16 Manfaat Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga bisa menjaga kesehatan mental. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika rutin berolahraga.
Siti Nur Aeni
3 November 2021, 20:13
16 Manfaat Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa.
Olahraga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental

Olahraga merupakan kebutuhan tubuh yang seringkali dilupakan. Padahal manfaat olahraga sangatlah banyak. Bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan mental.

Jenis olahraga sangatlah banyak, Anda bisa melakukan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik. Jika dilakukan dengan rutin, aktivitas fisik tersebut dapat memberikan kebermanfaatan yang sangat beragam bagi tubuh.

Manfaat Olahraga bagi Tubuh

Sudah disinggung sebelumnya bahwa olah fisik berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengutip dari hellosehat.com dan alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat olahraga secara rutin untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang pertama yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Aktivitas fisik diketahui bisa meningkatkan ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung bagian kiri. Otot tersebut berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Advertisement

Olahraga juga bermanfaat untuk membuat detak jantung menjadi lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah.

2. Meningkatkan ukuran dan massa otot

Manfaat olahraga secara teratur selanjutnya yaitu bisa meningkatkan ukuran dan massa otot. Penambahan massa otot tersebut dikarenakan bagian tubuh tersebut memiliki lebih banyak pembuluh darah kapiler, mitokondria, enzim penghasil energi, dan kapasitas penyimpanan makanan. Dengan melakukan olahraga secara rutin, otot juga bisa menyesuaikan untuk menggunakan bahan makanan lebih efektif.

3. Menambah kapasitas paru-paru

Saat olahraga kebutuhan oksigen meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, paru-paru harus meningkatkan ukurannya. Dengan latihan fisik secara rutin, maka kapasitas paru-paru akan bertambah.

Saat kapasitas bertambah, maka oksigen yang terhirup juga akan meningkat. Tak hanya jumlah oksigen yang meningkat, namun tubuh juga akan memiliki kemampuan mendistribusikan oksgien dengan lebih efisien.

4. Meregenerasi tulang

Manfaat olahraga bagi tubuh berikutnya yaitu meregenerasi tulang oleh sel baru. Regenerasi bermula dari laisan tulang bagian luas terlebih dahulu, kemudian bagian dalam.

Proses tersebut berlangsung perlahan. Jenis olahraga yang memberikan dampak besar dalam regenerasi tulang yaitu olahraga yang melatih ketahanan dan kekuatan otot.

5. Menjaga kadar gula dalam darah

Aktivitas fisik yang teratur bisa menjaga kadar gula tetap stabil. Olahraga secara rutin bisa mencegah resistensi insulin yang memicu diabetes.

6. Menjaga tekanan darah

Manfaat olahraga bila dilakukan secara rutin, bisa menurunkan darah tinggi dan mencegah hipertensi. Beberapa olahraga yang bisa menjaga tekanan darah antara lain berenang, yoga, bersepeda, joging, dan jalan santai.

7. Mengatasi nyeri punggung

Nyeri punggung biasanya banyak dialami oleh orang dewasa dan lansia. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti saraf kejepit, cedera, salah posisi saat tiur, hingga kebiasaan jarang bergerak.

Olahraga diketahui bisa mencegah dan meredakan nyeri punggung. Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, maka otot punggung, perut, dan kaki menjadi kuat untuk menopang sendi dan tulang belakang.

Beberapa olahraga yang diketahui bisa mengatasi gangguan kesehatan ini antara lain yoga, renang, berperda, jalan kaki, dan pilates. Namun jika nyeri punggung tidak kunjung mereda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

8. Menjaga berat badan ideal

Olahraga berguna untuk menjaga berat badan ideal. Karena kegiatan fisik ini bisa mengurangi jaringan lemak dan menurunkan berat badan. Namun olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Anda juga perlu mengimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan mengatur pola istirahat.

9. Membuat tubuh tetap bugar dan kuat saat lanjut usia

Kemampuan fisik saat memasuki usia lanjut tentu akan berkurang. Kebiasaan olahraga teratur juga berdampak baik saat memasuki usia lanjut. Lansia yang terbiasa melakukan olahraga umumnya memiliki tubuh yang lebih bugar dan kuat.

Olahraga yang dilakukan oleh para lansia tentu porsinya berbeda dengan kawula muda. Biasanya para lansia melakukan olahraga yang ringan namun tetap bermanfaat untuk tubuh. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat lanjut usia yaitu jalan santai, bersepeda, berenang, dan senam.

Manfaat Olahraga Secara Teratur bagi Kesehatan Mental

Sudah disinggung di awal, bahwa olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik namun juga berguna menjaga kesehatan mental. Mengutip dari alodokter.com dan klikdokter.com, berikut beberapa manfaat olahraga secara rutin untuk kesehatan mental.

1. Memperbaiki mood

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin diketahui bisa membantu otak melepas senyawa kimia yang bisa memperbaiki suasana hati (mood). Kondisi tersebut membuat tubuh menjadi rileks dan mencegah munculnya gejala gangguan mental seperti stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Olahraga bisa meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinerfrin yang bisa meredakan depresi. Olahraga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa memunculkan perasaan positif.

2. Menambah rasa percaya diri

Olahraga bisa membuat penampilan fisik lebih menarik karena otot lebih terbentuk dan berat badan lebih ideal. Bagi sebagian orang hal tersebut ternyata bisa menambah rasa percaya diri.

3. Mengilangkan stres

Olahraga juga bisa menjadi cara menghilangkan stres yang ampuh. Stres merupakan gangguan mental yang bisa menggangu aktivitas sehari-hari. Olahraga bisa mengurangi hormon stres seperti kortisol, adrenalin, dan norepinerfrin.

Sedangkan hormon serotonin dan dopamin yang bisa memperbaiki mood akan meningkat dengan aktivitas fisik ini. Dengan demikian saat Anda rutin berolahraga, tubuh menjadi rileks dan bahagia.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Mungkin banyak diantara kita mengalami masalah tidur. Ada yang sulit tidur dan ada juga yang mengeluh sering terbangun di tengah malam. Jika dibiarkan hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan menggangu aktivitas sehari-hari.

Olahraga dipercaya bisa membuat tidur cepat dan nyenyak. Namun untuk memperoleh manfaat ini, Anda disarakan untuk melakukan kebiasaan tidur yang benar dan menghindari olahraga sebelum tidur.

5. Meningkatkan gairah seksual

Aktivitas fisik yang rutin juga dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual dan menurunkan terjadinya disfungsi ereksi.

6. Memperlambat penurunan kognitif dan demensia

Seiring bertambahnya usia maka akan mengalami penurunan kognitif dan demensia. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan tersebut.

7. Meningkatkan memori

Manfaat olahraga juga bisa meningkatkan memori karena olahraga bisa membantu meningkatkan hormon endorfin. Olahraga juga diketahui bisa merangsang pertumbuhan sel baru di otak.

Tips Olahraga untuk Pemula

Meskipun merupakan kebutuhan, namun bagi sebagian orang olahraga merupakan hal yang baru. Memulai melakukan aktivitas fisik secara rutin membutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat. Bagi Anda yang baru memulai kebiasaan olahraga, berikut ini beberapa tips olahraga untuk pemula.

  1. Meningkatkan motivasi dan menjaga konsistensi.
  2. Menambah waktu olahraga secara berkala.
  3. Membuat target sesuai dengan kemampuan.
  4. Berkreasi dengan berbagai jenis olahraga agar tidak mudah bosan.
  5. Melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatahui kondisi fisik diri sendiri.
  6. Menjaga asupan nutrisi.
  7. Melatih kekuatan fisik.
  8. Mengenakan pakaian olahraga yang tepat dan nyaman.
  9. Mempelajari gerakan olahraga dengan benar.
  10. Menyiapakan diri sebelum berolahraga seperti menjaga asupan air minum dan berbagai nutisi lain yang dibutuhkan.

Pilihan Olahraga saat Pandemi

Saat pandemi seperti ini, olahraga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Untuk menjaga ketahanan tubuh maka aktivitas fisik menjadi hal yang penting dilewatkan. Namun menjaga jarak saat berolahraga juga menjadi hal yang harus diperhatikan demi menjaga diri dari penularan covid-19.

Mengutip dari hallodoc.com, berikut ini beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan saat pandemi.

1. Kardio

Manfaat olahraga kardio bisa membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar lemak dengan efektif. Beberapa olahraga kardio yang yang bisa dilakukan seperti berlari di treadmill, bersepeda menggunakan sepeda statis, dan olahraga dengan alat bantu kardio lainnya.

2. Aerobik

Olahraga ini dipercaya bisa mengurangi gangguan kecemasan dan depresi selama pandemi. Senam aerobik juga merupakan olahraga yang mudah dilakukan di rumah tanpa perlu menggunakan alat khusus.

3. Yoga

Jenis olahraga ini bisa membantu proses pembakaran lemak dan membantu tubuh mengeluarkan keringat. Manfaat olahraga lainnya yaitu bisa meningkatkan pernapasan, menjaga metabolisme, dan menguatkan vitalitas.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait