Ras Adalah Konsep Turunan Fisik, Ini Penjelasannya

Image title
24 Januari 2022, 13:52
ras adalah
ANTARA FOTO/Jojon
Paguyuban dari Kerajaan Bellu Nusa Tenggara Timur mengenakan pakaian Kerajaan Tais Futus saat pawai budaya nusantara di Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (19/11/2019). Pawai budaya nusantara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Baubau dan di ikuti berbagai ras dan etnis itu bertujuan untuk melestarikan seni budaya Bangsa Indonesia.

Indonesia terbangun dari masyarakat yang memiliki beragam latar belakang suku, agama, dan ras antar golongan. Keberagaman inilah yang membuat persatuan semakin kuat. Namun apabila tidak dijaga dan dikelola dengan baik maka bisa menjadi bumerang yang memecah belah kesatuan.

Salah satu hal penting dalam asa persatuan adalah pemahaman adanya beragam ras di Indonesia. Karena ras merupakan hal yang memiliki kaitan dengan karakteristik fisik, seperti tekstur rambut atau warna kulit dan mencakup pilihan yang relatif sempit. Ras adalah konsep yang berkaitan dengan nenek moyang manusia.

Walaupun ras dapat diamati secara fisik biologis, namun ras adalah hal yang tidak memiliki dasar biologis. Beberapa sosiolog percaya bahwa pembagian ras adalah klasifikasi yang lebih didasarkan pada konsep sosiologis daripada prinsip biologis.

Istilah ras mencuat pada abad ke-18. Istilah tersebut bertahan hingga kini dan menjadi pengetahuan yang kini masih digunakan dalam antropologi forensik (dalam menganalisis sisa tulang), penelitian biomedis dan kedokteran berdasarkan asal usul.

Penjelasan Singkat Tentang Ras

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik. Ras juga didefinisikan sebagai rumpun bangsa. Ras adalah kategori individu yang secara turun-temurun terdapat ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang khas.

Selain itu dilansir dari Ensiklopedia Britannica, ras adalah gagasan bahwa spesies manusia dibagi menjadi kelompok-kelompok berbeda atas dasar perbedaan fisik dan perilaku yang diwariskan. Ras biasanya dikaitkan dengan biologi dan dikaitkan dengan karakteristik fisik, seperti tekstur rambut atau warna kulit dan mencakup pilihan yang relatif sempit.

Dari dua penjelasan itu dapat disimpulkan bahwa ras adalah kategori umat manusia yang memiliki ciri fisik tertentu yang berbeda.

Penjelasan Ras Menurut Ahli

Hortun dan Hunt

Hortun dan Hunt menilai ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dari segi ciri-ciri fisik bawaan. Disamping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J. Cohen, ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.

Alex Thio

Menurut Alex Thio, ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis yang berbeda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...