Analogi Adalah Persamaan Antara Dua Hal Berbeda, Ini Pengertiannya

Image title
25 Januari 2022, 23:01
analogi adalah
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/foc.
Perbandingan suasana Idul Fitri tahun 2019 dengan tahun 2020 yang sepi aktivitas di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar, Bali, Minggu (24/5/2020). Shalat Idul Fitri 1441 H di ruang publik di Bali untuk tahun ini ditiadakan dan umat Islam melakukannya di rumah masing-masing dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Dalam interaksi atau percakapan sehari-hari, kita mungkin sering mendengar lawan bicara kita mengumpamakan sesuatu dengan analogi. Hal ini wajar terjadi karena analogi adalah salah satu penalaran induktif.

Analogi adalah cara yang digunakan oleh seseorang untuk menjelaskan dialog, kalimat dan istilah yang sulit dimengerti. Kemudian dia akan mengambil sebuah istilah lain untuk menjelaskan maksud dari kalimat tersebut agar mudah dipahami.

Guna mengetahui lebih lanjut apa itu analogi, ciri-ciri kalimat analogi, dan contoh analogi, simak rangkuman tentang pembahasan analogi berikut ini,

Pengertian Analogi

Ngalim Purwanto dalam Psikologi Pendidikan, menjelaskan bahwa analogi adalah cara berpikir dengan menyamakan atau membandingkan fenomena-fenomena yang biasa/pernah dialami. Metode berpikir ini artinya seseorang beranggapan bahwa kebenaran dari fenomena-fenomena yang pernah dialaminya berlaku pula bagi fenomena yang dihadapi sekarang.

Dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada pola komunikasi antara individu dengan lawan bicaranya, analogi adalah metode yang sangat lumrah digunakan. Sebab, cara ini akan memudahkannya untuk menyampaikan pesan dan maksud dari kalimat yang sukar dimengerti.

Analogi juga bisa diartikan sebagai penggunaan contoh yang mirip dengan topik pembicaraan. Hal ini pun sejalan dengan pendapat Ferdinand de Saussure. Mengutip buku Pengantar Logika Teologi: Telaah Praktis Logika dalam Teologi, bapak linguistik modern itu menyatakan bahwa analogi adalah bentuk peniruan dari satu bentuk ke bentuk lain. Namun dengan syarat bentuk tiruannya harus sama dan sesuai dengan bentuk tiruannya.

Sementara itu, pendapat lain datang dari Ibrahim Anis. Tokoh linguistik Arab tersebut mengemukakan bahwa analogi adalah mengubah bentuk suatu hal dari yang tidak diketahui menjadi sesuatu hal yang tidak dapat diketahui.

Masih mengutip dari buku yang sama, tujuan penggunaan analogi adalah sebagai berikut:

  1. Membuat klarifikasi dari suatu peristiwa.
  2. Membuat persamaan dari dua hal berbeda.
  3. Memudahkan dalam mendefinisikan atau memberi pengertian.
  4. Menandaskan sebuah pesan.
  5. Menyederhanakan kerumitan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah dari kata analogi adalah persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan. Sinonim kata analogi adalah kias.

Hal senada juga berlaku pada kata analogi dalam bahasa Inggris. Menurut Cambridge Dictionary, analogi adalah perbandingan antara hal-hal yang memiliki ciri - ciri serupa. Itu sering digunakan untuk membantu menjelaskan suatu prinsip atau gagasan.

Singkatnya, pengertian analogi adalah membandingkan dan mengumpamakan sesuatu untuk menjelaskan maksud dari suatu hal yang sulit dimengerti. Analogi merupakan cara yang cukup efektif agar lawan bicara memahami topik yang sedang dibicarakan.

Jenis-jenis Analogi

Analogi adalah pendekatan atau cara yang memberikan pandangan dengan menyampaikan pesan supaya suatu konsep menjadi lebih mudah serta lebih sederhana untuk diterima akal. Dikutip dari materi Prosiding SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika, Unswagati Cirebon, 10 Maret 2018, analogi adalah membahasakan dua hal yang berlainan namun memiliki kesamaan yang dapat diperbandingkan dengan tujuan untuk mengenali suatu permasalahan. Kemudian dianalisis hubungannya sehingga dapat memberi suatu kesimpulan.

Menurut buku Terampil Berargumentasi SMU 3, analogi adalah proses penyimpulan secara induktif dengan dua realitas, peristiwa, atau dua hal sehingga mampu menyimpulkan sesuatu yang baru dengan melihat persamaan serta perbedaannya. Jika dilihat dari proses terbentuknya, analogi bisa dibedakan menjadi dua kategori. Berikut penjelasannya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement