13 Manfaat Jahe Sebagai Obat Herbal

Siti Nur Aeni
18 Agustus 2021, 21:36
13 Manfaat Jahe Sebagai Obat Herbal
pixabay.com
Jahe merupakan rempah-rempah yang membantu menjaga kesehatan tubuh

Indonesia merupakan negara penghasil rempah yang sangat beragam dan bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu jenis rempah yang sering digunakan untuk obat herbal yaitu jahe. Manfaat jahe bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Jahe memiliki banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari laman sehatq.com, tanaman dengan nama latin zingiber officiale ini memiliki kandungan seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Kandungan senyawa aktif yang tinggi membuat rempah ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, manfaat jahe untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Meredakan sakit

Penelitian yang dilakukan Universitas of Georgia menyatakan, bahwa suplemen jahe yang dikonsumsi setiap hari bisa meredakan sakit otot. Selain itu, nyeri akibat dysmenorrhea juga bisa disembuhkan dengan menggunakan rempah yang satu ini.

2. Mencegah penyakit kulit

Manfaat jahe lainnya yakni untuk mencegah penyakit kulit, karena dengan mengonsumsi jahe mampu membuat kulit Anda berkeringat. Kelenjar keringat sendiri, bisa menghasilkan protein yang dinamakan fermicin. Fungsi dari protein inilah yang bisa melindungi tubuh dari bakteri dan jamur yang menyebabkan penyakit pada kulit.

3. Mencegah kanker

Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit kronis yang membutuhkan proses penyembuhan cukup lama. Obat yang dibutuhkan untuk penyakit ini juga tidaklah murah. Apalagi, penyakit ini bisa menimpa siapa saja tanpa memandang usia ataupun jenis kelamin. Maka dari itu, perlu adanya upaya pencegahan kanker yang tepat dan efektif.

Jahe memiliki kandungan gingerol yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Sementara itu penelitian di Universitas of Minnesota menemukan, objek penelitian tikus yang diberikan gingerol memiliki tumor dengan ukuran lebih kecil, dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi gingerol. Oleh karena itu, gingerol disebut sebagai salah satu senyawa aktif yang mampu mencegah penyebaran sel tumor serta mencegah tingkat keparahan sel tumor.

4. Mencegah peradangan

Manfaat jahe untuk kesehatan lainnya yakni bisa mencegah peradangan. Gingerol yang terdapat pada jahe selain bisa mencegah pertumbuhan sel tumor juga memiliki sifat anti inflamasi. Hal itu bisa mencegah peradangan termasuk pada sendi.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh menjadi salah satu hal penting di saat pandemi. Untuk terjaga dari berbagai penyakit, tubuh harus terlebih dahulu memiliki sistem imun yang kuat. Jahe menjadi salah satu pilihan obat herbal yang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C dan magnesium di dalam jahe berperan penting dalam meningkatkan imun tubuh. Selain itu, adanya gingerol, shogaols, dan zingerones yang memiliki antioksidan juga bisa menjaga tubuh agar tetap sehat.

6. Mencegah diabetes

Diabetes disebabkan oleh kadar gula di dalam darah yang tidak normal. Penyakit ini cukup sulit untuk diobati, namun bisa dicegah. Menurut jurnal yang ada di US National Library of Medicine National Institutes of Health, kadar glukosa atau gula yang ada di dalam darah bisa menurun dengan mengonsumsi jahe secara rutin.

7. Obat pusing

Saat pusing menyerang hingga membuat mata kunang-kunang, jangan terburu-buru mengonsumsi obat kimia. Sebab obat kimia seringkali meninggalkan efek ketergantungan dan tentu saja kurang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasi pusing atau sakit kepala, Anda bisa mengonsumsi jahe karena dipercaya mampu meredakan pusing hingga mual.

Manfaat Jahe untuk Perut

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat jahe lainnya yakni untuk mengatasi masalah pada perut. Beberapa di antaranya seperti asam lambung dan perut kembung. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Mengatasi asam lambung

Masalah kesehatan saluran pencernaan yang berhubungan dengan asam lambung kerap menjadi keluhan banyak orang. Gejala yang sering muncul pada penyakit ini biasanya rasa mual seperti ingin muntah, hingga sensasi terbakar pada dada atau yang dikenal dengan nama heartburn. Sudah banyak obat-obatan yang dipercaya bisa mengatasi kenaikan asam lambung, namun konsumsi obat kimia terlalu sering juga kurang baik untuk kesehatan.

Jahe dipercaya bisa menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi masalah asam lambung. Dilansir dari laman halodoc.com, jahe memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Senyawa fenolat di dalamnya juga bisa menyembuhkan iritasi saluran pencernaan hingga kontraksi pada lambung. Hal inilah yang mampu mencegah agar asam pada lambung tidak naik ke kerongkongan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...