6 Manfaat Buah Zuriat, dari Menjaga Kesehatan hingga Kehamilan

Berikut 6 manfaat buah zuriat yang bisa digunakan untuk kesehatan hingga menjaga ibu hamil dan janin.
Image title
19 Oktober 2021, 21:10
Manfaat Buah Zuriat untuk kesehatan
Pixabay
Manfaat Buah Zuriat untuk kesehatan

Buah zuriat atau buah doum memiliki nama ilmiah hyphaene thebaica. Buah ini merupakan tanaman yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya.

Buah yang berasal dari negeri padang pasir ini mengandung antioksidan, selain itu buah zuriat juga mengandung serat, karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, B2 dan B3, kalsium, fosfor dan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid.

Buah zuriat terbagi atas tiga jenis, antara lain zuriat Madinah, zuriat Mesir dan zuriat Sudan. Ciri-ciri zuriat Madinah memiliki buah berwarna coklat kehitaman, sedangkan ciri zuriat Mesir dan zuriat Sudan berwarna coklat muda. Buah zuriat memiliki aroma mirip dengan buah kopi.

Kandungan Nutrisi Buah Zuriat

Nutrisi dari zuriat atau buah doum ini sangat melimpah. Dikutip dari Hellosehat.com, gizi yang bisa ditemukan di setiap buah zuriat sebagai berikut:

Protein: 3,9 gram
Lemak: 6,4 gram
Serat: 41,9 gram
Kalsium: 144 miligram (mg)
Kalium 171,60 mg
Magnesium: 131,35 mg
Natrium: 153,92 mg
Zat besi: 168,87 mg

Buah zuriat yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, serta berbagai senyawa aktif ini baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat dan Kegunaan Bahan Zuriat bagi Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat yang bisa digunakan untuk kesehatan, berikut manfaat buah zuriat untuk kesehatan termasuk untuk ibu hamil:

1. Meringankan Kadar Kolesterol

Manfaat buah zuriat memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, kandungan fenol yang terdapat pada ekstrak air zuriat dapat membantu mengatasi hiperlipidemia. Pada saat itu, kadar kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi pun ikut menurun.

Lebih daripada itu, buah zuriat juga memberikan manfaat dalam membantu menurunkan risiko penyempitan pembuluh arteri (aterosklerosis), yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

2. Menjaga Kebugaran Jantung

Kandungan serat dalam buah zuriat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, berdasarkan penelitian yang dimuat pada International Food Research Journal pada 2017. Penelitian tersebut menyatakan bahwa serat berpotensi mengurangi risiko berbagai penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu, cobalah mengonsumsi buah zuriat secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah zuriat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengingat tubuh tidak memproduksi vitamin C, Anda membutuhkan asupan vitamin C dari berbagai makanan, termasuk buah satu ini.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, tubuh Anda lebih kuat dalam melawan berbagai penyakit, khususnya yang berhubungan dengan imunitas tubuh, seperti infeksi virus dan bakteri.

4. Mencegah Komplikasi Diabetes

Manfaat zuriat yang kedua adalah menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah diabetes. Tak hanya itu, sebuah penelitian yang dimuat pada Folia Morphologica pada 2015, buah zuriat juga berpotensi mencegah terjadinya komplikasi diabetes bagi penderita penyakit kencing manis, salah satunya nefropati diabetik.

5. Mengurangi Risiko Anemia

Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah mengurangi risiko anemia. Penyakit kurang darah satu ini terjadi jika tubuh Anda kekurangan vitamin, khususnya vitamin B dan vitamin C. Oleh sebab itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut untuk bisa terhindar dari penyakit Anemia.

Kebutuhan tersebut bisa diperoleh dari buah zuriat, mengingat buah ini kaya akan kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin untuk pencegahan Anemia.

6. Memperkuat Daya Tahan Tubuh Kehamilan

Di Indonesia, masyarakat mengenal buah zuriat sebagai buah yang dapat meningkatkan kesuburan. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan kebenarannya.

Meski begitu, buah zuriat memiliki manfaat untuk membantu para ibu hamil untuk menjaga kehamilannya tetap sehat. Sebab, kandungan vitamin B kompleks pada buah tersebut memiliki peranan penting dalam pertumbuhan janin.

Buah zuriat yang kaya vitamin B kompleks juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk ibu hamil, terutama pada trimester pertama dan ketiga untuk meningkatkan energi dan menjaga janin tetap sehat.

Demikian manfaat buah zuriat untuk kesehatan yang bisa diolah dengan mudah dan murah.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait