Daftar 10 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Image title
5 Oktober 2021, 17:15
Gunung Tertinggi di Dunia
Freepik
Daftar Gunung Tertinggi di Dunia

Menjelajah dunia dengan puncak-puncak tertingginya menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menarik, terutama bagi orang dengan jiwa berpetualang.

Berhasil menaklukkan puncak tertinggi bumi jelas merupakan prestasi tersendiri. Namun yang harus diingat, tingginya puncak gunung juga sebanding dengan kesulitannya.

Gunung-gunung tertinggi di dunia memiliki medan yang berat, sehingga untuk menaklukkannya dibutuhkan peralatan dan persiapan yang matang.

Tak jarang, ada pendaki yang meninggal selama ekspedisi menuju puncak-puncak tertinggi dunia ini. Faktornya pun bermacam-macam, mulai dari hipotermia, kecelakaan saat pendakian, dan lain-lain.

Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Selama ini, puncak gunung tertinggi di dunia yang seringkali disebutkan adalah puncak Everest di pegunungan Himalaya. Namun, ada puncak tertinggi lainnya yang jarang diketahui banyak orang.

Setidaknya, ada puluhan gunung yang tercatat memiliki puncak paling tinggi sedunia. Kebanyakan berada di benua Asia dengan cakupan wilayah Nepal, Cina, Pakistan dan India.

Berikut 10 puncak gunung tertinggi di dunia, dikutip dari bergbagai sumber.

1. Everest, Nepal (8848 mdpl)

Pertama kali didaki oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Everest juga mendapat banyak pengawasan baru-baru ini, karena foto yang beredar menunjukkan antrian panjang menuju puncak. Itu memicu perdebatan besar tentang kepadatan di Everest.

Daya tarik Gunung Everest masih memikat banyak pendaki. Selain rute Everest Base Camp menuju puncak, jalur trekking menuju base camp juga cukup populer. Bahkan, ini menjadi salah satu trek paling terkenal di dunia.

Gunung Everest disebut gunung tertinggi di dunia karena memiliki elevasi tertinggi di atas permukaan laut. Ini juga bisa diartikan bahwa gunung Everest memiliki ketinggian tertinggi.

Puncak Gunung Everest adalah 8.848,86 meter (29.031,69 kaki) di atas permukaan laut (mdpl). Tidak ada gunung lain di Bumi yang lebih tinggi dari Everest. Namun, ada juga beberapa gunung  yang dianggap lebih tinggi, karena jarak vertikal total antara pangkalan dan puncaknya.

2. K2, Perbatasan Pakistan-Cina (8611 mdpl)

Gunung tertinggi kedua di dunia adalah K2 . Gunung ini mengambil nama dari notasi yang digunakan oleh Great Trigonometrical Survey of British India.

Pada saat itu, tidak ada nama lokal yang jelas untuk gunung tersebut, sehingga macet. K2 juga dijuluki Savage Mountain. Gunung ini kerap dianggap sebagai salah satu gunung dengan jalur pendakian terberat di dunia. Bahkan, lebih terkenal dari Gunung Everest, meskipun menempati posisi kedua gunung tertinggi di dunia.

K2 memiliki tingkat kematian tertinggi kedua dalam hal pendakian menuju puncak. Dari semua gunung lebih dari 8000 m, ada sekitar 300 puncak yang berhasil ditaklukkan dan terdapat 77 kematian.

3. Kangchenjunga, Nepal (8586 mdpl)

Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia. Gunung ini terletak di antara Nepal dan Sikkim di India, dengan tiga puncak di perbatasan dan dua lainnya di Distrik Taplejung Nepal.

Hal ini menjadikan Kangchenjunga sebagai puncak tertinggi di India. Gunung ini sebenarnya dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia hingga 1852. Bukan karena orang tidak tahu tentang Gunung Everest, tetapi karena adanya kesalahan dalam perhitungan.

Setelah perhitungan lebih lanjut oleh Great Trigonometrical Survey of India, ditemukan bahwa Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia.

4. Lhotse, Perbatasan Nepal-Tibet (8516 mdpl)

Lhotse menempati posisi keempat dalam daftar 10 gunung tertinggi di dunia. Rute mendaki Lhotse sama dengan mendaki Gunung Everest dari Base Camp Everest, sampai Anda melewati Camp 3 dan kemudian berangkat ke Reiss couloir dari Lhotse Face, dari sinilah puncak Lhotse dapat dicapai.

Lhotse dapat dikatakan seperti adik Gunung Everest yang terabaikan. Everest mendapat semua perhatian, sementara Lhotse meskipun sering dianggap lebih menarik secara visual, secara keseluruhan kurang begitu diminati.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...