3 Rekomendasi Wisata Karawang Terbaru

Berbagai tempat wisata di Karawang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, objek wisata Karawang terbaru tak begitu banyak. Berikut rekomendasinya.
Image title
18 November 2021, 00:04
Wisata Karawang
Instagram/@green_canyon_karawang
Green Canyon di Karawang

Kabupaten Karawang dikenal sebagai salah satu lumbung padi nasional. Meski begitu, tidak ada salahnya Anda mencoba berlibur di kota ini. Pasalnya, banyak objek wisata Karawang begitu menarik dan bisa jadi tempat yang pas untuk mengisi waktu akhir pekan bersama keluarga.

Kota yang berada di jalur pantai utara (pantura) ini, memiliki sejumlah tempat wisata yang tidak kalah bagus dibanding kota dan kabupaten lain di Jawa Barat. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya wisatawan domestik yang berlibur di Karawang.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, pada tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan di Karawang mencapai angka 10.080.168 orang. Berkat hal ini, Karawang menempati urutan kedua setelah Kota Bandung, sebagai daerah favorit para wisatawan di tahun tersebut.

Walau sedang pandemi Covid-19, kunjungan wisata Karawang tak pernah surut. Meski terjadi penurunan, ada saja wisatawan yang datang dan menjelajahi beragam tempat wisata di Karawang. Tercatat, jumlah kunjungan wisata Karawang pada tahun 2020 totalnya sekitar 32.168 wisatawan domestik dan 728 wisatawan mancanegara.

Advertisement

Apabila Anda bingung mencari lokasi yang cocok, 3 rekomendasi objek wisata Karawang di bawah ini bisa jadi pilihan terbaiknya. Simak daftar tempat wisata di Karawang berikut ini.

3 Rekomendasi Wisata Karawang Terbaru

Bagi wisatawan asal Jawa Barat dan sekitarnya, pergi ke wisata Karawang bukan hal baru. Sebab kota ini memiliki beberapa objek wisata yang sangat beragam. Baik wisata alamnya hingga wisata modernnya. Jika Anda butuh rekomendasi wisata Karawang terbaru, baca artikel ini sampai tuntas.

Adapun untuk tempat wisata di Karawang terbaru, daftarnya sebagai berikut:

1. Green Canyon Karawang

Green canyon yang ada di Indonesia dan paling terkenal di kalangan wisatawan adalah green canyon Pangandaran. Tempat ini sekilas mirip dengan lembah cantik nan indah di Amerika Serikat itu. Jalur aksesnya pun mudah dijangkau oleh kendaraan.

Akan tetapi, tak hanya di Pangandaran, green canyon  di Jawa Barat ada juga di Karawang. Sesuai namanya, tempat wisata ini memiliki keindahan alam begitu eksotis. Kondisi airnya sangat jernih dan segar. Anda bisa berenang di tempat ini, sembari melihat pemandangan sekitarnya yang masih alami.

Objek wisata green canyon Karawang ini awalnya hanya diketahui oleh warga Karawang dan sekitarnya. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyak orang yang mengunggah foto wisata ini ke media sosial, nama green canyon Karawang mulai dilirik oleh wisatawan luar daerah.

Pesona yang dimiliki green canyon Karawang di antaranya seperti air terjun mini, dinding alami dari batu andesit, dan aliran air yang jernih untuk berenang. Selain itu, fasilitasnya terbilang lengkap. Di sini ada tempat ibadah, warung, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Tempat ini dijuluki green canyon­, dikarenakan lanskapnya begitu mirip dengan green canyon di Amerika. Di kedua samping aliran sungainya, terdapat tebing bebatuan andesit yang menjadi dinding alami. Di atasnya tumbuh berbagai macam pepohonan. Perpaduan dari unsur-unsur ini, menciptakan panorama alam yang begitu cantik.

Anda bisa menelusuri keindahan aliran air green canyon Karawang dengan berenang. Tak perlu khawatir tenggelam, pihak pengelola sudah menyediakan pelampung yang bisa disewa. Petugas keamanan selalu bersiaga, sehingga jika terjadi hal-hal tak diinginkan dapat langsung ditangani.

Untuk mendapatkan spot foto yang bagus, usahakan agar Anda mencari sudut atau angle foto yang sesuai. Sebagian wisatawan menganggap, hasil jepretan foto dengan latar green canyon Karawang ini, sangat instagrammable.

Lokasi green canyon Karawang: Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Pangkalan, Karawang, Jawa Barat.

Jam operasional green canyon Karawang:  pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Harga tiket green canyon Karawang: Rp 10.000 per orang (kecuali anak di bawah umur 6 tahun).

2. Taman Kicir Tamelang

Tempat wisata baru di Karawang yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Kincir Tamelang. Sebab, banyak spot foto menarik di taman ini.

Anda bisa melihat banyaknya kincir angin mini yang dipasang di seluruh area taman. Jumlahnya sekitar 13 ribu kincir angin.

Ribuan kincir itu ditanam layaknya bunga berwarna-warni. Setiap sudutnya bisa menjadi latar untuk foto Anda.  Semua keunikan ini bisa Anda lihat dengan biaya cukup terjangkau. Objek wisata ini baru dibuka pada September, 2020 lalu.

Lokasi Taman Kincir Tamelang: Desa Tamelang, Karawang Timur.

Jam operasional Taman Kincir Tamelang: buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB.

Harga tiket Taman Kincir Tamelang: Rp 15.000 per orang.

3. Hutan Kertas

Jika Anda mencari tempat wisata baru di Karawang, cobalah datang ke Hutan Kertas. Objek wisata ini bakal menyuguhkan pengalaman berbeda pada liburan Anda.

Mendapat julukan hutan kertas, karena di kawasan tersebut ditanami banyak pohon Eukaliptus milik salah satu perusahaan produsen kertas terbesar di Indonesia. Pada awalnya, lokasi ini sama sekali tidak dilirik oleh wisatawan. Namun, dengan semakin besarnya ukuran pohon tersebut, lambat laun tempat ini berubah jadi destinasi yang tidak pernah sepi pengunjung.

Deretan pohon Eucalyptus yang tumbuh rindang dan menjulang ke atas, menjadi spot foto menarik dan instagrammable bagi kalangan anak muda. Di beberapa sudutnya, sudah dipasang hammock yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Dengan beragam keunikannya, objek wisata Karawang ini bisa menjadi lokasi foto prewedding bagi pasangan muda yang ingin menikah.

Anda bisa mengunjungi tempat ini dan mengunggah berbagai dokumentasi di tempat ini, ke media sosial.

Lokasi Hutan Kertas Karawang: Kampung Gintung, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Jawa Barat.

Jam operasional Hutan Kertas Karawang: buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB.

Harga tiket Hutan Kertas Karawang: Senin-Jumat (weekday) Rp 10.000 per orang. Sabtu-Minggu (weekend) Rp 15.000.

Rekomendasi tempat wisata di Karawang pada daftar di atas, bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Selain menyimpan keindahan yang bisa memukau Anda, lokasi-lokasi tersebut sangat cocok untuk berswafoto, dengan beberapa titik fotonya sangat menarik untuk dipamerkan  di Instagram alias instagrammable.

Seiring kondisi pandemi Covid-19, pengunjung juga selalu diingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak lupa divaksin. Meski tempat wisata sudah buka, hal itu bukan jaminan Anda bisa aman dari penularan virus corona.




Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait