13 Jenis Kucing Tercantik dan Terpopuler

Image title
4 Januari 2022, 15:52
Jenis kucing terpopuler di dunia.
pexels.com
Jenis kucing terpopuler di dunia.

Selain anjing, kucing juga menjadi salah satu hewan yang cukup bersahabat dengan manusia. Hewan peliharaan seperti kucing memiliki keunikan tersendiri, tergantung bagaimana jenis kucing itu sendiri, ada yang memiliki bulu lebat, serta tingkah laku menggemaskan.

Kucing bisa menjadi teman bermain yang sangat menyenangkan. Meski terlihat pemalas, namun tingkah serta kelucuan kucing juga mampu menghadirkan sejumlah manfaat bagi pemiliknya. Memelihara kucing dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih produktif.

Ambil contoh, University of Bristol pernah melakukan sebuah survei di 2010 terhadap pemilik hewan peliharaan di Inggris. Hasil survei itu menemukan bahwa orang yang memiliki atau memelihara salah satu jenis kucing lebih mungkin untuk memiliki gelar sarjana daripada rekan-rekan mereka yang mencintai anjing. Contoh lainnya, pada 2014, seorang peneliti di Wisconsin mensurvei 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing menjadi individu yang lebih cerdas.

Bagi kebanyakan orang, kucing sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga. Apalagi kucing juga memiliki tingkat kepintaran yang hampir mirip dengan anjing. Fakta menyenangkan lainnya, kucing umumnya bisa mengenali pemiliknya.

Saat ini banyak jenis kucing atau ras kucing yang dipelihara manusia. Menurut data yang dikeluarkan oleh Cat Fanciers' Association (CFA) ada 46 jenis kucing yang sudah diakui. Artinya ras-ras kucing itu telah terdaftar di lembaga tersebut dengan dilengkapi informasi perihal corak warna, ukuran tubuh, pola tingkah laku dan sebagainya.

Dari puluhan ras itu, ada beberapa jenis kucing yang sangat populer dan banyak dipelihara. Lebih lanjut berikut daftar jenis kucing paling populer di dunia.

Jenis Kucing Tercantik dan Paling Populer di Dunia

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Pemiliknya bisa menjalin kedekatan emosional dengan hewan berkaki empat tersebut.

Beberapa jenis kucing di dunia sudah dikenal dan hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun lalu. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat di peradaban lampau, yang memelihara kucing untuk berbagai keperluan.

Dilansir dari Insider dan sumber lainnya, simak daftar jenis kucing populer yang banyak dipelihara manusia berikut ini:

1. Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll (pixabay.com)

 

Menurut situs Dailypaws.com, Ragdoll merupakan jenis kucing yang menempati urutan pertama sebagai ras kucing terpopuler selama tiga tahun terakhir. Ragdoll memiliki sifat dan karakter yang menggemaskan serta bisa bersahabat baik dengan anak-anak.

Bulu kucing Ragdoll sangat lembut. Daya tarik utamanya terdapat pada bola mata birunya. Dalam beberapa kasus, ada kucing Ragdoll yang mempunyai dua pupil mata dengan warna berbeda.

2. Bengal

kucing bengal (3)
kucing bengal (3) (pixabay.com)

 

Kucing Bengal merupakan salah satu jenis kucing termahal saat ini. Kucing bengal adalah jenis kucing eksotis yang langka. Mereka memiliki gen dan berkerabat dekat dengan kucing Asian Leopard.

Secara tampilan, kucing bengal terlihat gagah namun tetap lucu. Warna bulu dengan perpaduan lingkaran hitam bergerigi atau bintik-bintik yang membuatnya terlihat seperti macan tutul dan jaguar. Meski tampak sangar, kucing bengal justru memiliki sifat jinak.

3. Excotix

Kucing
Kucing (Unsplash/Kristina Yadykina)

 

Indukan jenis kucing ini berasal dari ras Persia. Kucing Excotix umumnya memiliki memiliki kemiripan yang sangat sama dengan jenis induknya.

Di mata para pecinta kucing, jenis Excotix lebih populer ketimbang jenis kucing persia. Hal ini kemungkinan karena surainya yang memberikan kesan elegan dan mewah. Meski begitu, biaya perawatan kucing ini relatif rendah.

4. Maine Coon

Gambar Kucing Maine Coon
Gambar Kucing Maine Coon (pixabay.com/Kirgiz03)

 

Maine Coon berukuran besar dengan kumis dan fitur wajah yang khas. Jenis kucing ini merupakan ras populer kedua yang banyak dipelihara di Amerika Serikat.

Bulu kucing Maine Coon sangat lembut. Selain itu ada satu keunikan yang membedakan Maine Coon dengan jenis kucing lainnya. Keunikan tersebut terletak pada kebiasannya yang akan mengeong atau melolong di sekitar orang atau hewan peliharaan baru saat menyapa.

5. Persia

Kucing Persia Flatnose
Kucing Persia Flatnose (pixabay.com)

 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...