Mengenal Manfaat Kerjasama Sebagai Penguat Identitas Bangsa

Image title
23 Desember 2021, 13:53
Ilustrasi manfaat kerjasama yang dilakukan oleh perwakilan Peterson Control Union Kris Van Den Keybus (kanan) melakukan salam tangguh dengan pengelola Tempat Evakuasi Akhir (TEA) saat penyerahan bantuan di balai desa Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa T
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Ilustrasi manfaat kerjasama yang dilakukan oleh perwakilan Peterson Control Union Kris Van Den Keybus (kanan) melakukan salam tangguh dengan pengelola Tempat Evakuasi Akhir (TEA) saat penyerahan bantuan di balai desa Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (20/2/2021). Peterson Control Union bekerjasama dengan Politeknik Akbara Surakarta menyerahkan donasi sebesar 18 ribu euro berupa peralatan untuk kesiapsiagaan Merapi yang Berkelanjutan serta penguatan evakuasi akhir dan masyarakat terdampak be

Manusia dilahirkan dan ditakdirkan untuk menjadi makhluk sosial. Hal itu dapat dilihat dari awal proses kelahiran hingga kematian, manusia selalu membutuhkan partisipasi dari makhluk lainnya untuk saling bantu membantu. Keberadaan orang lain dapat menjadi rekanan dalam melakukan sesuatu, baik itu aktivitas di bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lain-lain.

Bahkan dalam urusan ibadah kepada Tuhan pun Anda membutuhkan bantuan orang lain. Tolong menolong yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama antar insan juga dilakukan dalam kegiatan agama. Seperti menjaga persaudaraan dan tali silaturahmi sesama umat, menjauhi sikap egois, dan menghargai orang lain menjadi tanda orang yang beriman dan dicintai oleh Allah SWT. Selain itu, dengan tolong menolong membuat hidup kita terasa damai dan tentram karena tidak “membawa” musuh hadir dalam kehidupan kita.

Advertisement

Manfaat Kerjasama dalam Kehidupan

Dalam kehidupan, ada beragam manfaat kerjasama dari menjadi perbuatan yang paling dimuliakan oleh Tuhan dan dapat menumbuhkan rasa cinta serta kasih sayang antar sesama manusia. Selama pertolongan yang kita berikan tersebut berdampak positif dan tidak membahayakan manusia lain, maka pertolongan tersebut akan termasuk dalam ibadah.

1. Kerjasama Bentuk Solidaritas dan Pembentukan Karakter Bangsa

Salah satu manfaat kerjasama adalah sebagai bentuk penjelas terhadap identitas terutama di tengah negara dengan keragaman penduduknya dan ramah tamah. Sikap tolong menolong telah menjadi bagian penting dalam kebudayaan. Perilaku saling menolong tersebut menjadi salah satu nilai ‘benar’ dalam masyarakat.

Menurut salah seorang orientalis, Clifford Geertz bahwa kebudayaan merupakan pola dari pengertian-pengertian atau makna yang terjalin secara menyeluruh dalam simbol-simbol yang ditransmisikan secara historis, suatu sistem mengenai konsepsi-konsepsi yang diwariskan dalam bentuk-bentuk simbolik dengan cara tersebut manusia berkomunikasi, melestarikan dan mengembangkan pengetahuan dan sikap mereka terhadap kehidupan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement