350 Nama Bayi Perempuan Lengkap dengan Arti dan Maknanya

Image title
24 November 2021, 23:31
Contoh nama bayi perempuan
Pexels (J carter)
Contoh nama bayi perempuan

Menentukan nama bayi perempuan bukanlah hal mudah dan tidak bisa dianggap sepele. Ini mengingat, nama untuk buah hati biasanya berisi harapan serta doa dari kedua orang tua. Selain itu, sebuah nama yang disematkan pada seorang anak akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri serta perkembangannya di masa depan.

Baik Ayah ataupun Ibu, pastinya menginginkan nama bayi yang memiliki arti dan makna mendalam. Misalnya, nama itu menggambarkan kecantikan, keanggunan, keceriaan, dan sebagainya. Selain itu, nama bayi perempuan bisa memberikan pandangan tentang  jati dirinya di masa mendatang.

Memilih nama bayi perempuan akan menjadi pekerjaan menyenangkan sekaligus melelahkan. Apalagi bagi pasangan suami istri (pasutri)  yang baru saja dikaruniai anak pertama. Menentukan sebuah nama bayi perempuan bisa saja memicu perdebatan kecil di antara mereka. Jalan tengahnya, masing-masing dari mereka akan berdiskusi tentang nama yang akan disematkan pada sang buah hati.

Inspirasi nama bayi perempuan bisa datang dari mana saja. Contohnya, nama-nama tokoh terkenal seperti artis atau ilmuwan, guru, pemimpin negara dan lainnya, bisa menjadi pilihan untuk menentukan sebuah nama. Dikutip dari The Asian Parent dan sumber lainnya, berikut tips untuk memilih nama bayi perempuan.

6 Tips Menentukan Nama Bayi Perempuan

Ilustrasi bayi perempuan
Ilustrasi bayi perempuan (Nihal Karkala/Unsplash)

1. Catat Ide dan Inspirasi Nama Bayi Perempuan

Siapkan secarik kertas dan catat semua ide untuk nama bayi perempuan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ide nama bagi sang buah hati bisa saja datang dari mana saja. Oleh karena itu beragam inspirasi yang muncul harus segera dicatat agar Anda tidak lupa.

Susunan kata dengan arti dan makna yang indah, dapat menjadi pilihan alternatif Anda untuk menentukan nama bayi perempuan. Dalam Bahasa Indonesia, ada beberapa kosa kata yang jarang diketahui banyak orang, namun mempunyai arti yang sangat bagus. Contohnya kata “Asmaraloka” dan “Amerta”.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Asmaraloka mengandung arti dunia (alam) dan cinta kasih. Sedangkan kata Ameta berarti abadi atau tidak terlupakan. Gabungan kata-kata dengan arti indah seperti ini sangat baik bila disematkan sebagai nama bayi perempuan.

Selain itu, Anda juga bisa mencari inspirasi nama dari tokoh-tokoh wanita hebat di dunia. Misalnya, di dalam agama Islam, nama dari sosok istri Nabi Muhammad SAW yakni Aisyah sering dipakai untuk nama bayi perempuan. Harapannya agar si buah hati dapat tumbuh menjadi anak yang bahagia, ceria, alim, dan patuh terhadap orang tua dan ajaran agama.

Anda harus mencatat semua ide yang muncul di kepala, agar lebih mudah dalam menentukan nama bayi perempuan. Anda juga dapat mendiskusikannya terlebih dahulu. Baik dengan istri atau suami.

2. Pilih Nama Bayi Perempuan yang Singkat

Memilih nama bayi perempuan hingga lima kata atau lebih, mungkin akan unik dan jarang dimiliki anak perempuan lainnya. Namun, itu bisa menjadi masalah juga di kemudian hari.

Beberapa waktu lalu, di salah satu daerah di Tuban terdapat seorang anak yang memiliki nama sekitar 19 kata. Meski terdengar unik, nama tersebut justru menyulitkan anak tersebut untuk mendapatkan akta kelahiran. Alhasil, kedua orang tuanya memutuskan untuk mengganti nama anak tersebut.

Kasus itu bisa menjadi pelajaran penting bagi Anda dalam memilih nama, khususnya nama bayi perempuan. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki makna bagus dan disusun tidak lebih dari tiga kata. Meski pendek, nama itu akan mudah diingat.

3. Hindari Nama Bayi Perempuan yang Sulit

Tips ini sangat penting, karena nama dengan panjang empat kata saja sudah membuat pemiliknya kesulitan menghafal, apalagi yang baru mendengarnya. Oleh sebab itu, Anda disarankan memilih nama bayi perempuan cukup 2-3 kata saja.

Anda disarankan memilih nama yang mudah diingat dan dilafalkan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk buah hati Anda ketika menginjak usia remaja. Sebab, nama itu nantinya bakal membantu anak Anda saat bergaul dan mencari teman sebayanya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...