Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Lewat Handphone

Dwi Latifatul Fajri
6 Januari 2022, 14:47
Cara Daftar Kartu Prakerja
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Daftar Prakerja 2022 Lewat HP

Pendaftaran kartu prakerja resmi dibuka tahun 2022. Informasi tentang pendaftaran bisa ditemukan di Instagram resmi kartu prakerja.

Jika anda sudah membuat akun pendaftaran, silakan cek dashboard di website Prakerja.go.id. Pendaftar yang sudah mempunyai akun tinggal klik gabung untuk mengikuti seleksi gelombang. Selanjutnya, pendaftar tinggal menunggu informasi lolos mengikuti pra kerja.

Khusus pengguna baru, anda bisa mendaftarkan dan menyiapkan dokumen pendaftaran. Pendaftaran bisa melalui komputer, ponsel, dan tablet yang terhubung internet.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Kartu pra kerja merupakan program yang ditujukan untuk masyarakat. Program ini bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi dan wirausaha, untuk para pencari kerja. Program pra kerja juga terbuka untuk angkatan kerja untuk memenuhi persyaratan dan menerima kompetensi.

Lulusan yang sudah mendaftar kartu prakerja akan mendapat kemampuan dan keahlian setelah mengikuti kursus online. Untuk persyaratan gelombang baru kartu prakerja dibuka tahun 2022, masih sama seperti tahun sebelumnya.

Berikut syarat pendaftaran kartu prakerja:

  1. Warga negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  3. Pemohon adalah pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha.
  4. Pemohon bukan dari anggota TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN), anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMN, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMN.
  5. Tidak sedang mendapatkan bantuan pemerintah seperti bantuan langsung tunai (BLT), bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM), atau bantuan lain.
  6. Memiliki satu kartu keluarga (KK) hanya boleh maksimal dua nomor induk kependudukan (NIK) yang menjadi penerima bantuan prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah syarat kartu pra kerja terpenuhi, pendaftar bisa mendaftarkan secara online. Proses pendaftaran cukup mudah yaitu membuka website resmi Prakerja.go.id. Berikut cara daftar prakerja 2022 lewat handphone:

  • Daftar Akun

Langkah pertama yang dilakukan adalah daftar akun. Buka website Prakerja.go.id, kemudian ketik email aktif dan kata sandi atau password untuk akun. Jangan lupa untuk mengulangi password.

Setelah itu klik daftar dan aktifkan centang biru, untuk menyetujui persyaratan dan ketentuan.

  • Cek Email

Setelah melakukan pendaftaran, muncul pemberitahuan link verifikasi yang sudah dikirimkan ke email. Setelah mendaftar, periksa pesan dari pra kerja.

  • Verifikasi Email

Langkah selanjutnya adalah verifikasi email. Selanjutnya, akan ada pemberitahuan verifikasi email di tombol berwarna biru, atau copy paste halaman di bawah tombol.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...