Rekomendasi Wisata Garut, 5 Pantai Cantik dan Mempesona

Image title
16 November 2021, 20:00
Ilustrasi pantai di Garut
instagram/@satryalasmana
Ilustrasi pantai di Garut

Bagi masyarakat Jawa Barat, objek wisata pantai tidak hanya berada di kawasan Pangandaran saja. Kabupaten Garut pun terdapat beberapa pantai yang sangat eksotis. Pantai di Garut tidak kalah cantik bila dibandingkan dengan pantai Bali ataupun Lombok.

Orang yang berlibur ke Garut umumnya mengincar wisata alam Garut, seperti daerah pegunungan. Padahal, daftar wisata Garut tidak hanya itu saja. Wisatawan bisa datang ke pantai Garut dan menikmati indahnya pemandangan di sana.

Advertisement

Letak wisata Garut satu ini berada di sebelah selatan pulau Jawa. Berbeda dengan pantai utara (pantura), pasir pantai di Garut biasanya berwarna putih, karena berasal dari batuan gunung meletus yang mengandung kapur. Sedangkan warna pasir di pantura adalah hitam, hal ini disesbabkan oleh kandungan tanah aluvial. 

Selain pasirnya bewarna putih, pantai di Garut juga memiliki deretan tebing tinggi dan curam. Meski begitu, lanskap dari tebing sangat cantik. Untuk mengetahui lebih jauh terkait wisata Garut, khususnya pantai, simak ulasan tentang 5 pantai di Garut yang cantik dan menawan berikut ini.

5 Pantai Cantik Kawasan Wisata Garut

1. Pantai Santolo/Pantai Sentolo

Tempat wisata Garut ini tidak pernah sepi pengunjung, salah satunya adalah Pantai Santolo atau Pantai Sentolo. Objek wisata ini sangat populer di kalangan pelancong domestik di Jawa Barat. Fasilitas yang disediakan di Pantai Santolo lumayan lengkap, seperti tempat penginapannya yang nyaman dan bersih.

Daya tarik utama Pantai Santolo yaitu pasir putih dan air lautnya yang biru. Perpaduan dari kedua hal ini, bisa membuat siapa saja betah berlama-lama berada di pantai tersebut. Pantai Santolo sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun pasangan.

Di wisata Garut satu ini, pengunjung bisa berkeliling di sepanjang pantai sembari menikmati pemandangan dan mendengarkan suara deburan ombak. Wisatawan juga dapat menyewa perahu milik nelayan sekitar untuk memancing ikan di tengah laut.

Lokasi Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menjangkau  tempat ini lumayan sulit. Pengunjung harus menelusuri jalur menanjak dan cukup sempit bagi kendaraan roda empat. Jika berangkat dari pusat kota Garut, waktu yang ditempuh sekitar 4 jam.

Tiket masuk Pantai Santolo cukup murah. Untuk menikmati pemandangan alam yang cantik di wisata Garut ini, pengunjung cukup mengerogoh kocek sebesar Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Kendati demikian, harga tiket ini bisa berubah tergantung situasi.

2. Pantai Puncak Guha

Dilansir dari Traveloka.com, Pantai Puncak Guha mulai terkenal setelah dimuat dalam novel karya Dee Lestari berjudul Perahu Kertas. Di pantai ini, pengunjung bisa memandang secara luas pemandangan laut tersebut, disertai suara deburan ombaknya. Pantai Puncak Guha juga bisa dijadikan tempat menghilangkan penat dan stres dari hiruk-pikuk di perkotaan.

Daya tarik utama Pantai Puncak Guha ini yaitu sensasi yang bisa dirasakan oleh pengunjung saat melewati tebing-tebing curam, untuk menuju Puncak Guha. Selain itu, wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk berjemur atau hanya sekedar berswafoto bersama teman dan keluarga.

Lokasi pantai ini terletak di Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Untuk harga tiketnya relatif murah, pengunjung cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000 per orang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement