5 Tempat Wisata Subang Tujuan Wisata Akhir Pekan yang Mempesona

Image title
17 November 2021, 14:10
wisata subang
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petani memanen teh di kebun PTPN VIII Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). Ketua Umum Dewan Teh Indonesia Suharyo Husen memprediksi realisasi serapan teh dalam negeri pada 2019 meningkat hingga 3 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 70.000 ton teh.

Banyak kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat menjadi primadona tujuan wisata, umumnya adalah Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kota Bandung dan lainnya. Tapi tahukah Anda, kalau wisata Subang juga menawarkan keindahan yang tak kalah menarik dari tempat wisata primadona tersebut. 

Berdasarkan data yang dipublikasikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terbanyak di Jawa Barat.

Tercatat pada 2018, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Bandung mencapai 10.853.314 pengunjung. Sedangkan di urutan kedua di tempati Kabupaten Karawang dengan jumlah wisatawan  sebanyak 10.080.168 orang. Dari data ini, hampir 95% wisatawan yang pergi ke Jawa Barat adalah wisatawan domestik atau nusantara.

Kota Bandung yang sering dijuluki kota kembang itu dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Kota dengan ikon Gedung Sate ini, menjadi pilihan utama masyarakat Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan.

Perlu diketahui, di Jawa Barat, tidak hanya Kota Bandung yang memiliki destinasi wisata menarik. Masih ada sejumlah kota dan kabupaten di provinsi ini yang bisa dikunjungi karena menawarkan keunikan, pesona dan pengalaman berbeda. Salah satunya adalah Subang.

Tempat wisata di Subang yang paling terkenal adalah wisata Ciater. Selain dekat dengan Lembang, wisata Ciater Subang memiliki pemandangan alam yang bagus. Kondisi udaranya pun masih sejuk dan asri. Biasanya wisatawan memilih pergi ke tempat ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sembari melepas penat.

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat wisata di Subang, berikut lima daftar wisata Subang yang bisa menjadi pilihan alternatif.  Sebagian tempat ini, keindahannya masih jarang diketahui wisatawan, sehingga Anda dapat berlibur dengan tenang dan nyaman.

Dilansir dari Traveloka.com dan sumber lainnya, berikut daftar wisata Subang:

5 Tempat Wisata Subang Terkenal akan Keindahannya

1. Kebun Teh  Ciater

Wisata Subang yang cukup dikenal salah satunya kebun teh Ciater. Anda bisa mengajak keluarga dan pasangan ke tempat ini. Wisata Subang ini menawarkan udara yang sangat sejuk dan asri. Selain itu, Anda dapat berkeliling dan melihat secara proses pembuatan teh langsung dari pabriknya.

Dilansir dari Traveloka.com, tiket masuk kebun teh Ciater sekitar Rp 5.000 per orang. Tidak hanya murah, keindahan dari hamparan kebun teh di tempat ini bisa Anda abadikan dengan berswafoto bersama keluarga. Kebun teh Ciater menjadi lokasi yang pas untuk berburu sunrise alias matahari terbit. Tentunya, Anda harus datang pagi-pagi buta agar bisa melihat cantiknya sinar matahari yang baru terbit.

Pada umumnya, kebun teh Ciater tidak memiliki jam operasional yang pasti. Dengan begitu, Anda bisa melakukan aktivitas outdoor seperti berkemah di tempat ini.

Lokasi kebun teh Ciater sangat mudah dijangkau. Jika Anda berangkat dari Lembang, objek wisata ini bisa ditempuh dengan waktu perjalanan selama 16 menit. Mengingat letaknya berada di ketinggian, Anda bisa menikmati cantiknya lanskap alam dataran tinggi dari Lembang ke kebun teh Ciater.

2. Wisata Ciater Subang

Selain kebun tehnya, kawasan wisata Ciater Subang dikenal memiliki pemandian air panas yang tidak pernah sepi pengunjung. Pemandian air panas Ciater bisa menjadi tujuan wisata Subang selanjutnya usai lelah berkeliling kebun teh.

Fasilitas yang disediakan pemandian air panas Ciater cukup lengkap. Ada kolam pemandian air panas yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Selain itu, terdapat tempat bermain untuk anak-anak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement