16 Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Barat Selain Rendang

Dwi Latifatul Fajri
13 Oktober 2021, 12:28
Makanan Khas Sumatera Barat, Makanan Khas Sumatra Barat, masakan padang, makanan padang, minuman padang, kuliner sumatera barat
pixabay.com/DennyLubis

Sumatera Barat memiliki tempat wisata dan makanan khas yang beragam. Anda bisa menikmati tempat-tempat wisata populer seperti wisata Bukittinggi, Batusangkar, Padang Kota Lama, dan masih banyak lagi.

Selain berkunjung ke tempat wisata, Anda bisa menikmati makanan khas Sumatera Barat. Salah satu makanan populer di Sumatera Barat adalah rendang. Makanan ini dimasak lama menggunakan rempah dan santan. Proses memasak yang lama membuat bumbu dan rempah meresap ke dalam rendang.

Advertisement

Ada juga makanan khas di daerah Minang yang dimasak dengan bumbu pedas dan berkhasiat untuk antibiotik dan penawar panas dalam. Selain makanan pedas, ada juga minuman dan kudapan manis yang bisa disantap.

Kuliner Khas Sumatera Barat

Mengutip dari e-book "Kuliner Sumatera Barat" yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, berikut daftar kuliner khas daerah Minang Kabau:

1. Randang Padang

Randang Padang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, menurut survey CNN Travel tahun 2017. Masakan ini dibuat dari daging sapi yang menyatu dengan bumbu rempah, cabai, dan santan.

Penggunaan santan pada daging ini karena tanaman kelapa banyak ditemukan di Sumatera Barat. Proses memasak lama membuat daging empuk dan bumbunya meresap. Sehingga rasa yang dihasilkan pedas, gurih dan lezat ketika dimakan. Ada berbagai jenis Randang seperti Randang Dagiang, Randang Baluik, Randang Lokan, Randang Rabu, dan Randang Talua.

2. Teh Talua

Kota Solok di Sumatera Barat terkenal sebagai penghasil teh. Di daerah ini juga populer dengan Teh Kayu Aro. Konon minuman ini bisa menjadi penambah tenaga dan biasanya dikonsumsi oleh pria.

Teh Talua populer mudah ditemukan di kedai minuman di Sumatera Barat. teh susu ini cocok dinikmati pagi hari untuk memulai aktifitas. Teh Talua terbuat dari campuran susu kental manis, kuning telur ayam kampung, air teh, dan gula pasir.

 

3. Pensi

Pensi dan Es Durian
Pensi dan Es Durian (EBook Kuliner Sumatera Barat)

Danau Maninjau adalah danau terkenal di Sumatera Barat. Danau ini menghasilkan remis atau kerang kecil air tawar. Remis ini biasa hidup di dasar pasir danau atau menempel di batu-batu danau.

Warna remis hitam kesoklatan dan berukuran kecil sebesar jempol tangan. Biasanya penduduk sekitar mencari pensi kemudian diolah menjadi makanan. Cara memakan Pensi dilakukan dengan menghisap bangian cangkang yang terbuka.

Pensi dimasak dengan rempah dan bumbu seperti kunyit, jahe, lengkuas yang berkhasiat menetralkan kolesterol dalam kerang.

4. Es Durian

Sumatera Barat terkenal sebagai penghasil buah durian. Buah yang besar dan kulitnya runcing ini ditemukan di Pesisir Selatan, Pariaman, Kabupaten Agam, Payakumbuh, dan Sijunjung. Selain dimakan langsung, adan bisa menikmati es durian yang dicampur susu dan gula ketika liburan di Kota Padang.

Jika Anda berwisata ke Sumatera Barat, ada tempat es durian terkenal yaitu "Ganti Nan Lamo" yang berada di kawasan Pulau Karam. Daerah ini tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang.

5. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah merupakan makanan tradisional yang banyak ditemukan di daerah Padang Panjang. Selain sate Padang "Mak Syukur" Anda bisa mencicipi makanan manis Ampiang Dadiah.

Ampiang adalah beras ketan yang ditumbuk dan ditaburi kelapa. Sedangkan Dadiah adalah minuman susu yang difermentasi dalam batang bambu. Susu ini didiamkan selama beberapa hari, sehingga menghasilkan susu segar dan rasa berbeda.

6. Itiak Lado Mudo

Salah satu makanan khas di Bukittinggi adalah Itiak Lado Mudo. Bukittinggi juga terkenal tempat wisata seperti Jam Gadang, Panorama, dan Lobang Jepang. Beberapa tempat makanan menghidangkan Itiak Lado Mudo Hijau.

Makanan ini terbuat dari daging itiak (dalam bahasa Minang) atau daging bebek yang dibakar. Bumbu daging antara lain bawang putih dan bawang merah, jahe, damar, daun salam, serei. Bumbu tersebut ditumis sampai empuk. Daging bebek juga dilumuri cabe hijau.

7. Martabak Kubang

Kubang merupakan salah satu desa di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kubang memiliki makanan khas salah satunya martabak. Resep spesial martabak ini berasal dari masakan India.

Martabak Kubang digemari masyarakat lokal dan pendatang karena memakai bumbu tradisional. Bahan membuat martabak Kubang yaitu potongan daging sapi, daun bawang, telur, garam, merica.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement