13 Jenis Kucing Tercantik dan Terpopuler

Jenis kucing terpopuler biasanya memiliki ciri khas tersendiri, yang membedakannya dengan jenis lainnya. Contohnya jenis kucing Sphynx yang unik karena tidak mempunyai bulu di tubuhnya alias botak.
Image title
4 Januari 2022, 15:52
Jenis kucing terpopuler di dunia.
pexels.com
Jenis kucing terpopuler di dunia.

Selain anjing, kucing juga menjadi salah satu hewan yang cukup bersahabat dengan manusia. Hewan peliharaan seperti kucing memiliki keunikan tersendiri, tergantung bagaimana jenis kucing itu sendiri, ada yang memiliki bulu lebat, serta tingkah laku menggemaskan.

Kucing bisa menjadi teman bermain yang sangat menyenangkan. Meski terlihat pemalas, namun tingkah serta kelucuan kucing juga mampu menghadirkan sejumlah manfaat bagi pemiliknya. Memelihara kucing dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih produktif.

Ambil contoh, University of Bristol pernah melakukan sebuah survei di 2010 terhadap pemilik hewan peliharaan di Inggris. Hasil survei itu menemukan bahwa orang yang memiliki atau memelihara salah satu jenis kucing lebih mungkin untuk memiliki gelar sarjana daripada rekan-rekan mereka yang mencintai anjing. Contoh lainnya, pada 2014, seorang peneliti di Wisconsin mensurvei 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing menjadi individu yang lebih cerdas.

Bagi kebanyakan orang, kucing sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga. Apalagi kucing juga memiliki tingkat kepintaran yang hampir mirip dengan anjing. Fakta menyenangkan lainnya, kucing umumnya bisa mengenali pemiliknya.

Advertisement

Saat ini banyak jenis kucing atau ras kucing yang dipelihara manusia. Menurut data yang dikeluarkan oleh Cat Fanciers' Association (CFA) ada 46 jenis kucing yang sudah diakui. Artinya ras-ras kucing itu telah terdaftar di lembaga tersebut dengan dilengkapi informasi perihal corak warna, ukuran tubuh, pola tingkah laku dan sebagainya.

Dari puluhan ras itu, ada beberapa jenis kucing yang sangat populer dan banyak dipelihara. Lebih lanjut berikut daftar jenis kucing paling populer di dunia.

Jenis Kucing Tercantik dan Paling Populer di Dunia

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Pemiliknya bisa menjalin kedekatan emosional dengan hewan berkaki empat tersebut.

Beberapa jenis kucing di dunia sudah dikenal dan hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun lalu. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat di peradaban lampau, yang memelihara kucing untuk berbagai keperluan.

Dilansir dari Insider dan sumber lainnya, simak daftar jenis kucing populer yang banyak dipelihara manusia berikut ini:

1. Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll (pixabay.com)

 

Menurut situs Dailypaws.com, Ragdoll merupakan jenis kucing yang menempati urutan pertama sebagai ras kucing terpopuler selama tiga tahun terakhir. Ragdoll memiliki sifat dan karakter yang menggemaskan serta bisa bersahabat baik dengan anak-anak.

Bulu kucing Ragdoll sangat lembut. Daya tarik utamanya terdapat pada bola mata birunya. Dalam beberapa kasus, ada kucing Ragdoll yang mempunyai dua pupil mata dengan warna berbeda.

2. Bengal

kucing bengal (3)
kucing bengal (3) (pixabay.com)

 

Kucing Bengal merupakan salah satu jenis kucing termahal saat ini. Kucing bengal adalah jenis kucing eksotis yang langka. Mereka memiliki gen dan berkerabat dekat dengan kucing Asian Leopard.

Secara tampilan, kucing bengal terlihat gagah namun tetap lucu. Warna bulu dengan perpaduan lingkaran hitam bergerigi atau bintik-bintik yang membuatnya terlihat seperti macan tutul dan jaguar. Meski tampak sangar, kucing bengal justru memiliki sifat jinak.

3. Excotix

Kucing
Kucing (Unsplash/Kristina Yadykina)

 

Indukan jenis kucing ini berasal dari ras Persia. Kucing Excotix umumnya memiliki memiliki kemiripan yang sangat sama dengan jenis induknya.

Di mata para pecinta kucing, jenis Excotix lebih populer ketimbang jenis kucing persia. Hal ini kemungkinan karena surainya yang memberikan kesan elegan dan mewah. Meski begitu, biaya perawatan kucing ini relatif rendah.

