Rekomendasi Wisata Garut, 5 Pantai Cantik dan Mempesona

Objek wisata Garut punya daya tarik tersendiri. Contohnya, pantai-pantai cantik di Garut bisa menjadi pilihan alternatif sebagai tempat wisata.
Image title
16 November 2021, 20:00
Ilustrasi pantai di Garut
instagram/@satryalasmana
Ilustrasi pantai di Garut

Bagi masyarakat Jawa Barat, objek wisata pantai tidak hanya berada di kawasan Pangandaran saja. Kabupaten Garut pun terdapat beberapa pantai yang sangat eksotis. Pantai di Garut tidak kalah cantik bila dibandingkan dengan pantai Bali ataupun Lombok.

Orang yang berlibur ke Garut umumnya mengincar wisata alam Garut, seperti daerah pegunungan. Padahal, daftar wisata Garut tidak hanya itu saja. Wisatawan bisa datang ke pantai Garut dan menikmati indahnya pemandangan di sana.

Letak wisata Garut satu ini berada di sebelah selatan pulau Jawa. Berbeda dengan pantai utara (pantura), pasir pantai di Garut biasanya berwarna putih, karena berasal dari batuan gunung meletus yang mengandung kapur. Sedangkan warna pasir di pantura adalah hitam, hal ini disesbabkan oleh kandungan tanah aluvial. 

Selain pasirnya bewarna putih, pantai di Garut juga memiliki deretan tebing tinggi dan curam. Meski begitu, lanskap dari tebing sangat cantik. Untuk mengetahui lebih jauh terkait wisata Garut, khususnya pantai, simak ulasan tentang 5 pantai di Garut yang cantik dan menawan berikut ini.

5 Pantai Cantik Kawasan Wisata Garut

1. Pantai Santolo/Pantai Sentolo

Tempat wisata Garut ini tidak pernah sepi pengunjung, salah satunya adalah Pantai Santolo atau Pantai Sentolo. Objek wisata ini sangat populer di kalangan pelancong domestik di Jawa Barat. Fasilitas yang disediakan di Pantai Santolo lumayan lengkap, seperti tempat penginapannya yang nyaman dan bersih.

Daya tarik utama Pantai Santolo yaitu pasir putih dan air lautnya yang biru. Perpaduan dari kedua hal ini, bisa membuat siapa saja betah berlama-lama berada di pantai tersebut. Pantai Santolo sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun pasangan.

Di wisata Garut satu ini, pengunjung bisa berkeliling di sepanjang pantai sembari menikmati pemandangan dan mendengarkan suara deburan ombak. Wisatawan juga dapat menyewa perahu milik nelayan sekitar untuk memancing ikan di tengah laut.

Lokasi Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menjangkau  tempat ini lumayan sulit. Pengunjung harus menelusuri jalur menanjak dan cukup sempit bagi kendaraan roda empat. Jika berangkat dari pusat kota Garut, waktu yang ditempuh sekitar 4 jam.

Tiket masuk Pantai Santolo cukup murah. Untuk menikmati pemandangan alam yang cantik di wisata Garut ini, pengunjung cukup mengerogoh kocek sebesar Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Kendati demikian, harga tiket ini bisa berubah tergantung situasi.

2. Pantai Puncak Guha

Dilansir dari Traveloka.com, Pantai Puncak Guha mulai terkenal setelah dimuat dalam novel karya Dee Lestari berjudul Perahu Kertas. Di pantai ini, pengunjung bisa memandang secara luas pemandangan laut tersebut, disertai suara deburan ombaknya. Pantai Puncak Guha juga bisa dijadikan tempat menghilangkan penat dan stres dari hiruk-pikuk di perkotaan.

Daya tarik utama Pantai Puncak Guha ini yaitu sensasi yang bisa dirasakan oleh pengunjung saat melewati tebing-tebing curam, untuk menuju Puncak Guha. Selain itu, wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk berjemur atau hanya sekedar berswafoto bersama teman dan keluarga.

Lokasi pantai ini terletak di Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Untuk harga tiketnya relatif murah, pengunjung cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000 per orang.

3. Pantai Rancabuaya

Berlokasi di Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Pantai Rancabuaya sering disebut sebagai “surga tersembunyi” di Kabupaten Garut. Jaraknya sekitar 135 km dari pusat kota Garut.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut biru, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, di Pantai Rancabuaya juga memiliki air terjun yang berhadapan dengan pantai dan batu karang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Rancabuaya cukup lengkap, seperti penginapan dengan harga murah yang bisa disewa di sekitar pantai. Pengalaman tak terlupakan akan dimiliki pengunjung usai datang ke objek wisata Garut ini.

4. Pantai Manalusu

Surga tersembunyi di Garut lainnya adalah Pantai Manalusu. Keindahan dan kecantikan pemandangan alam di pantai ini, masih jarang diketahui banyak orang. Untuk itu, tempat ini cocok dijadikan lokasi untuk melepas penat.

Lokasi Pantai Manalusu terletak di Cigadog, Kabupaten Garut. Untuk menjangkaunya pengunjung bisa mengendarai sepeda motor.

Pesona yang ada di Pantai Manalusu yaitu keberadaan batu karang yang dipenuhi lumut. Jika dilihat dari kejahuan, batu karang ini terlihat seperti hamparan padang rumput.

Aktivitas yang bisa di lakukan Pantai Manalusu selain berenang, yakni memancing ikan atau berkemah. Pemandangan matahari terbenam bisa dirasakan di tempat ini.

5. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu objek wisata Garut yang cukup populer. Kondisi lingkungan yang masih bersih dan indahnya pemandangan laut, menjadi daya tarik utama dari pantai ini.

Rute perjalanan menuju Pantai Sayang Heulang hampir sama dengan Pantai Santolo. Pantai Sayang Heulang berlokasi di di Desa Mancagahar, Kabupaten Garut.

Di Pantai Sayang Heulang, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan melakukan beberapa aktivitas seperti berenang di bibir pantai, berkemah, hingga bermain voli. Jika air laut surut, wisatawan dapat mencoba melihat ikan-ikan hias di batu karang.

Pantai Sayang Heulang menjadi primadona untuk menghabiskan waktu Anda di akhir pekan bersama keluarga, pasangan, atau teman saat berada di Garut.

5 pantai di atas bisa masuk ke dalam daftar tempat wisata di Garut yang bisa dikunjungi wisatawan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah meluangkan waktu dan biaya untuk pergi ke pantai-pantai tersebut. Sebab, semua keindahan pemandangan alam di sana akan membayar hal itu semua.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait