Cara Membuat Buket Snack Mudah dan Sederhana

Anda bisa memberikan buket snack untuk teman atau pasangan sebagai penghargaan atas apa yang sudah dicapai. Untuk membantu Anda, berikut cara membuat buket snack yang mudah dan sederhana.
Image title
22 Desember 2021, 20:00
Ilustrasi cara membuat buket snack
instagram/@morfie.id
Ilustrasi cara membuat buket snack

Salah satu usaha rumahan kreatif yang saat ini mulai digandrungi beberapa orang, adalah buket snack. Bahkan di sejumlah universitas besar di Indonesia, ada sebagian kecil mahasiswanya yang menggelutinya sebagai usaha sampingan. Cara membuat buket snack sebenarnya susah-susah gampang. Ini kembali lagi pada kreativitas dan sisi estetik dari pembuatnya. Namun begitu, tutorial pembuatan buket snack telah banyak diunggah ke internet.

Buket sebenarnya identik dengan bunga. Sebab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata buket berarti karangan bunga. Tetapi, belakangan ini pembuatan buket lebih berkembang. Selain buket snack, ada juga buket uang dan sebagainya.

Menurut buku Berani Resign! yang ditulis oleh Aji Sukma dan Elisabeth Murni, buket snack sudah berkembang dan menggantikan posisi buket bunga sebagai bentuk ucapan selamat kepada seseorang. Ini bisa dilihat dengan banyaknya remaja yang memberikan buket snack kepada sahabatnya. Baik itu ketika berhasil menyelesaikan sidang skripsi, wisuda, atau hari ulang tahunnya.

Cara membuat buket snack sendiri hanya memerlukan barang-barang yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Lantaran tidak memakai bunga melainkan snack, pembuatan buket ini jauh lebih ekonomis dan cukup murah.

Advertisement

Cara Membuat Buket Sederhana dan Simpel

Jika Anda tertarik mengetahui cara membuat buket snack, maka simak artikel ini hingga tuntas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tutorial membuat buket snack untuk Anda:

Alat dan Bahan

Langkah pertama sebelum membahas cara membuat buket snack adalah menyiapkan segala alat dan bahannya. Anda bisa menyiapkannya sesuai petunjuk berikut ini:

1. Ragam Aneka Snack 

Anda harus menyediakan aneka snack sebelum membuat buket. Usahakan agar jenis snack ini bervariasi, sehingga Anda dapat menyusunnya dengan semenarik mungkin. Ambil contoh, Anda bisa membeli beberapa snack seperti biskuit, keripik kentang, dan lainnya.

Jumlah snack yang harus disediakan tergantung pada keinginan Anda. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan, Anda mesti mengecek tanggal kadaluarsa snack tersebut. Jangan sampai makanan ringan ini sudah expired, justru dikonsumsi oleh teman Anda yang menerima buket.

2. Kertas Kado atau Kain Berwarna

Bahan berikutnya yang harus disiapkan adalah kertas kado atau kain berwarna. Pilih warna yang sesuai agar buket Snack buatan Anda terlihat menarik dan cantik.

3. Pita Serut

Pita serut bisa dimanfaatkan sebagai penghias buket snack agar terlihat lebih cantik. Usahakan agar Anda memilih pita serut yang sesuai dengan warna bahan-bahan sebelumnya. Hal ini agar snack dan pita serut bisa menyatu tampilannya.

4. Gunting

Alat yang tidak boleh ketinggalan dalam cara membuat buket snack adalah gunting. Fungsi utamanya adalah agar Anda bisa memotong bahan-bahan sesuai bentuk yang diinginkan.

5. Pisau Kater

Jangan lupa agar Anda menyiapkan pisau kater juga. Sebab, ada beberapa bagian yang mungkin harus Anda potong memakai alat ini.

6. Sediakan Alat Perekat seperti Lem atau Selotip

Alat dan bahan selanjutnya dalam proses cara membuat buket snack yaitu alat perekat. Anda bisa memakai lem atau selotip untuk merekatkan semua bahan menjadi satu. Sehingga, buket buatan Anda kuat dan tidak mudah lepas.

7. Kardus Bekas

Kardus bekas dapat dimanfaatkan sebagai media dasar untuk menempelkan semua bahan. Anda juga bisa memakai jenis kertas lainnya seperti kertas karton atau semacamnya.

8. Tusuk Sate atau Barang Sejenisnya

Tusuk sate digunakan sebagai pondasi agar buket snack buatan Anda terlihat sempurna. Selain tusuk sate, Anda bisa memanfaatkan barang yang bentuknya seperti tusuk sate atau sebatang lidi.

Langkah-langkah Membuat Buket Snack

Apabila semua alat dan bahan sudah terkumpul, maka Anda bisa memulai membuat buket snack. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tahapan dan cara membuat buket snack yang mudah serta sederhana:

Bagian Pertama: Tentukan Bentuk Dasar Buket

  1. Langkah pertama Anda harus membersihkan snack menggunakan tisu atau lap basah, agar tidak ada debu yang menempel. Hal ini perlu dilakukan agar makanan ringan pada buket Anda terlihat bersih.
  2. Jika sudah, Anda harus meletakan snack tersebut ke tempat bersih.
  3. Tahap selanjutnya dalam pembuatan buket snack adalah membuat bentuk dasarnya. Anda bisa memotong kardus menggunakan gunting atau pisau kater sesuai keinginan.
  4. Berikutnya Anda harus menempelkan tusuk sate atau lidi secara sejajar ke kardus tersebut. Gunakanlah lem perekat yang benar-benar kuat.
  5. Kemudian Anda bisa menempelkan snack yang sudah bersih ke bagian tusuk sate. Atur sesuai keinginan.
  6. Gunakan lem perekat seperti selotip atau lem tembak untuk menempelkan snack tersebut.

Bagian Kedua: Masukkan Kertas Kado atau Kain Berwarna

  1. Tahapan selanjutnya dalam proses cara membuat buket snack adalah memilih kertas kado atau kain berwarna, sebagai bahan untuk membungkus (menutup) kardus beserta snack yang telah ditempelkan.
  2. Jika Anda sudah memilih warna yang sesuai, maka letakan kertas kado tersebut di sela-sela kardus dan snack.
  3. Kemudian lipat bagian luarnya mengikuti bentuk kardus. Sedangkan, bagian bawahnya diikat menggunakan iselotip.
  4. Dalam tahap ini, buket buatan Anda hampir selesai.

Bagian Terakhir: Susun Buket secara Unik, Menarik, dan Cantik

  1. Kalau semua tahapan di atas telah selesai, maka Anda bisa langsung mempercantik buket dengan menyisipkan pita atau pernak-pernik lainnya.
  2. Ambil contoh, Anda bisa menambahkan boneka kecil atau suvenir lucu pada buket tersebut. Lalu pasang pita di bagian bawah.
  3. Setelah itu, buket Anda sudah selesai dibuat.
  4. Letakan buket tersebut di tempat yang bersih, agar terhindar dari kotoran.

Itulah ulasan tentang cara membuat buket snack sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Buket snack tersebut nantinya bisa Anda berikan kepada teman, sahabat, pasangan, atau keluarga yang telah berhasil mencapai sesuatu.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait