5 Tempat Wisata Subang Tujuan Wisata Akhir Pekan yang Mempesona

Wisata Subang menawarkan segudang potensi pariwisata yang tak akan cukup dijajaki dalam waktu singkat. Berikut tempat wisata Subang yang dapat membuat Anda terpesona.
Image title
17 November 2021, 14:10
wisata subang
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petani memanen teh di kebun PTPN VIII Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). Ketua Umum Dewan Teh Indonesia Suharyo Husen memprediksi realisasi serapan teh dalam negeri pada 2019 meningkat hingga 3 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 70.000 ton teh.

Banyak kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat menjadi primadona tujuan wisata, umumnya adalah Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kota Bandung dan lainnya. Tapi tahukah Anda, kalau wisata Subang juga menawarkan keindahan yang tak kalah menarik dari tempat wisata primadona tersebut. 

Berdasarkan data yang dipublikasikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terbanyak di Jawa Barat.

Tercatat pada 2018, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Bandung mencapai 10.853.314 pengunjung. Sedangkan di urutan kedua di tempati Kabupaten Karawang dengan jumlah wisatawan  sebanyak 10.080.168 orang. Dari data ini, hampir 95% wisatawan yang pergi ke Jawa Barat adalah wisatawan domestik atau nusantara.

Kota Bandung yang sering dijuluki kota kembang itu dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Kota dengan ikon Gedung Sate ini, menjadi pilihan utama masyarakat Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan.

Advertisement

Perlu diketahui, di Jawa Barat, tidak hanya Kota Bandung yang memiliki destinasi wisata menarik. Masih ada sejumlah kota dan kabupaten di provinsi ini yang bisa dikunjungi karena menawarkan keunikan, pesona dan pengalaman berbeda. Salah satunya adalah Subang.

Tempat wisata di Subang yang paling terkenal adalah wisata Ciater. Selain dekat dengan Lembang, wisata Ciater Subang memiliki pemandangan alam yang bagus. Kondisi udaranya pun masih sejuk dan asri. Biasanya wisatawan memilih pergi ke tempat ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sembari melepas penat.

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat wisata di Subang, berikut lima daftar wisata Subang yang bisa menjadi pilihan alternatif.  Sebagian tempat ini, keindahannya masih jarang diketahui wisatawan, sehingga Anda dapat berlibur dengan tenang dan nyaman.

Dilansir dari Traveloka.com dan sumber lainnya, berikut daftar wisata Subang:

5 Tempat Wisata Subang Terkenal akan Keindahannya

1. Kebun Teh  Ciater

Wisata Subang yang cukup dikenal salah satunya kebun teh Ciater. Anda bisa mengajak keluarga dan pasangan ke tempat ini. Wisata Subang ini menawarkan udara yang sangat sejuk dan asri. Selain itu, Anda dapat berkeliling dan melihat secara proses pembuatan teh langsung dari pabriknya.

Dilansir dari Traveloka.com, tiket masuk kebun teh Ciater sekitar Rp 5.000 per orang. Tidak hanya murah, keindahan dari hamparan kebun teh di tempat ini bisa Anda abadikan dengan berswafoto bersama keluarga. Kebun teh Ciater menjadi lokasi yang pas untuk berburu sunrise alias matahari terbit. Tentunya, Anda harus datang pagi-pagi buta agar bisa melihat cantiknya sinar matahari yang baru terbit.

Pada umumnya, kebun teh Ciater tidak memiliki jam operasional yang pasti. Dengan begitu, Anda bisa melakukan aktivitas outdoor seperti berkemah di tempat ini.

Lokasi kebun teh Ciater sangat mudah dijangkau. Jika Anda berangkat dari Lembang, objek wisata ini bisa ditempuh dengan waktu perjalanan selama 16 menit. Mengingat letaknya berada di ketinggian, Anda bisa menikmati cantiknya lanskap alam dataran tinggi dari Lembang ke kebun teh Ciater.

2. Wisata Ciater Subang

Selain kebun tehnya, kawasan wisata Ciater Subang dikenal memiliki pemandian air panas yang tidak pernah sepi pengunjung. Pemandian air panas Ciater bisa menjadi tujuan wisata Subang selanjutnya usai lelah berkeliling kebun teh.

Fasilitas yang disediakan pemandian air panas Ciater cukup lengkap. Ada kolam pemandian air panas yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Selain itu, terdapat tempat bermain untuk anak-anak.

Tidak hanya berendam, Anda bisa berenang di dalam kolam. Pemandangan alam di dataran tinggi Ciater juga bisa disaksikan dari tempat ini.

Lokasi tempat wisata Ciater Subang berada di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Kecamtan Ciater, Kabupaten Subang. Untuk menuju lokasi ini tidaklah sulit. Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Harga tiket masuk tempat wisata Ciater Subang juga bervariasi. Untuk rinciannya sebagai berikut:

  • Parkir bus Rp 45.000
  • Parkir mobil Rp 30.000
  • Parkir motor Rp 20.000 
  • Tiket parkir akhir pekan Rp 45.000
  • Tiket parkir hari kerja Rp 40.000
  • Tiket pool akhir pekan Rp 70.000
  • Tiket pool di hari kerja Rp 60.000

3. Bukit Pamoyanan

Berada di ketinggian sekitar 600 (meter di atas permukaan laut (mdpl), Bukit Pamayonan bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mencari tempat untuk berkemah. Lokasi Bukit Pamayonan di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Tanjungsiang, Subang, Jawa Barat.

Di tempat ini Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit. Pada malam hari, cantiknya gemerlap cahaya lampu dari rumah-rumah penduduk di bawahnya dapat Anda lihat dengan jelas.

Panorama alam di Bukit Pamayonan bisa membuat Anda betah berlama-lama di sana. Apalagi keindahan dari Gunung Tampomas yang menjulang tinggi, juga bisa Anda lihat dari tempat ini. Jika ingin berlibur ke tempat ini, Anda disarankan membawa pakaian hangat, mengingat udaranya yang cukup dingin.

Tiket masuk Bukit Pamayonan terbilang murah. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000, Anda sudah bisa berkemah di sana. Tak perlu khawatir jika tidak punya tenda, pihak pengelola Bukit Pamayonan sudah menyediakan peralatan camping yang bisa disewa.

4. Wisata Alam Subang Capolaga

Keindahan wisata alam Subang memang tidak ada habisnya. Anda bisa berkunjung ke wisata alam Capolaga yang terletak di Kampung Panaruban Desa, Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Daya tarik utama dari wisata alam Capolaga adalah keberadaan aliran sungai dan air terjun Cimuja. Selain itu, Anda bisa berkemah di kawasan wisata ini.

Tiket masuk wisata alam Capolaga pada hari biasa sekitar Rp 15.000. Sedangkan pada akhir pekan harganya Rp. 17.000. Anda bisa mengajak teman-teman untuk berkemah di tempat ini.

5. Curug Cibareubeuy

Suara gemuruh air terjun di Curug Cibareubeuy dapat menenangkan pikiran Anda. Selain itu, rindangnya pepohonan dan jernihnya air di tempat ini, bisa menyegarkan mata Anda.

Lokasi Curug Cibareubeuy berada di Dusun Nagrak, Ciater, Subang, Jawa Barat. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menelusuri jalan setapak selama kurang lebih 40 menit. Meski melelahkan, semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di Curug Cibareubeuy. Selain itu, fasilitas di tempat ini cukup lengkap, Anda bisa berkunjung ke Curug Cibareubeuy dengan nyaman.

Demikian ulasan tentang 5 tempat wisata di Subang yang mempesona. Anda bisa pergi berlibur ke tempat-tempat tersebut untuk menghabisakan waktu libur akhir pekan bersama keluarga, teman, ataupun pasangan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait