6 Manfaat Buah Zuriat, dari Menjaga Kesehatan hingga Kehamilan

Image title
19 Oktober 2021, 21:10
Manfaat Buah Zuriat untuk kesehatan
Pixabay
Manfaat Buah Zuriat untuk kesehatan

Buah zuriat atau buah doum memiliki nama ilmiah hyphaene thebaica. Buah ini merupakan tanaman yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya.

Buah yang berasal dari negeri padang pasir ini mengandung antioksidan, selain itu buah zuriat juga mengandung serat, karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, B2 dan B3, kalsium, fosfor dan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid.

Buah zuriat terbagi atas tiga jenis, antara lain zuriat Madinah, zuriat Mesir dan zuriat Sudan. Ciri-ciri zuriat Madinah memiliki buah berwarna coklat kehitaman, sedangkan ciri zuriat Mesir dan zuriat Sudan berwarna coklat muda. Buah zuriat memiliki aroma mirip dengan buah kopi.

Kandungan Nutrisi Buah Zuriat

Nutrisi dari zuriat atau buah doum ini sangat melimpah. Dikutip dari Hellosehat.com, gizi yang bisa ditemukan di setiap buah zuriat sebagai berikut:

Protein: 3,9 gram
Lemak: 6,4 gram
Serat: 41,9 gram
Kalsium: 144 miligram (mg)
Kalium 171,60 mg
Magnesium: 131,35 mg
Natrium: 153,92 mg
Zat besi: 168,87 mg

Buah zuriat yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, serta berbagai senyawa aktif ini baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat dan Kegunaan Bahan Zuriat bagi Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisinya, Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat yang bisa digunakan untuk kesehatan, berikut manfaat buah zuriat untuk kesehatan termasuk untuk ibu hamil:

1. Meringankan Kadar Kolesterol

Manfaat buah zuriat memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, kandungan fenol yang terdapat pada ekstrak air zuriat dapat membantu mengatasi hiperlipidemia. Pada saat itu, kadar kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi pun ikut menurun.

Lebih daripada itu, buah zuriat juga memberikan manfaat dalam membantu menurunkan risiko penyempitan pembuluh arteri (aterosklerosis), yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

2. Menjaga Kebugaran Jantung

Kandungan serat dalam buah zuriat memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, berdasarkan penelitian yang dimuat pada International Food Research Journal pada 2017. Penelitian tersebut menyatakan bahwa serat berpotensi mengurangi risiko berbagai penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu, cobalah mengonsumsi buah zuriat secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...