10 Rekomendasi Olahraga Mengecilkan Perut dan Paha

Dwi Latifatul Fajri
5 Januari 2022, 13:40
Olahraga Mengecilkan Perut
pixabay.com/silviarita
olahraga untuk mengecilkan perut

Olahraga mengecilkan perut menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengingat, perut buncit bisa menyebabkan penyakit serius seperti darah tinggi, gula darah tinggi, dan penyakit jantung.

Lemak pada perut umumnya disimpan di sekitar pinggang dan perut. Kelebihan lemak tersebut itulah yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh. 

Untuk itu, olahraga mengecilkan perut buncit bisa dilakukan secara teratur. Cobalah untuk berolahraga ringan di pagi hari seperti berlari, mengikuti zumba, bersepeda, dan melatih kaki.

Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Olahraga ringan membantu Anda untuk mengurangi lemak di dalam perut. Mengutip dari Ndtv.com, berikut 6 rekomendasi olahraga mengecilkan perut:

  • Berjalan

Cobalah untuk berjalan selama 30 menit setiap hari di pagi hari. Selain mendapatkan udara segar, berjalan bisa mengurangi lemak di sekitar perut.

Berjalan atau lari jarak pendek, bisa melatih Anda untuk mengurangi lemak di perut dan tubuh lain. Namun, Anda harus konsisten untuk olahraga sederhana ini.

  • Crunch

Crunch adalah latihan paling efektif untuk membakar lemak di perut. Latihan ini memusatkan area inti diantara perut. Posisi tubuh untuk memulai crunch hampir mirip dengan sit up.

Cobalah untuk berbaring telentang terlebih dahulu, kemudian kedua lutut kaki ditekuk. Lalu angkat tangan dan letakkan di belakang kepala.

Anda bisa mengubah posisi tangan menjadi menyilang di depan dada. Kemudian gerakan badan maju ke lutut, sehingga posisi tubuh terangkat ke lantai.

Crunch bisa membantu mengurangi lemak di dalam perut. Cobalah untuk melakukan crunch rutin setiap hari.

  • Zumba

Zumba termasuk olahraga mengecilkan perut populer dan mengeluarkan banyak keringat. Latihan kebugaran ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan kadar gula di dalam darah.

Wanita bisa membakar 9,5 kalori per menit ketika mengikuti zumba. Cobalah mengikuti kelas zumba atau Anda bisa mencari gerakan di internet.

  • Latihan Kaki Vertikal

Selain crunch, Anda bisa mencoba mengangkat kaki. Latihan kaki bermanfaat untuk membentuk perut yang lebih kuat, mengurangi lemak, dan meningkatkan stabilitas.

Pengangkatan kaki bisa mengencangkan otot di bagian perut. Caranya, tubuh berbaring telentang, lalu telapak tangan diletakkan di bawah pinggul.

Kemudian angkat kaki perlahan, sampai membentuk sudut 90 derajat. Tahan kaki yang tegak lurus ke atap tersebut selama beberapa waktu. Setelah itu turunkan kaki, lalu hembuskan napas secara teratur.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...