4. Maine Coon

Gambar Kucing Maine Coon
Gambar Kucing Maine Coon (pixabay.com/Kirgiz03)

 

Maine Coon berukuran besar dengan kumis dan fitur wajah yang khas. Jenis kucing ini merupakan ras populer kedua yang banyak dipelihara di Amerika Serikat.

Bulu kucing Maine Coon sangat lembut. Selain itu ada satu keunikan yang membedakan Maine Coon dengan jenis kucing lainnya. Keunikan tersebut terletak pada kebiasannya yang akan mengeong atau melolong di sekitar orang atau hewan peliharaan baru saat menyapa.

5. Persia

Kucing Persia Flatnose
Kucing Persia Flatnose (pixabay.com)

 

Jenis kucing ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kucing. Kucing Persia dikenal memiliki raut wajah datar dan bulu panjang yang lembut.

Kucing Persia memang cukup menggemaskan. Biasanya pemiliknya akan senang untuk memeluk kucing tersebut karena ukurannya tidak begitu besar.

6. British Shorthairs

Vaksinasi Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan
Vaksinasi Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

 

British Shorthair adalah jenis kucing tua yang pertama kali datang ke Inggris oleh legiun Romawi. Saat itu mereka membutuhkan kucing yang bekerja untuk mengusir tikus dari kamp mereka.

British Shorthair adalah kucing yang cocok dipelihara di tengah keluarga. Karakternya ramah tetapi agak angkuh. Jenis kucing ini memiliki banyak pola dan warna, tetapi yang paling populer dari jenisnya adalah shorthair bulu biru.

7. Russian Blue Cat

Vaksinasi Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan
Vaksinasi Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

 

Kucing ini dikenal sangat atraktif dan memiliki ukuran tubuh yang pas sebagai hewan peliharaan. Lapisan bulu ganda yang halus seperti sutra dan warna biru yang khas sedikit keperakan, menjadi salah satu keunikan dari Russian Blue Cat.

8. Siberia

Kucing Persia Medium
Kucing (pixabay.com)

 

Jenis kucing ini berasal dari wilayah Siberia. Habitat aslinya adalah lingkungan dengan kondisi subarktik dan berhutan. Kucing Siberia mempunyai bulu panjang yang terlihat mewah. Di alam liar mantel bulu ini sangat protektif, tebal dan panjang.

Sama seperti kebanyakan jenis kucing lainnya, kucing Siberia biasanya sangat senang jika dimanja oleh pemiliknya. Kucing ini pun memiliki sifat ramah kepada anak-anak.

9. Himalaya

kucing himalaya
kucing himalaya (pixabay.com)

 

Kucing Himalaya sekilas mirip dengan kucing Persia, tetapi dengan tampilan squashy yang lucu. Kucing Himalaya merupakan jenis kucing cantik. Dia memiliki keagungan dari bulu panjangnya serta mata biru mencolok.

10. Abyssinian

Cara mengatasi kucing tidak mau makan.
Cara mengatasi kucing tidak mau makan. (Pexels.com/Freestocks.org)

 

Bisa dibilang Abyssinian merupakan salah satu jenis kucing tercerdas. Dia memiliki sifat yang aktif dan bulu pendek menggemaskan. Untuk perawatannya, jauh lebih mudah daripada kucing lainnya.

11. Siam

Gambar kucing siam
Gambar kucing siam (Unsplash/Alex Meier)

 

Kucing Siam adalah hewan peliharaan yang setia. Keunikannya terletak pada tubuh mereka yang anggun dan lentur, serta bulu pendek yang mengkilap. Kucing ini juga mempunyai bola mata biru oriental. Keunikan lainnya yaitu kucing Siam dikenal sebagai kucing yang cerdas, menawan, dan cantik.

12. Scottish Fold

Kucing jenis Scottish Fold
Kucing jenis Scottish Fold (Thirdman/Pexels)



Jenis kucing populer berikutnya adalah Scottish Fold. Kucing ini dikenal dengan telinga "terlipat" yang khas, serta sepasang dengan mata bundar mereka. Kucing tersebut terlihat lucu dan memiliki fitur seperti burung hantu.

13. Sphynx

Kucing sphynx
Kucing sphynx (pixabay.com)

 

Sphynx merupakan jenis kucing yang sangat unik. Jenis ini merupakan ras kucing alergen rendah yang dikenal karena tubuh botaknya.

Sphinx adalah jenis kucing yang aktif dan harus dirawat dengan metode tertentu. Sebab kucing ini tak memiliki bulu di tubuhnya.

Semua jenis kucing paling populer dan cantik yang sudah diulas di atas bisa dijadikan hewan peliharaan yang menggemaskan. Merawat mereka akan menjadi pengalaman berkesan yang bisa dirasakan oleh seseorang.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait