebuah penelitian dilakukan dengan daun kemangi. Daun ini dipakai sebagai pemanfaatan hand sanitizer.

Daun kemangi mengandung senyawa kimia seperti saponin, flavonoid, tanin dan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri ini memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang masuk ke tubuh. Minyak atsiri pada daun kemangi bisa melawan bakteri dan jamur.

2. Manfaat Daun Kemangi untuk Asam Lambung

Melansir jurnal Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum sanctum) Menurunkan Infiltrasi Sel Radang pada Tikus Gastritis yang Diinduksi Aspirin, daun kemangi bisa membantu mengobati asam lambung. Penyakit gastritis atau sakit maag merupakan penyakit radang yang menyerang mukosa lambung.

Ada beberapa faktor terjadinya peningkatan asam lambung yaitu stress, pola makan tidak teratur, dan obat-obatan. Penyakit gastritis ini ditandai dengan gejala mual, muntah, perut kembung serta nyeri di daerah ulu hati.

Gastritis menimbulkan luka di lambung yang bisa menyebabkan pendarahan, hingga kanker lambung dalam jangka panjang. Diperlukan obat untuk menetralkan asam lambung tanpa menimbulkan efek samping.

Daun kemangi bisa menjadi obat tradisional untuk mengurangi peradangan. Zat aktif daun kemangi seperti flavonoid, fenolik dan saponin, bermanfaat untuk menyembuhkan gastritis.

Penelitian dilakukan dengan uji coba tikus yang menderita gastritis. Kelompok pertama diberi ekstrak daun kemangi selama 16 hari. Hasilnya, ekstrak daun kemangi bisa menurunkan gejala gastritis dan berkurangnya sel radang di jaringan mukosa lambung.

3. Mencegah sembelit

Daun kemangi segar dan bersih biasanya disajikan sebagai lalapan sambal. Lalapan sambal tersebut biasanya berisi biji kemangi. Biji kemangi bisa dimakan dan memiliki manfaat bagi tubuh. Biji kemangi bisa mengurangi sembelit atau buang air besar.

4. Minuman penyegar

Biji kemangi ternyata bisa dibuat ramuan untuk minuman penyegar. Biji tersebut bisa diminum untuk menekan dahaga dan pendingin rasa perut.

5. Mengobati sariawan

Daun kemangi bisa menjadi obat tradisional alami mengobati sariawan. Sariawan memang menjadi masalah beberapa orang. Sariawan adalah luka atau peradangan bibir dalam mulut. Ciri-ciri sariawan yaitu muncul bulatan kecil bernanah di sekitar mulut, bibir, dan menyebabkan nyeri.

Cara mengobati sariawan, yaitu menyiapkan 50 helai daun kemangi kemudian dicuci bersih. Setelah itu, daun dikunyah selama 2-3 menit. Setelah halus, segera minum air hangat. Lakukan mengunyah daun kemangi maksimal 3 kali dalam sehari.

6. Mengurangi kecemasan dan stress

Daun kemangi mengandung adaptogen, zat alami yang membantu tubuh beradaptasi dari stress. Stress bisa disebabkan karena tekanan emosional, bahan kimia, dan fisik.

Mengutip dari Healthline.com, menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, daun kemangi memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan. Kandungan ini hampir sebanding dengan obat diazepam dan antidepresan.

Penelitian menemukan orang yang mengonsumsi 500 miligram (mg) ekstrak kemangi, bisa mengurangi rasa cemas, stress, dan depresi.

7. Pencegahan kanker

Jenis daun kemangi tulsi atau kemangi suci sedikit berbeda dengan kemangi pada umumnya. Kemangi suci ini mengandung fitokimia yang bisa membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

8. Stimulasi tubuh

Kemangi suci mengandung antioksidan untuk proses pengeluaran racun tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan kemangi suci melindungi tubuh dari bahan kimia beracun.

9. Mengobati luka dan infeksi

Ekstrak daun kemangi dapat meningkatkan penyembuhan luka. Jenis kemangi suci memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan analgesik (obat penghilang rasa sakit). Sementara itu daun kemangi bisa mengurangi infeksi sariawan, jerawat, bekas luka, dan bekas luka yang menonjol.

10. Menurunkan gula darah

Daun kemangi bisa membantu mengurangi gula darah. Sebuah penelitian dilakukan pada tikus yang menerima ekstrak kemangi. Selama 30 hari, tikus tersebut mengalami penurunan 26,4% gula darah.

11. Menurunkan kolesterol

Daun kemangi suci bisa menurunkan kolesterol pada darah. Sebuah penelitian dilakukan pada kelinci yang memakan daun kemangi segar. Hasilnya, kelinci tersebut mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

12. Meringankan peradangan dan nyeri sendi

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada kemangi, bisa mengurangi peradangan dan nyeri sendi (fibromyalgia). Kandungan kalsium dan fosfor berperan untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Mengutip dari buku Analisis Efek Ekstrak Daun Kemangi Terhadap Pra Kanker Serviks karya Sri.Rahayu, kandungan astenol dan boron pada kemangi bisa berperan aktif untuk merangsang fungsi kerja hormon estrogen dan androgen, serta mencegah pengeroposan tulang

13. Potensi mengurangi batuk

Mengutip dari Sehatq.com, dari penelitian yang diterbitkan Nature Public Health Emergency Collection, kemangi bisa mengurangi batuk. Daun kemangi masih satu kerabat dengan Ocimum, di mana daunnya mampu membantu mengeluarkan dahak dan memperlancar pernapasan ketika batuk.

14. Memperlancar pencernaan

Daun kemangi membantu menyeimbangkan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh.

15. Manfaat untuk kulit

Kulit berminyak menjadi masalah untuk pria dan wanita. Daun kemangi bisa membantu mengatasi kulit berminyak dan mengurangi kotoran yang menyumbat di pori-pori.

Mengutip dari Food.ndtv.com, caranya tumbuk daun kemangi, air mawar, dan kayu cendana. Oleskan campuran tersebut di wajah selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air dingin. Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang bisa mencegah pembentukan jerawat.

16. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun kemangi mengandung beta karoten yang bisa meningkatkan respon antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan ini membantu sintesis protein dan mendukung pertumbuhan, serta memperbaiki sel-sel yang rusak.

17. Melancarkan aliran darah

Daun kemangi mengandung magnesium yang bisa membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah. Daun ini juga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

18. Anti infertilitas

Daun kemangi mengandung zat arginin. Zat ini bisa memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan. Zat lainnya seperti eugenol dan apigenin fenkhona bisa mencegah ejakulasi dini pada laki-laki.

Kandungan Daun Kemangi

Berdasarkan data dari Medicalnewstoday.com, berikut kandungan nutrisi daun kemangi pada 2,6 gram sendok teh:

  • Kalsium 4,6 mg
  • Vitamin A 6,9 mcp
  • Beta karoten 81,7 mcg
  • Beta cryptoxanthin 1,2 mcg
  • Lutein dan zeaxanthin 147.0
  • Vitamin K 10,8 mcg

Jenis Kemangi

Kemangi terdiri dari berbagai jenis. Jenis kemangi paling umum adalah:

1. Kemangi manis

Kemangi ini paling populer dan banyak ditanam. Kemangi manis sering digunakan untuk masakan italia.

2. Kemangi

Memiliki rasa sedikit manis dan ini paling umum alias mudah dijumpai di Thailand, Indonesia, dan negara Asia Tenggara lainnya.

3. Kemangi kayu manis

Merupakan kemangi dari Meksiko. Kemangi ini memiliki rasa dan aroma seperti kayu manis.

4. Selada basil

Bentuknya mirip dengan kemangi, namun memiliki daun lebih besar, berkerut, dan lembut. Biasanya jenis kemangi ini dijadikan salad sayur yang dicampur tomat dan minyak zaitun.

Cara membersihkan daun kemangi

Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan, bahan masakan seperti pepes, dan hiasan di hidangan. Di Indonesia, kemangi biasanya dimakan mentah tetapi segar dan bersih. Berikut cara membersihkan daun kemangi:

  1. Potong kecil-kecil daun kemangi
  2. Pilihlah daun yang bentuknya bagus dan batang tidak rusak
  3. Bersihkan daun kemangi dengan air bersih yang mengalir dingin
  4. Bersihkan beberapa kali dan keringkan
  5. Jika ingin menyimpan daun kemangi, pisahkan daun yang rusak
  6. Bungkus kemangi pada kantung tertutup dan simpan di lemari es

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait