11 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

Nama gunung tertinggi di Pulau Sumatera adalah gunung Kerinci. Tinggi gunung berapi tersebut, mencapai 3.805 mdpl. Selain gunung Kerinci, berikut daftar gunung tertinggi di Sumatera.
Dwi Latifatul Fajri
9 Februari 2022, 23:24
Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.
Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung tertinggi di Pulau Sumatera berada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera, dan berada di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Di mana, taman nasional tersebut juga ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, kategori Situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera pada 2004.

Gunung Kerinci berada di ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung berapi ini berada di urutan kedua tertinggi di Indonesia, setelah gunung Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Wijaya, yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan berada di Papua. Menjadi gunung tertinggi, membuat puncak Jayawijaya selalu tertutup salju.

Gunung Tertinggi di Sumatera

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci berada di tempat strategis di antara provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Sekitar gunung terdapat hutan tropis yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Taman Nasional menjadi habitat Harimau Sumatera, yang kini masuk dalam kategori status kritis dan daftar hewan dilindungi.

Gunung Kerinci juga masuk dalam status gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Kawah gunung memiliki luas 48.000 meter persegi di bagian puncaknya. Kedalaman kawah sekitar 600 meter. Hingga kini, gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini masih aktif dan terakhir meletus pada 2009.

Advertisement

2. Gunung Leuser

Gunung Leuser memiliki ketinggian 3.445 meter di atas permukaan laut. Mengutip dari Kelaspintar.id, puncak gunung ini dibagi menjadi tiga, yaitu Puncak Loser setinggi 3.404 mdpl, Puncak Leuser 3.119 mdpl, dan Puncak Tanpa Nama setinggi 3.445 mdpl.

Sekitar gunung menjadi Taman Nasional Gunung Leuser dan memiliki status nasional. Tahun 1980, salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini masuk ke dalam cagar biosfer, Asean Heritage Park (1984), Tropical Rainforest Heritage of Sumatra (2004), dan kawasan lindung nasional (2008).

Taman Nasional menjadi destinasi wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan, Sumatera Utara. Gajah Sumatera menjadi daya tarik wisatawan di taman nasional ini. Selain itu pengunjung bisa melihat tempat rehabilitasi orang utan.

3. Gunung Dempo

Gunung Dempo berada di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu. Ketinggian gunung berapi aktif ini adalah 3.159 mdpl. Gunung Dempo dikenal sebagai kawasan penghasil kopi robusta yang populer di kota Pagaralam.

Gunung Dempo bisa ditempuh selama tujuh jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota Pagaralam sendiri berada di pegunungan Bukit Barisan dan Gunung Dempo yang menjadi destinasi wisata.

Pengunjung bisa datang ke kebun teh Gunung Dempo, pendakian gunung, dan wisata di lereng gunung. Daerah sekitar gunung memiliki air jernih dan hutan tropis. Selain wisatawan, pendaki bisa naik gunung dan mendirikan tenda di kamp pendakian.

4. Gunung Bandahara

Gunung Bandahara terletak di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Ketinggian gunung mencapai 3.030 meter diatas permukaan laut. Gunung Bandahara menjadi gunung tertinggi kedua di Aceh, setelah Gunung Leuser di perbatasan Aceh dan Sumatera Selatan.

5. Gunung Talamau

Ketinggian salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini mencapai 2.912 mdpl atau berada di urutan kelima. Lokasinya berada di Kabupaten Pasaman barat, Sumatera Barat. Pendaki bisa melakukan jalur pendakian dari Desa Pinaga, hingga ke posko di puncak Gunung Talamau. Selain jalur pendakian, Gunung Talamau memiliki air terjun dan telaga untuk wisata.

6. Gunung Geureudong

Tinggi gunung ini adalah 2.885 mdpl. Gunung Geureudong berada di Kabupaten Bener, Meriah, Aceh. Gunung ini masuk ke dalam kategori tujuh gunung tertinggi di pulau Sumatera. Jalur pendakian gunung ini melewati Desa Bukit Mulie yang jaraknya sekitar 6-7 km dari Gunung Geureudong.

7. Gunung Singgalang

Ketinggian gunung Singgalang adalah 2.877 mdpl. Gunung berapi ini berada di Sumatera Barat. Gunung ini berada di jalur bukit barisan dan berdekatan dengan Gunung Tandikat, sementara di arah barat ada Gunung Marapi. Lokasi gunung berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

8. Gunung Marapi

Gunung Marapi berada di antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kotamadya Padang Panjang, Sumatera Barat. Tinggi gunung sekitar 2.891 mdpl. Gunung Marapi termasuk gunung aktif dan tinggi di pulau Sumatera.

Gunung Marapi berdekatan dengan gunung Singgalang dan telaga air. Jalur gunung ini bisa diakses dari kota Bukittinggi dan kota Padang Panjang.

9. Gunung Perkison

Berada di Aceh Tenggara, gunung Perkison memiliki ketinggian 2.828 mdpl. Gunung ini dahulu termasuk gunung berapi yang kini telah mati. Lokasinya berada 30 km ke arah barat laut kota Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara.

10. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian gunung sekitar 2.475 mdpl dan termasuk gunung berapi aktif. Pada 2018, Gunung Sinabung sempat meletus dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 5.000 meter.

11. Gunung Sibuatan 

Ketinggian Gunung Sibuatan mencapai 2.457 mdpl. Gunung ini berada di Sumatera Utara. Gunung Sibuatan memiliki hutan dan jalur pendakian. Pendaki bisa menaiki bagian puncak dan menikmati matahari terbit di pagi hari.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait