20 Daftar Makanan Khas Surabaya Ini Wajib Dicoba

Surabaya merupakan ibu kota Jawa Timur. Makanan khas Surabaya biasanya pedas dan gurih seperti rawon, rujak cingur dan pecel. Berikut daftar makanan khas yang ada di Surabaya.
Dwi Latifatul Fajri
13 Oktober 2021, 23:15
Makanan Khas Surabaya
Instagram.com/rawonbar

Surabaya memiliki beragam tempat wisata dan makanan kuliner khas. Ada beragam monumen dan tempat wisata populer di ibu kota Jawa Timur itu, seperti Monumen Kapal Selam, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, dan masih banyak lagi.

Selain tempat wisata, makanan khas Surabaya juga tak kalah menarik untuk dijajal ketika berlibur. Kota Pahlawan ini cukup dikenal dengan makanan pedas seperti rawon, rujak cingur, dan pecel semanggi. Selain makanan pedas, ada juga minuman dan makanan manis yang bisa dicoba.

20 Makanan Khas Surabaya

Surabaya memiliki makanan legendaris yang menjadi ciri khas kotanya. Ada juga beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ketika berlibur di Surabaya. Mengutip buku 45 Makanan Khas Surabaya yang diterbitkan Greatness Indonesia, berikut daftar makanan khas Surabaya:

1. Tahu TekTahu Tek

Tahu Tek (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicoba)

 

Nama tahu tek berawal dari penjual keliling yang memotong tahu dan lontong memakai gunting. Ketika dipotong berbunyi "Tek, tek, tek", sehingga tahu ini dinamakan tahu tek.

Makanan khas Surabaya satu ini berisi lontong yang dipotong kecil-kecil, dengan campuran tahu goreng, dan bagian atas diberi saus petis. Petis merupakan sambal khas Jawa Timur yang terbuat dari rebusan ikan atau udang, serta rempah yang dicampur sampai mengental menjadi saus.

2. Tahu Campur

Makanan ini terdiri dari tahu goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan toge. Selain itu, ada tambahan perkedel singkong, kerupuk udang, kemudian ditaburi bawang goreng di atasnya.

3. Belut Surabaya

Belut Surabaya tidak berbau amis dan memiliki rasa gurih, manis, dan daging yang lembut. Belut goreng menjadi pelengkap sambal dan nasi hangat.

4. Soto Gubeng Pojok

Masakan soto ini berbahan dasar jeroan sapi dan daging sapi. Kuah soto berwarna kuning pekat dan rasanya gurih.

5. Sego Sambel

Sego Sambel
Sego Sambel (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicoba)

 

Makanan ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk sebagai pelengkap. Lauk sego sambel cukup beraneka macam, seperti ikan lele, ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Sambal dalam masakan ini cukup pedas dan banyak. Adapun campuran sambal dibuat dari bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, garam, dan terasi.

6. Sate Klopo

Dalam bahasa Indonesia, sate klopo artinya sate kelapa. Sate klopo terbuat dari daging ayam dan daging sapi. Makanan ini mirip dengan sate pada umumnya, yang membedakan adalah jeroan dan lemak sapi, serta tambahan parutan kelapa di bagian atas sate sebelum dibakar.

7. Sate Karak

Sate Karak merupakan kuliner khas Surabaya. Sate ini terdiri dari potongan besar daging dan jeroan sapi. Uniknya, sate karak dimakan bersama dengan ketan dan bumbu kedelai pedas.

8. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
Pecel Semanggi (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang LEzat dan Wajib Dicoba)

 

Pecel Semanggi terdiri dari daun semanggi, tauge, daun ketela, dan bumbu kacang. Masakan ini disajikan di atas daun pisang yang dibentuk segitiga. Bumbu pecel terbuat dari campuran ubi jalar, cabai, kacang tanah, terasi, dan gula merah. Ada kerupuk uli yang terbuat dari beras sebagai pendamping pecel semanggi.

9. Rawon

Rawon dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek. Kluwek adalah biji tanaman yang membuat warna kuah dan daging menjadi hitam. Se;ain daging, dalam semangkuk Rawon Anda bisa menemukan campuran lainnya seperti tauge, timun, sambal yang menghasilkan rasa gurih dan pedas.

10. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah rujak khas di Surabaya. Bahan masakan ini terdiri dari potongan cingur (moncong sapi), sayuran, irisan tempe, tahu, dan bumbu petis.

11. Nasi Krawu

Makanan ini terdiri dari potongan daging sapi, jeroan sapi, serundeng, semur, sambal terasi dan nasi hangat. Nasi Krawu juga disajikan di atas daun pisang.

12. Nasi Campur Tambak Bayan

Makanan ini berisi potongan daging sapi, ayam bumbu rujak, dan telur pindang. Nasi ini dilengkapi bumbu pecel dan rawon.

13. Lontong Kupang

Di Surabaya kerang kecil disebut dengan kupang. Kerang ini seukuran dengan biji kedelai atau beras. Lontong kupang terdiri dari lontong, kupang rebus, dan sate kerang. Kuah lontong kupang juga khas karena dibuat dari bawang putih, cabe, dan rempah-rempah.

14. Lontong Kikil

Kikil adalah kulit sapi yang sudah dibakar dan memiliki tekstur kenyal. Makanan khas Surabaya satu ini berbahan dasar lontong, kikil, dan tulang sapi atau balungan. Kuah lontong kikil terbuat dari bumbu rempah-rempah pilihan. Sebelum dimakan, Anda bisa menambakan perasan jeruk nipis sehingga rasanya lebih segar.

15. Lontong Balap

Disebut Lontong Balap karena penjual dahulu memikul barang dagangannya. Dahulu, penjual lontong berjalan cepat layaknya sedang balapan lari, sehingga lahirlah nama lontong balap.

Makanan ini terdiri dari potongan lontong, kacang-kacangan, kelapa parut goreng, singkong, tahu goreng, tauge, dan bumbu petis. Lontong Balap disiram dengan kuah bening dan ditaburi bawang goreng.

16. Gudeg Pecel Ubaya

Masakan ini merupakan kombinasi antara gudeg dan saus kacang khas pecel. Rasanya yang dihasilkan dari masakan khas Surabaya ini adalah gurih dan manis. Campuran gudeg pecel ubaya terdiri dari telur, potongan ayam, sayur nangka, dan bumbu opor.

17. Almond Crispy

Almond Crispy termasuk oleh-oleh khas Surabaya. Kue ini berbentuk lingkaran dan tipis yang terbuat dari campuran gula, tepung, kacang almond, keju, dan mentega. Ada tiga rasa Almond Crispy yang dijajakan, yakni rasa kacang, coklat, teh hijau, dan keju.

18. Bebek Mercon

Bahan utama makanan ini adalah bebek yang dibumbui cabai merah dan rempah-rempah sebelum direbus atau digoreng. Bebek Mercon juga dilengkapi dengan butiran cabe dan kuah pedas kental.

19. Bubur Madura Pasar Atom

Masakan ini awalnya berasal dari Madura, kemudian banyak dijual di Surabaya. Bubur Madura terdiri dari bubur sumsum dan sirup gula merah. Bahan lainnya yaitu ketan hitam, mutiara, biji salak, ketan putih, dan klanting. Bubur madura pasar atom cocok menjadi makanan penutup, karena rasanya segar dan manis.

20. Nasi Pecel dan Rawon

Makanan khas Surabaya lainya merupakan kombinasi dari nasi pecel yang dicampur rawon. Nasi Pecel Rawon ini terdiri dari nasi, pecel, dan ditambahkan kuah rawon. Ada juga sambal kacang dan sayuran yang menjadi campuran masakan ini.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait