9 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Minum Obat

Berikut sembilan cara mengatasi asam lambung naik tanpa perlu meminum obat. Langkah ini baik untuk menghindarkan Anda dari ketergantungan obat yang bisa berdampak buruk bagi ginjal.
Image title
29 November 2021, 15:57
Ilustrasi cara mengatasi asam lambung naik tanpa perlu meminum obat
Freepik
Ilustrasi cara mengatasi asam lambung naik tanpa perlu meminum obat

Salah satu penyakit yang mudah kumat dan kerap menyerang adalah asam lambung. Namun, cara mengatasi asam lambung naik juga bisa Anda siapkan untuk menghindari risiko penyakit bertambah parah. 

Penyakit asam lambung juga dikenal dengan nama astroesophageal reflux disease (GERD) yang membuat penderitanya merasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung umumnya muncul minimal dua kali dalam seminggu.

Penyakit ini bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia atau jenis kelamin dari anak-anak hingga orang dewasa. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. Meskipun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Bagi mereka yang mengalami asam lambung, akan mengalami gejala rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini juga kerap disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Advertisement

Adapun penyebab asam lambung menjadi naik karena proses otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Tak jarang, gejala asam lambung turut menjalar hingga ke kerongkongan atau yang dikenal refluks asam lambung.

Pengaruh otot LES bisa menyebabkan kontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Hal ini perlu diawasi secara cermat, karena berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, serta wanita hamil.

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Naik

Ada sejumlah cara mengatasi asam lambung naik, salah satunya dengan menggunakan antasida sebagai obat yang sering dicari. Antasida dinilai ampuh untuk meredakan asam lambung dengan cepat. Pada kasus asam lambung yang lebih parah, pilihan obat dengan resep dokter mungkin diperlukan untuk mencegah kerusakan pada kerongkongan.

Namun, antasida berpotensi menjadikan penderita asam lambung menjadi kecanduan terhadap obat satu ini. Dilansir dari situs informasi kesehatan Halodoc.com, ada sejumlah cara untuk mengatasi asam lambung.

1. Jauhi makanan pemicu refluks

Cara mengatasi asam lambung naik adalah dengan menghindari makanan tertentu yang memicu mulas, seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint dan makanan berlemak tinggi.

2. Konsumsi makanan dengan kandungan banyak serat

Khasiat serat salah satunya adalah untuk membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.

3. Mengatur jadwal porsi makan

Salah satu cara mengatasi asam lambung naik, yakni dengan menghindari makan dalam porsi besar sekaligus. Cobalah makan lima atau enam porsi kecil sehari.

4. Pantang makan sebelum tidur

Salah satu kebiasaan yang membuat asam lambung nudah naik adalah makan sebelum tidur. Aktivitas kurang baik satu ini, sering menjadi penyebab naiknya asam lambung. Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur, sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkannya sebelum Anda berbaring atau tidur.

5. Mengunyah makanan secara perlahan

Praktik cara mengatasi asam lambung naik satu ini terdengar ringan, namun sering disepelekan. Padahal dampaknya sangat baik untuk mencegah asam lambung naik.

6. Jauhi rokok

Kebiasaan merokok bisa mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi, berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara mengatasi asam lambung naik atau kambuh.

7. Kenakan pakaian longgar dan tidak ketat

Menggunakan pakaian yang longgar bisa menghindari Anda dari risiko mengalami tekanan tambahan pada perut. Langkah ini dijuga dinilai efektif sebagai cara mengatasi asam lambung naik.

8. Mengatur poisis tidur

Pada saat tidur, Anda bisa menambahkan beberapa bantal di bagian kepala tempat tidur. Tambahan bantal dilakukan agar posisi kepala lebih tinggi sekitar enam inci. Langkah ini dinilai cukup ampuh sebagai cara mengatasi asam lambung naik

9. Mengunyah permen karet

Aktivitas sepele ini juga dinilai mampu menjadi cara mengatasi asam lambung naik. Dengan mengunyah permen karet, maka dapat meningkatkan produktivitas air liur dalam sistem pencernaan, sehingga memudahkan kinerja lambung saat memproses makanan yang masuk ke tubuh.

Demikianlah cara mengatasi asam lambung tanpa harus meminum obat dan bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Selain itu apabila penyakit asam lambung masih belum menunjukkan adanya perubahan menuju sembuh, maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait