Rumusan Masalah Adalah Pengarah Tujuan Karya Ilmiah, Ini Penjelasannya

Image title
16 Februari 2022, 22:36
rumusan masalah adalah
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020). Universitas Pakuan menerapkan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pada karya tulis ilmiah ada satu bagian penting yang tak boleh luput dari penulis, yakni rumusan masalah. Meski terlihat sederhana, namun keberadaannya menjadi sangat penting dan harus baik saat akan membuat karya ilmiah. Misalnya, dalam menyusun skripsi, makalah, tesis, disertasi, laporan penelitian, dan sebagainya.

Karya-karya tulis tersebut dibuat dengan memperhatikan kaidah penulisan ilmiah. Peran rumusan masalah adalah memberikan arah jelas terkait rencana penulisan karya ilmiah tersebut.

Pentingnya rumusan masalah adalah sebagai penguat suatu karya ilmiah agar tidak sembarangan dibuat, alias tanpa dasar kuat. Artinya ketika Anda menulis sebuah karya tulis ilmiah, maka harus didukung oleh data dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pengertian Rumusan Masalah

Sebuah jurnal publikasi dari Institut Pertanian Bogor memberikan penjelasan, bahwa rumusan masalah harus terkandung sejumlah komposisi. Mulai dari pertanyaan mengapa, hingga bagaimana, yang berkaitan dengan topik penelitian, serta hal mendetail yang harus dibahas.

Dalam buku berjudul Dasar-dasar dan Metode Penulisan Ilmiah, karya Munawar Syamsuddin disebutkan bahwa rumusan masalah adalah sebagai pengarah tujuan dari tulisan ilmiah agar fokus dalam membahas suatu hal tertentu.

Dalam ulasan yang diangkat oleh situs Penerbitbukudeepublish.com, dijelaskan bahwa rumusan masalah adalah solusi untuk memudahkan penulis dalam meneliti karena fokus penelitian sudah dipersempit. Rumusan masalah menghindari adanya fokus penelitian yang melebar.

Rumusan masalah adalah tulisan singkat yang berisi pertanyaan tentang topik diangkat oleh penulis. Sehingga dengan rumusan masalah, penulis berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yang dikemukakan, sehingga penelitian memiliki suatu kesimpulan.

Sejumlah kata tanya yang digunakan dalam rumusan masalah adalah “mengapa” dan “bagaimana” karena membuka peluang penelitian bisa dilakukan secara mendalam. Meskipun kata tanya lain juga masih bisa digunakan untuk mengulas suatu masalah dalam penulisan.

Pengertian Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

Sejumlah ahli memberikan pengertian terkait makna rumusan masalah dalam sebuah karya ilmiah, berikut definisi yang diberikan:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...