Teknik Melatih Intonasi dan Contohnya

Image title
15 Desember 2021, 15:54
Intonasi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Vokalis kelompok musik asal Amerika Serikat Hanson, Zac Hanson bernyanyi pada acara The 90's Festival di Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Hanson membawakan hits-nya seperti Waiting For This, Where The Love, And I Waited, This Time Around dan MMMBop.

Saat seorang penyanyi membawakan sebuah lagu, dia harus mengeluarkan intonasi agar penonton mengerti serta mengikuti setiap lirik lagunya. Tidak hanya penyanyi, intonasi juga harus dikuasai oleh orang-orang dengan latar belakang profesi seperti pembawa acara berita, PR (public relationship), pembaca puisi, dan lainnya.

Secara harfiah, intonasi adalah ketepatan pengucapan dan irama kalimat dalam dialog. Definisi lainnya, yaitu akurasi penyajian tinggi rendahnya sebuah nada. Intonasi sering disebut juga sebagai lagu kalimat.

Fungsi intonasi adalah memberikan penekanan pada sebuah kata. Tujuannya, supaya nada yang dihasilkan tersampaikan pada si penerima pesan, khususnya makna kata yang diucapkan.

LOMBA NGIDUNG PERINGATAN HANI
LOMBA NGIDUNG PERINGATAN HANI (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Dalam komunikasi sehari-hari, seseorang harus pandai menggunakan intonasi saat mengobrol dengan lawan bicara. Hal ini pun berlaku ketika membawakan acara diskusi atau mempresentasikan sesuatu kepada banyak orang.

Kegunaan intonasi sangat jelas terlihat pada olah vokal. Ambil contoh, dalam pertunjukan teater para aktor dan aktris yang membawakan suatu lakon harus berdialog tanpa menggunakan pengeras suara. Dengan begitu, mereka perlu melatih intonasi suara agar isi cerita bisa dipahami penonton.

Sementara itu untuk pembacaan puisi, setiap baitnya perlu dibunyikan dengan suara lantang dan intonasi yang pas. Intonasi dalam puisi adalah suatu momen ketika penyair memakai nada tertentu agar karakter kata yang diucapkan enak didengar serta tidak membosankan.

Apa Itu Intonasi?

PENAMPILAN WHITESNAKE DI JOGJAROCKARTA
PENAMPILAN WHITESNAKE DI JOGJAROCKARTA (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

 

Istilah intonasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki arti sebagai lagu kalimat. Sedangkan pengertian lain menyebut kalau intonasi adalah ketepatan dan irama dalam sebuah kalimat.

Merujuk dalam buku pendidikan Bahasa Indonesia, pengertian intonasi adalah lagu kalimat atau ketepatan penyajian tinggi rendahnya nada kalimat. Sebagai contoh, perhatikan tiga kalimat berikut ini:

  • Apa maksudnya?
  • Kita harus bekerja keras.
  • “Besok pagi pekerjaan ini harus selesai” kata Ibu.

Dengan menyimak contoh di atas, maka lagu kalimat atau intonasinya akan seperti ini

  • Kalimat 1: intonasi naik.
  • Kalimat 2: intonasi datar.
  • Kalimat 3: intonasi menurun.

Saat contoh dari tiga kalimat itu dibaca, maka bunyi intonasinya akan terlihat.

Dalam struktur penulisan, intonasi dapat dipengaruhi oleh tanda baca seperti koma (,), titik (.), tanda tanya (?), dan tanda seru (!). Tanda baca tersebut akan menentukan nada serta intonasi yang diucapkan.

Mengutip dari salah satu jurnal yang dipublikasikan Universitas Padjadjaran, pola intonasi sebuah kalimat bergantung pada tujuan yang dimaksudkan oleh penutur. Pola tersebut merupakan perpaduan dari tekanan, nada, durasi, suara yang meninggi atau merendah pada pelafalan kalimat. Selain itu, intonasi dapat memperlihatkan keragaman pada rangkaian nada ujaran di dalam bahasa.

Teknik Melatih Intonasi

PEMENTASAN TEATER JIWA YANG SAKIT
PEMENTASAN TEATER JIWA YANG SAKIT (ANTARA FOTO/Suwandy/aww.)

 

Jika mengacu pada definisinya, intonasi tidak bisa dilepaskan dengan lafal, tekanan, dan jeda. Semua unsur tersebut menjadi satu kesatuan yang utuh dalam membangun sebuah kalimat yang dituturkan.

Untuk menguasai teknik intonasi yang tepat, diperlukan latihan olah vokal secara teratur. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips untuk memperlancar intonasi suara:

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

BOLIVIA-ELECTION
BOLIVIA-ELECTION (ANTARA FOTO/REUTERS/Ueslei Marcelino/HP/dj)

 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement