10 Kota Tertua di Indonesia, Usianya Lebih dari 1000 Tahun

Siti Nur Aeni
16 Februari 2022, 18:48
10 Kota Tertua di Indonesia, Usianya Lebih dari 1000 Tahun
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Palembang sebagai kota tertua di Indonesia

Indonesia baru merdeka pada 1945. Namun jauh sebelum itu, sudah ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki peradaban. Beberapa kota tertua di Indonesia, bahkan sudah ada sejak masa Kerajaan Hindu-Budha.

Apa saja kota tertua di Indonesia tersebut? Berikut daftarnya.

Daftar Kota Tertua di Indonesia

1. Palembang

Di posisi pertama ada Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Dahulu, Palembang merupakan ibu kota dari Kerajaan Sriwijaya.

Dari prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang, sebelah barat Palembang, diketahui bahwa kota ini sudah ada sejak 16 Juni 682 Masehi. Dengan demikian, usia Kota Palembang saat ini sudah lebih dari 1000 tahun.

2. Salatiga

Urutan kota tertua di Indonesia berikutnya yaitu Salatiga. Diketahui sejarah Kota Salatiga bersumber dari Prasasti Plumpungan yang ada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Dari prasasti yang ditemukan, Kota Salatiga diketahui sudah ada sejak 14 Juli 750 sebagai wilayah perdikan. Perlu diketahui bahwa wilayah predikat merupakan suatu hal istimewa pada waktu itu dan tidak semua daerah mendapatkannya. Sama seperti Palembang, usia kota ini juga sudah lebih dari 1000 tahun.

3. Kediri

Kota Kediri diketahui sudah ada sejak 27 Juli 879 Masehi. Jejak sejarah kota yang ada di Jawa Timur ini ditemukan pada Prasasti Kwak. Prasasti tersebut ditemukan pada tahun 1892.

4. Magelang

Magelang merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini diketahui sudah berusia 1000 tahun lebih.

Berdasarkan keterangan di laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, kota ini memulai sejarahnya sebagai Desa Perdikan Mantyasih. Saat ini dikenal sebagai Kampung Meteseh, Kelurahan Magelang.

Penetapan tersebut diperkuat dengan adanya lumping batu yang dipercaya sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan.

5. Banda Aceh

Kota tertua di Indonesia selanjutnya yaitu Banda Aceh. Kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi. Kota Banda Aceh juga diketahui sebagai kota Islam tertua di Asia Tenggara.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...