9 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Tanpa Minum Obat

Image title
29 November 2021, 15:57
Ilustrasi cara mengatasi asam lambung naik tanpa perlu meminum obat
Freepik
Ilustrasi cara mengatasi asam lambung naik tanpa perlu meminum obat

Salah satu penyakit yang mudah kumat dan kerap menyerang adalah asam lambung. Namun, cara mengatasi asam lambung naik juga bisa Anda siapkan untuk menghindari risiko penyakit bertambah parah. 

Penyakit asam lambung juga dikenal dengan nama astroesophageal reflux disease (GERD) yang membuat penderitanya merasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung umumnya muncul minimal dua kali dalam seminggu.

Advertisement

Penyakit ini bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia atau jenis kelamin dari anak-anak hingga orang dewasa. Gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. Meskipun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Bagi mereka yang mengalami asam lambung, akan mengalami gejala rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini juga kerap disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Adapun penyebab asam lambung menjadi naik karena proses otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Tak jarang, gejala asam lambung turut menjalar hingga ke kerongkongan atau yang dikenal refluks asam lambung.

Pengaruh otot LES bisa menyebabkan kontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Hal ini perlu diawasi secara cermat, karena berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, serta wanita hamil.

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Naik

Ada sejumlah cara mengatasi asam lambung naik, salah satunya dengan menggunakan antasida sebagai obat yang sering dicari. Antasida dinilai ampuh untuk meredakan asam lambung dengan cepat. Pada kasus asam lambung yang lebih parah, pilihan obat dengan resep dokter mungkin diperlukan untuk mencegah kerusakan pada kerongkongan.

Namun, antasida berpotensi menjadikan penderita asam lambung menjadi kecanduan terhadap obat satu ini. Dilansir dari situs informasi kesehatan Halodoc.com, ada sejumlah cara untuk mengatasi asam lambung.

1. Jauhi makanan pemicu refluks

Cara mengatasi asam lambung naik adalah dengan menghindari makanan tertentu yang memicu mulas, seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint dan makanan berlemak tinggi.

2. Konsumsi makanan dengan kandungan banyak serat

Khasiat serat salah satunya adalah untuk membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.

3. Mengatur jadwal porsi makan

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement