7 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Sehat serta Cara Membuatnya

Kopi mengandung sejumlah zat yang baik untuk kesehatan kulit. Bubuk kopi dapat diolah menjadi masker wajah. Berikut manfaat masker kopi dan ragam cara membuatnya.
Image title
15 Oktober 2021, 15:36
Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Sehat serta Cara Membuatnya
Pexels/Polina Kovaleva
Ilustrasi seorang wanita memakai masker kopi untuk perawatan wajah

Kopi berasal dari tanaman dalam keluarga Rubiaceae. Umumnya, kopi diolah menjadi minuman dan makanan. Tetapi, kopi ternyata juga dapat digunakan dalam rutinitas kecantikan.

Sebelum digunakan, kopi diproses melalui sangrai atau roasting terlebih dahulu. Setelah itu, kopi dapat digiling sesuai preferensi dan diolah dalam makanan, minuman, maupun produk kecantikan.

Penggunaan kopi dalam perawatan wajah dapat dilakukan dengan membuat masker kopi. Ada banyak varian masker kopi yang tersedia. Bahan pelengkapnya juga dapat menambah manfaat masker kopi.

Studi tahun 2013 dalam jurnal “Analytical Methods” menjelaskan, kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Zat tersebut kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini.

Dengan menggunakan masker kopi, asam kafeat tersebut dapat meresap dalam kulit dan membantu merawatnya. Tak hanya itu, masih ada manfaat lain yang didapat dari penggunaan masker kopi.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Sehat

Beberapa manfaat masker kopi untuk kulit sehat adalah sebagai berikut.

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Kopi mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Zat tersebut dapat membantu melindungi dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Merujuk pada studi tahun 2015 dalam “International Journal of Dermatology”, partisipan studi dengan kadar polifenol tertinggi dari kopi atau sumber lain, memiliki lebih sedikit bintik-bintik penuaan di wajah mereka.

Menggunakan masker kopi pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus akibat penuaan.

2. Menenangkan kulit wajah

Manfaat kopi untuk masker wajah didapat dari kandungan vitamin B3 (niasin), yaitu hasil uraian trigonelin setelah biji kopi dipanggang. Menurut  Skin Cancer Foundation, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit non melanoma dan mungkin dapat mencegah gumpalan jaringan yang menonjol keluar dari kulit di sekitarnya.

3. Mengatasi hiperpigmentasi pada kulit

Penelitian dalam “European Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa kopi mengandung asam klorogenat (chlorogenic acids/CGA). Menggunakan masker kopi dapat menyerap asam klorogenat ke dalam kulit sehingga bermanfaat.

Dalam buku “Medicinal Plants: Chemistry, Pharmacology, and Therapeutic Applications” dijelaskan, asam klorogenat terbukti menghambat aktivitas enzim tirosinase pada sel melanoma B16. Oleh karena itu, asam ini digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Menggunakan masker kopi secara rutin dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit sehingga noda hitam atau warna kulit yang tidak rata dapat diatasi.

4. Mengobati jerawat

Tak hanya melawan hiperpigmentasi, asam klorogenat yang terkandung dalam masker kopi mampu mengobati jerawat. Kandungan asam klorogenat membantu memerangi masalah jerawat akibat bakteri.

Selain itu, asam klorogenat juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan jerawat yang meradang. Manfaat hiperpigmentasinya juga membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami.

5. Menjaga kesehatan kulit

Asam lemak utama dalam kopi adalah asam linoleat, menurut studi dalam jurnal "Plos One"

Asam linoleat berperan dalam pergantian sel dan pembaruan kulit yang sehat. Ini juga membantu menjaga pori-pori agar tetap bersih.

Komponen lain seperti senyawa fenolik dan tokoferol juga menunjukkan efek antioksidan yang membantu peradangan dan penyembuhan luka.

6. Mengencangkan kulit

Dalam publikasi “American Heart Association”, kopi dapat memperlancar aliran darah. Dengan meningkatkan aliran darah, kulit juga mengalami peningkatan untuk membuat kolagen dalam tubuh.

Kolagen adalah protein keras, tidak larut, dan berserat yang membentuk sepertiga dari protein dalam tubuh manusia. Molekulnya membentuk fibril tipis yang panjang. Ini bertindak sebagai struktur pendukung yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

Menggunakan masker kopi dapat membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan sehat.

7. Membantu mengatasi mata panda

Mata panda terbentuk akibat dari sirkulasi darah yang buruk pada area bawah mata. Penelitian tahun 2015 dalam jurnal “Advanced Biomedical Research” menjelaskan, kafein dalam kopi memiliki sifat antioksidan dan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata.

Kafein juga dapat membantu mengurangi peradangan di bawah mata, bengkak dan kemerahan. Rutin memakai masker kopi dapat mengatasi mata panda dengan memperlancar aliran darah di sekitar mata.

Cara Membuat Masker Kopi

Ada banyak cara untuk membuat masker kopi. Mulai dari bahan sederhana hingga rumit, berikut pilihan cara membuat masker kopi.

Masker kopi dan minyak zaitun

Cara membuat masker kopi dan minyak zaitun adalah:

  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama.
  • Oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan masker antara 15 dan 60 menit.
  • Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali per minggu.

Manfaat masker kopi berpadu dengan minyak zaitun yang melembabkan membuat kulit menjadi sehat.

Masker kopi dan susu

Untuk mencerahkan kulit, Anda bisa mencoba masker kopi dan susu. Caranya:

  • Ambil setengah cangkir kopi dan campur dengan beberapa sendok susu untuk konsistensi yang kental.
  • Gunakan campuran ini sebagai masker wajah selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Masker wajah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit karena kandungan asam laktat dalam susu.

Masker kopi dan yogurt

Kopi dan yogurt memiliki sifat antioksidan yang mengencangkan kulit dan melawan kerutan. Perpaduannya membuat kulit lebih cerah dan memperlambat penuaan kulit. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengencangkan pori-pori dan regenerasi sel kulit.

Cara membuat masker yogurt sebagai berikut:

  • Campur 1/4 cangkir Greek yoghurt dengan dua sendok teh kopi bubuk.
  • Oleskan ke wajah dan pijat dengan tangan selama 2-3 menit.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Masker kopi dan madu

Anda membutuhkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan madu. Campur kedua bahan ini dengan baik dalam mangkuk kecil. Oleskan adonan ke seluruh wajah Anda dan pijat dengan lembut.

Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Menggunakan kopi dan madu sebagai masker wajah dapat melembabkan kulit Anda dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik gelap.

Masker kopi dan air mawar

Manfaat masker kopi dan air mawar dihasilkan dari beragam zat yang terkandung dalam kedua bahan tersebut. Cara membuatnya adalah:

  • Campur bubuk kopi dan air mawar lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah.
  • Pijat wajah dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan selama 15 – 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Itulah manfaat masker kopi dan pilihan cara membuatnya. Dengan bahan-bahan sederhana, Anda dapat membuat masker untuk menyehatkan kulit.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait