6 Daftar Wisata Klaten Terbaru

Berikut daftar wisata Klaten terbaru yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan tiba.
Image title
18 November 2021, 22:50
Wisata Klaten
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
Sejumlah pengunjung menikmati suasana di Umbul Besuki, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (5/9/2021). Turunnya di level 2 pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah aglomerasi Solo Raya, pengelola wisata di daerah tersebut mulai membuka lokasi wisata air dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Tempat wisata Klaten tak sekedar memiliki cagar budaya atau kuliner saja. Kota yang secara administratif letaknya berada di Provinsi Jawa Tengah ini, masih menyimpan sejumlah destinasi menarik dan bisa Anda eksplorasi lagi dari segi keunikannya sampai keindahannya.

Melihat letak geografisnya, Klaten dapat dibagi menjadi tiga kawasan. Bagian utara merupakan daerah dataran lereng Gunung Merapi dan bagian selatan, yaitu dataran gunung kapur. Sedangkan bagian timurnya membujur ke dataran rendah.

Lokasi Klaten diapit dan dikelilingi oleh beberapa kota dan kabupaten. Sehingga, dapat dipastikan tidak ada pantai berpasir putih di Klaten. Kendati demikian, berlibur ke destinasi wisata Klaten akan memberikan pengalaman berbeda yang sulit Anda lupakan.

Daftar wisata Klaten terbaru berikut ini, sebagian besar memiliki spot foto keren dan instagramable. Jika bingung memilih destinasi wisata yang jumlahnya hanya itu saja,  Anda harus membaca artikel ini hingga tuntas. Untuk penjelasan lengkapnya seperti di bawah ini.

Advertisement

Daftar Wisata Klaten Terbaru 2021

Menemukan tempat wisata Klaten terbaru sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, yang sesuai dengan keinginan cukup susah. Ada standar subjektif yang harus dipenuhi. Objek wisata Klaten jumlahnya beragam. Lokasinya yang dekat dengan Yogjakarta, menjadi nilai tambah bagi kota ini, sebab, Anda bisa berlibur ke Jogja dan kemudian singgah di Klaten.

Tempat wisata di Klaten yang tidak pernah sepi pengunjung di antaranya Umbul Ponggok. Sebuah kolam alami yang bisa dipakai untuk berenang. Meski begitu, daftar wisata Klaten terbaru di bawah ini tidak kalah bagus ketimbang Umbul Ponggok. Berikut ulasan lengkapnya:

1. River Boarding Kali Pusur

Bagi Anda yang suka olahraga atau kegiatan ekstrem dan memacu andrenalin, datanglah ke Kali Pusur. Kemudian coba wahana river boarding di sana dan rasakan sensasi meluncur di atas arus deras sungai tersebut, sembari menghindari bebatuan yang menghalangi jalur Anda.

Lokasi objek wisata Klaten ini berada di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Harga tiketnya sekitar Rp 150 ribu. Meski cukup mahal, wisata river boarding Kali Pusur akan memberikan pengalaman berbeda untuk Anda. Selain itu, tidak perlu takut mencoba olahraga ekstrem ini. Sebab, setiap menyusuri sungai Kali Pasur, bakal ada dua operator yang mendampingi Anda.

Panjang jalur yang akan Anda lalui di tempat ini sekitar 10 km, dengan waktu tempuh selama 3 jam. Sekadar catatan, arus sungai Kali Pasur bervariasi dari yang mengalir deras, jeram atau mengalir pelan.

2. Desa Wisata Keprabon

Lokasinya berada di Desa Keprabon, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Desa wisata Klaten ini, menyuguhkan aktivitas dari pengrajin tanduk kerbau yang bisa Anda lihat langsung proses pembuatannya. Desa ini dikenal sebagai sentra produksi kerajinan tanduk kerbau di Klaten.

Anda dapat berkeliling dan menikmati suasana pedesaan di Keprabon. Masyarakat sekitar sangat ramah terhadap wisatawan domestik maupun luar negeri. Selain itu, Anda bisa membeli berbagai suvenir berbahan dasar tanduk kerbau, dari salah satu destinasi wisata Klaten terbaru ini

3. Taman Kamboja Klaten

Anak muda kekinian yang hobi mencari spot foto instagramable  dan berbeda dari lainnya, bisa datang ke Taman Kamboja. Tempat yang terdengar mistis, namun punya lanskap eksotis. Daya tarik utamanya yaitu puluhan pohon kamboja yang tumbuh berjejer. Di tengahnya, terdapat jalan setapak.

Lokasi objek wisata Klaten ini berada di Desa Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Anda bisa berburu foto dengan konsep unik, antik, dan tentunya menarik di Taman Kamboja ini.

Di kalangan remaja Klaten, lokasi wisata murah meriah ini sudah cukup terkenal. Beberapa fotografer profesional, sering hunting foto di kawasan tersebut.

4. Kali Talang

Dari kejauhan, rekahan dan kawah Gunung Merapi sudah cukup memanjakan mata. Apalagi jika dilihat dari ketinggian. Anda harus pergi ke Kali Talang dan menyaksikan keelokan bentang alam Gunung Merapi nampak lebih dekat. Kali Talang berada pada ketinggian 1.160 mdpl (meter di atas permukaan laut). Jaraknya juga cukup dekat dengan wisata Klaten Deles Indah.

Lokasi wisata ini di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Anda bisa menjangkaunya dengan sepeda motor. Kali Talang saat ini menjadi tempat favorit untuk mengambil foto berlatar Gunung Merapi.

5. Sendang Gemuling

Bila Anda mencari lokasi yang cocok untuk melepas penat, Sendang Gemuling bisa menjadi pilihan alternatifnya. Berada di area hutan di daerah Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Anda bisa mengunjungi wisata Klaten ini dengan gratis.

Sendang Gemuling adalah sebuah air terjun berukuran kecil dengan lanskap celah batu unik dan cantik. Anda bisa menjadikannya sebagai latar foto. Mengingat lokasinya di kawasan hutan, sebaiknya Anda menyiapkan perlengkapan pendukung yang memadai.

6. Gondola Girpasang

Gondola Girpasang merupakan tempat wisata baru Klaten yang viral di media sosial Tiktok. Di sini, Anda bisa menaiki sebuah gondola yang muat ditumpangi sekitar empat orang. Anda bisa mengajak keluarga atau teman berkunjung ke Gondola Girpasang.

Lokasinya berada di Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Untuk naik gondola, Anda harus membayar biaya sekitar Rp 60.000 per orang. Harga ini sebanding dengan pengalaman yang Anda rasakan, saat melihat panorama sekitar dari dalam gondola.

Rekomendasi wisata Klaten terbaru di atas, bisa jadi pilihan alternatif bagi Anda yang tengah bingung memilih destinasi liburan. Klaten menjadi kota wisata di Jawa Tengah yang harus Anda kunjungi. Selain itu, penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, perlu Anda terapkan agar terhindar dari bahaya penularan virus corona.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait