Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23

Dwi Latifatul Fajri
18 Februari 2022, 14:51
Cara Daftar Kartu Prakerja
Instagram/prakerja.go.id
Prakerja Gelombang 23

Pekerja gelombang 23 yang dibuka pada Februari 2022 telah dibuka. Pendaftar bisa mengunjungi website www.prakerja.go.id untuk pendaftaran.

Jika sudah melakukan pendaftaran, langkah yang harus dilakukan, yakni klik "Gabung Gelombang" yang berada di dashboard pra kerja. Setelah klik gabung, nantinya muncul pemberitahuan untuk menunggu pengumuman lulus gelombang 23.

Kartu pra kerja adalah program yang bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi, wirausaha, dan kemampuan untuk pencari kerja. Program pra kerja berupa kursus online untuk menambah kemampuan dan kompetisi.

Pendaftar baru perlu menyiapkan dokumen untuk mendaftarkan diri di website Prakerja.go.id. Waktu pendaftaran sebaiknya dilakukan melalui komputer atau laptop. Selain pendaftaran, nantinya pendaftar juga mengikuti tes uji kemampuan.

Syarat Daftar Prakerja

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 ke atas
  3. Tidak menempuh pendidikan formal
  4. Pendaftar tidak menerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19
  5. Pendaftaran kartu pra kerja maksimal dua nomor induk kependudukan alias NIK dalam satu kartu keluarga yang menerima kartu pra kerja
  6. Pendaftar sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja yang dirumahkan dan pekerja yang tidak menerima upah, termasuk pelaku usaha kecil dan mikro
  7. Pendaftar bukan dari pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa, dan anggota BUMN atau BUMD

Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Melakukan Pendaftaran

Buka website prakerja.go.id, kemudian lakukan pendaftaran menggunakan email aktif dan kata sandi untuk akun. Setelah itu mengulangi kata sandi. Klik centang biru di bagian bawah sebelum klik kolom pendaftaran. Pastikan kata sandi berisi enam karakter.

2. Cek Email

Setelah melakukan pendaftaran cek kotak masuk di email. Kemudian klik verifikasi dari pesan email pra kerja. Akan ada pemberitahuan verifikasi telah berhasil.

3. Berkas Dokumen

Siapkan berkas dokumen seperti Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor KK, dan tanggal lahir sesuai KK. Selanjutnya pendaftar melakukan pengisian data seperti alamat email, nama ibu kandung, alamat sesuai KTP, jenis kelamin, da alamat tempat tinggal.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...