Ada Rendang, Ini Daftar 50 Makanan Terenak di Dunia

Berikut 50 daftar makanan terenak di dunia versi media internasional CNN
Image title
18 Oktober 2021, 20:50
makanan terenak
ANTARA FOTO/REUTERS/INSTAGRAM/@ISSAC_EATSALOT
S. Warga melihat pizza margherita sepanjang 100m diletakkan diatas meja sebelum diberi taburan terakhir, yang disiapkan restoran Italia Pellegrini dalam upaya memecahkan rekor pizza terpanjang di Australia dan menjadi bagian dari acara penggalangan dana untuk New South Wales Rural Fire Service, di Sydney, Australia, Minggu (19/1/2020). Foto didapat dari media sosial.

Masyarakat Indonesia patut berbangga, pasalnya beberapa makanan tradisional masuk dalam daftar makanan terenak. Salah satu media internasional, CNN merilis 50 makanan terenak yang dihimpun dari berbagai negara.

Makanan terenak di dunia dari Tanah Air, salah satunya adalah rendang. Kuliner yang berlapis santan itu terkenal di dunia panganan internasional. Rendang juga disandingkan dengan 49 makanan terenak lainnya dari beberapa negara yang tersebar di penjuru dunia. Berikut daftarnya, dilansir dari CNN:

1. Massaman Curry, dari Thailand

Makanan terenak nomor satu versi CNN adalah massaman curry, Thailand. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas yaitu manis, pedas, dan gurih. Konon para raja Thailand juga menyukai menu terlezat versi CNN tersebut.

2. Neapolitan Pizza dari Italia

Dari Italia ada makanan terenak di dunia yaitu neapolitan pizza. Dari semua jenis, piza yang satu ini berhasil menjadi makanan terbaik dunia peringkat kedua. Pizza neapolitan terkenal dengan topping sederhana. Makanan ini terbuat dari adonan piza yang ditambah tomat, minyak zaitun, garam, kemangi, dan keju.

 3. Cokelat dari Meksiko

Cokelat merupakan makanan paling banyak disukai masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya penjaja cokelat di sejumlah gerai toko. Berkat popularitasnya, cokelat bahkan memiliki hari tersendiri yang dikenal dengan world chocolate day dan diperingati pada 7 Juli setiap tahunnya. Makanan yang berasal dari biji kokoa ini bisa diolah menjadi banyak jenis camilan, serkaligus menjadi bahan campuran pada ragam cake, truffle, praline, dan kue kering.

4. Sushi dari Jepang

Tidak hanya berhasil jadi makanan favorit orang Jepang, sushi juga digemari banyak orang di dunia tak terkecuali orang Indonesia. Umumnya sushi terbuat dari beras Jepang yang dimasak menjadi nasi dan diisi dengan ikan mentah. Namun, saat ini sudah banyak sushi yang isiannya telah dimasak terlebih dulu atau disajikan sebagai sushi goreng.

5. Peking Duck dari Cina

Makanan terenak di dunia selanjutnya ada bebek peking dari Cina. Hidangan ini disajikan dengan bebek matang yang dilapisi sirup maltosa. Makanan ini biasa disajikan dengan pancake, bawang, dan hoisin atau saus kacang manis. Sajian asal Tiongkok yang menduduki peringkat kelima ini, dimasak dengan metode panggang dalam oven yang menghasilkan kulit renyah dan bercita rasa enak. Beberapa restoran otentik di Cina akan menyajikan hidangan ini dengan lebih banyak kulit daripada daging bebek.

6. Hamburger dari Jerman

Kombinasi roti, daging dan salad asal Jerman ini berhasil menarik perhatian masyarakat dunia dan menjadikannya sebagai makanan terbaik di urutan keenam. Anda bisa menemukan banyak hamburger dengan mudah di berbagai restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS).

 7. Penang Assam Laksa dari Malaysia

Salah satu makanan terenak, yakni penang assam kuah laksa yang terbuat dari ikan makarel rebus, asam jawa, cabai, mint, serai, bawang, dan nanas. Hidangan terpopuler di Malaysia ini mengandung kaldu ikan dengan cita rasa asam pedas yang dapat membuat ketagihan saat menyantapnya. Selain ikan dan rempah, penang assam laksa ini juga disajikan bersama mi dan jahe yang dapat menyegarkan tubuh.

8. Tom Yum Goong dari Thailand

Hidangan asal Thailand ini merupakan makanan terbaik di dunia yang menempati posisi kedelapan. Sajian berkuah ini terbuat dari udang, jamur, tomat, serai, lengkuas dan daun jeruk purut. Biasanya, tom yum goong sarat dengan santan dan krim. Sup hangat ini menyatukan sejumlah cita rasa favorit Thailand, yaitu asam, asin, pedas, dan manis. Hal baik lainnya adalah, hidangan ini merupakan salah satu hidangan dengan harga murah di Thailand.

9. Ice Cream

Makanan ini terkenal dan tersebar di seluruh dunia. Makanan beku yang terbuat dari susu ini banyak digemari oleh masyarakat dunia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Es krim tersedia dengan banyak varian rasa dan topping, seperti sirup, cokelat, selai, hingga wafer.

10. Chicken Muamba dari Gabon

Makanan terenak nomo sepuluh ada chicken muamba dari Gabon. Hidangan ini terbuat dari ayam, cabai, bawang putih, tomat, merica, garam, okra dan mentega. Chicken muamba, lezat dimakan pada musim dingin karena terdapat rempah-rempah yang menghangatkan tubuh serta kandungan lemak yang tinggi.

Selain 10 makanan yang tercantum di atas ada juga 40 daftar makanan lainnya yang enak versi CNN. Dalam daftar ini, rendang masuk menjadi urutan nomor 11. Berikut daftarnya:

11. Rendang, Indonesia
12. Piri-piri Chicken, Mozambik
13. Corn on The Cob, global
14. Donat, Amerika Serikat
15. Pierogi, Polandia
16. Pastel de Nata, Portugal
17. Lobster, global
18. Shish Kebab
19. Bunny Chow, Afrika Selatan
20. Arepas, Venezuela
21. Croissant, Perancis
22. Poke, Amerika Serikat
23. Lasagna, Italia
24. Champ, Irlandia
25. Butter Garlic Crab, India
26. Fajitas, Meksiko
27. Lechón, Filipina
28. Pho, Vietnam
29. Ohmi-gyu Beef Steak, Jepang
30. Goi Cuon (summer roll), Vietnam
31. Parma Ham, Italia
32. Ankimo, Jepang
33. Fish 'n' Chips, Britania Raya
34. Maple Syrup, Kanada
35. Chili Crab, Singapura
36. Hummus, Timur Tengah
37. Chicken Parm, Australia
38. French Toast, Hong Kong
39. Ketchup, Amerika Serikat
40. Marzipan, Jerman
41. Stinky Tofu, Asia Tenggara
42. Buttered Toast with Marmite, Britania Raya
43. Tacos, Meksiko
44. Poutine, Kanada
45. Chicken Rice, Singapura
46. Som Tam, Thailand
47. Seafood Paella, Spanyol
48. Potato Chips, Britania Raya
49. Masala Dosa, India
50. Buttered Popcorn, Amerika Serikat

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait