4 Efek Samping Buah Blueberry yang Perlu Diwaspadai

Image title
27 Oktober 2021, 23:25
Ilustrasi Efek Samping Buah Blueberry yang Perlu Diwaspadai
Unsplash
Ilustrasi buah blueberry

Buah bluberry atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan bluberi, umumnya memiliki ciri khas berbentuk bulat, berwarna biru dan memiliki ukuran kecil. Blueberry juga mengandung nutrisi kaya manfaat bagi kesehatan. 

Untuk bisa mengonsumsi buah yang identik dengan rasa asam ini, Anda juga perlu mengetahui efek samping buah blueberry. Hal ini penting agar Anda terhindar dari risiko keracunan atau hal-hal lainnya, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Advertisement

Sebelum membahas bahaya mengonsumsi bluberry berlebihan, berikut info singkat mengenai buah yang banyak ditemukan di Amerika Utara ini.

Asal Usul Blueberry

Secara harfiah blueberry berarti beri biru, masuk ke dalam jenis tanaman berbunga. Buah satu ini masuk kategori genus vaccinium, bagian cyanococcus. Secara habitat, blueberry tumbuh dalam semak-semak berukuran 10 centimeter (cm) hingga 4 meter. Spesies terkecil dikenal sebagai bluberi semak rendah (liar), dan spesies terbesar adalah bluberi semak tinggi.

Daun tanaman blueberry berwarna hijau dan berganti setiap tahun, berbentuk ovate (seperti telur) hingga lanceolate, dengan panjang 1 cm - 8 cm dan lebar 0,5 cm - 3,5 cm. Bunganya menyerupai bel, putih, merah atau merah muda pucat, ataupun kadang-kadang kehijau-hijauan.

Walaupun blueberry tumbuhan asli Amerika Utara, buah ini juga tumbuh di belahan Selatan Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan di ekspor ke pasar-pasar seluruh dunia.

Kandungan Gizi Blueberry

Blueberry kerap kali dijadikan campuran smoothies bersama madu, pisang, atau stroberi. Smoothies baik dikonsumsi, terlebih saat menjalani program diet. Selain itu, smoothies juga mudah dibuat di rumah.

Buah dari keluarga berry ini mengandung sejumlah vitamin, mineral, antioksidan dan juga serat yang baik bagi kesehatan. Dalam satu porsi smoothies atau setara 100 gram blueberry memiliki kandungan sebagai berikut:

Kalori: 57
Protein: 0,7 gram
Karbohidrat: 14,5 gram
Gula: 10 gram
Serat: 2,4 gram
Lemak: 0,3 gram

Tak hanya itu, blueberry juga mengandung banyak vitamin K, vitamin C, dan mangan. Ada juga kandungan vitamin E, vitamin B6, dan tembaga.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement