4 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Sakit gigi akan sangat menyiksa. Apalagi kalau penyebabnya adalah gigi berlubang. Cara efektif meredakan sakitnya bisa dengan daun sirih. Berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut.
Image title
25 November 2021, 23:02
manfaat daun sirih
shironosov/iStockphoto
Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit gigi

Daun sirih terkenal akan khasiatnya dan sudah sejak lama dijadikan obat herbal. Daun yang umumnya berwarna hijau tua ini masuk pada famili Piperaceae. Manfaat daun sirih juga dapat diperoleh dengan berbagai cara. Misalnya, air rebusan daun sirih dipercaya mampu mengatasi sejumlah gangguan di organ mulut.

Dikutip dari Hello Sehat, daun sirih mengandung dari 85-90 % air. Per 100 gram daun sirih menyimpan beragam kandungan penting dan sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin A, protein, sodium, iodin dan masih banyak lagi. Daun sirih pun rendah lemak dan kalori, di mana kalori di dalam daun ini hanya 44 kalori per 100 gram. Sedangkan kandungan lemak sekitar 0,4-1%.

Dari sejumlah kandungan itu, beberapa di antaranya dapat menyehatkan mulut dan menurunkan risiko gigi berlubang. Melansir dari Tanya Pepsodent dan The Hans India, berikut segenap manfaat daun sirih bagi kesehatan organ mulut yang perlu Anda ketahui.

4 Manfaat Daun Sirih untuk Gigi dan Mulut

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Minyak atau air rebusan daun sirih dianggap mampu menjaga kebersihan mulut. Perlu diketahui, daun sirih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Bakteri atau kuman sisa makanan yang tertinggal pada mulut dapat dikurangi dengan berkumur maupun mengunyah daun sirih.

Anda bisa menjaga kesegaran mulut dengan memperoleh manfaat daun sirih ini. Cara sederhana, Anda harus menyiapkan 3-5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kemudian, letakkan dalam wadah tahan panas berisi air. Panaskan wadah itu di atas kompor sampai airnya mendidih. Lalu diamkan hingga suhunya turun.

Anda dapat berkumur dengan air rebusan daun sirih beberapa kali sehari. Jika pemakaiannya teratur, kebersihan mulut Anda bisa terjaga.

2. Mencegah Munculnya Karang Gigi dan Gusi Bengkak

Berkumur air rebusan daun sirih dapat menghambat pertumbuhan plak. Jumlah plak yang terlalu banyak di dalam mulut akan menimbulkan karang gigi. Karang gigi bisa merusak enamel.

Sifat antibakteri yang dimiliki daun sirih akan mengurangi jumlah plak di dalam mulut. Anda bisa merasakan manfaat daun sirih dengan rutin berkumur air rebusannya dalam batas wajar. Jika terlalu sering akan menimbulkan efek samping.

Tidak hanya mencegah munculnya karang gigi, daun sirih dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya gusi bengkak. Sifat antibakteri pada daun sirih juga bisa membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.

3. Meringankan Sakit Gigi

Sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang akan sangat menyiksa. Rasa sakitnya bahkan akan mempengaruhi kondisi anggota tubuh lainnya.

Apabila gigi Anda terlanjur berlubang dan terasa sakit, Anda bisa mengunyah daun sirih. Cuci sampai bersih beberapa lembar daun sirh dan kunyah. Rasa sakit dari gigi berlubang secara perlahan akan berkurang.

4. Mengurangi Bau Mulut

Bakteri yang terkumpul di dalam mulut akan menimbulkan bau tak sedap. Hal ini bakal semakin parah jika gigi Anda berlubang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan daun sirih.

Daun sirih memiliki sifat antiseptik sekaligus antibakteri. Sekedar berkumur air rebusannya saja, dipercaya dapat mengurangi bau mulut.

Manfaat Daun Sirih Lainnya

Manfaat daun sirih tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dikutip dari Netmeds, MedIndia, Hello Sehat dan sumber lainnya, berikut manfaat daun sirih lainnya.

Obat Penyembuh Luka dan Bersifat Anti Bakteri

Kandungan antioksidan tanin yang ada di dalam daun sirih, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Oleh karena itu, jangan heran kalau manfaat daun sirih salah satunya adalah mengobati mimisan.

Sebagai antiseptik dan antibakteri, daun sirih bisa memberikan perlindungan ganda dari serangan kuman atau bakteri. Pasalnya, daun sirih kaya akan polifenol terutama chavicol.

Dalam sebuah penelitian terdahulu, sebuah fakta terkait daun sirih menyatakan bahwa proses penyembuhan luka bisa dipercepat dengan menggunakan daun tersebut. Bahkan ekstrak daun sirih terbukti efektif mengurangi stres oksidatif yang melambatkan penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena daun sirih merupakan sumber antioksidan tinggi.

Manfaat daun sirih lainnya yaitu membantu penyembuhan luka bakar. Kandungan polifenolnya akan mencegah infeksi bakteri, yang nantinya bakal mempercepat proses penyembuhan.

Menangkal Kanker sampai Mengobati Radang Prostat

Daun sirih merah mengandung zat aktif bernama hydroxychavicol. Kemudian daun ini juga mengandung antioksidan tanin dan sapin. Kandungan tersebut membantu perbaikan sel-sel prostat agar bisa kembali berfungsi.

Khasiat lainnya yang dimiliki daun sirih salah satunya yakni menangkal kanker. Daun sirih mengandung banyak fitokimia yang bisa mencegah kanker. Selain itu, antioksidan eugenol pada daun sirih dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, manfaat daun sirih ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selama berabad-abad lalu, daun sirih juga dipercaya mampu melawan depresi. Daun sirih kaya akan kandungan senyawa fenolik aromatik, berfungsi melepas katekolamin yang dapat meningkatkan mood dan suasana hati jadi lebih baik.

Itulah manfaat daun sirih untuk kesehatan mulut dan gigi. Meski punya segudang khasiat, tanaman herbal ini juga bisa memicu beberapa efek samping jika pemakaiannya berlebihan. Untuk itu, gunakan daun sirih sebagai obat herbal dalam batas wajar. Sehingga, manfaat daun sirih bisa diperoleh serta dirasakan tubuh.

 



Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait