3 Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Image title
23 Desember 2021, 11:16
Ilustrasi tiga manfaat daun sirih untuk wajah yang bisa didapatkan dengan mudah dan bisa menyembuhkan secara cepat dan efektif.
pixabay.com
Ilustrasi tiga manfaat daun sirih untuk wajah yang bisa didapatkan dengan mudah dan bisa menyembuhkan secara cepat dan efektif.

Berada di wilayah tropis, Indonesia ditumbuhi beragam tanaman berkhasiat yang mampu mengatasi penyakit secara alami. Salah satunya adalah sirih yang merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini sudah akrab dengan masyarakat Indonesia karena sudah menjadi bagian dari budaya kehidupan.

Salah satu bentuk budaya yang terlihat dari daun sirih adah kegiatan mengunyah bersama yang dicampur dengan tanaman herbal lain, seperti: gambir, pinang, tembakau dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.

Dalam beberapa wilayah di Indonesia, sirih sangat dijunjung tinggi, seperti masyarakat dari Kepulauan Riau yang sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Selain menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia daun, manfaat daun sirih juga dikenal berkhasiat untuk wajah dan dipercaya dapat mengobati jerawat, menyembuhkan luka, dan mengatasi rasa gatal. Cara menggunakan daun sirih untuk wajah yang aman adalah dengan melakukan tes pada kulit terlebih dahulu agar terhindar dari risiko efek sampingnya.

Beragam Manfaat Daun Sirih untuk Wajah

Setelah mengenal daun sirih yang juga menjadi bagian dari budaya kehidupan masyarakat Indonesia. Kini manfaat daun sirih untuk wajah bisa dioptimalkan untuk keseharian. Karena daun sirih terbukti memiliki beberapa kandungan aktif yang melimpah. Namun, yang kandungannya paling banyak adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri.

Berikut manfaat daun sirih untuk wajah yang dikutip dari SehatQ.com:

1. Menjadi Obat Penyembuh Luka

Manfaat daun sirih untuk wajah pertama adalah sebagai penyembuh luka ringan di wajah, seperti luka gores, akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Manfaat air daun sirih untuk wajah ini bisa didapat melalui penggunaan daun sirih merah.

Daun sirih merah diketahui memiliki kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri, yang bertindak sebagai antibakteri pada kulit. Saponin berfungsi sebagai antiseptik yang mempercepat proses penyembuhan luka sehingga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...