Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Lewat Handphone

Cara daftar kartu prakerja 2022 resmi dibuka. Melalui Instagram, pengumuman gelombang awal tahun 2022 bisa dicek di laman prakerja.go.id. Berikut cara daftar kartu prakerja 2022 lewat handphone.
Dwi Latifatul Fajri
6 Januari 2022, 14:47
Cara Daftar Kartu Prakerja
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Daftar Prakerja 2022 Lewat HP

Pendaftaran kartu prakerja resmi dibuka tahun 2022. Informasi tentang pendaftaran bisa ditemukan di Instagram resmi kartu prakerja.

Jika anda sudah membuat akun pendaftaran, silakan cek dashboard di website Prakerja.go.id. Pendaftar yang sudah mempunyai akun tinggal klik gabung untuk mengikuti seleksi gelombang. Selanjutnya, pendaftar tinggal menunggu informasi lolos mengikuti pra kerja.

Khusus pengguna baru, anda bisa mendaftarkan dan menyiapkan dokumen pendaftaran. Pendaftaran bisa melalui komputer, ponsel, dan tablet yang terhubung internet.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Kartu pra kerja merupakan program yang ditujukan untuk masyarakat. Program ini bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi dan wirausaha, untuk para pencari kerja. Program pra kerja juga terbuka untuk angkatan kerja untuk memenuhi persyaratan dan menerima kompetensi.

Advertisement

Lulusan yang sudah mendaftar kartu prakerja akan mendapat kemampuan dan keahlian setelah mengikuti kursus online. Untuk persyaratan gelombang baru kartu prakerja dibuka tahun 2022, masih sama seperti tahun sebelumnya.

Berikut syarat pendaftaran kartu prakerja:

  1. Warga negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  3. Pemohon adalah pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha.
  4. Pemohon bukan dari anggota TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN), anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMN, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMN.
  5. Tidak sedang mendapatkan bantuan pemerintah seperti bantuan langsung tunai (BLT), bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM), atau bantuan lain.
  6. Memiliki satu kartu keluarga (KK) hanya boleh maksimal dua nomor induk kependudukan (NIK) yang menjadi penerima bantuan prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah syarat kartu pra kerja terpenuhi, pendaftar bisa mendaftarkan secara online. Proses pendaftaran cukup mudah yaitu membuka website resmi Prakerja.go.id. Berikut cara daftar prakerja 2022 lewat handphone:

  • Daftar Akun

Langkah pertama yang dilakukan adalah daftar akun. Buka website Prakerja.go.id, kemudian ketik email aktif dan kata sandi atau password untuk akun. Jangan lupa untuk mengulangi password.

Setelah itu klik daftar dan aktifkan centang biru, untuk menyetujui persyaratan dan ketentuan.

  • Cek Email

Setelah melakukan pendaftaran, muncul pemberitahuan link verifikasi yang sudah dikirimkan ke email. Setelah mendaftar, periksa pesan dari pra kerja.

  • Verifikasi Email

Langkah selanjutnya adalah verifikasi email. Selanjutnya, akan ada pemberitahuan verifikasi email di tombol berwarna biru, atau copy paste halaman di bawah tombol.

  • Unggah Berkas Pendaftaran

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen. Dokumen ini merupakan kelengkapan data untuk mendaftar.

Berikut langkah unggah dokumen di website kartu prakerja:

  1. Siapkan Kartu Keluarga (KK) untuk mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor KK, dan tanggal lahir yang sesuai KK.
  2. Isi data diri secara lengkap seperi alamat email, nama ibu kandung, jenis kelamin, alamat sesuai KTP, dan alamat tempat tinggal.
  3. Unggah foto KTP secara jelas. Pastikan foto KTP sesuai kotak ketentuan atau membaca panduan untuk foto.
  4. Pastikan kembali data yang sudah terisi sudah benar. Kemudian lanjutkan dengan mengisi nomor hp. Pastikan untuk mengisi enam digit kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Tes Seleksi

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, akan ada tes seleksi untuk memilih gelombang. Tes seleksi ini masuk tahapan terakhir untuk pendaftaran kartu pra kerja. Nantinya, setelah mengikuti tes seleksi, akan diumumkan untuk mengikuti gelombang pendaftaran.

Tata cara mengikuti tes gelombang pra kerja yaitu:

  • Membaca Persyaratan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes ini berlangsung selama 25 menit. Anda akan diuji tentang soal motivasi dan kemampuan dasar. Pastikan sinyal internet stabil dan menyiapkan alat tulis untuk menyelesaikan soal.

  • Klik Mulai Tes

Setelah membaca persyaratan, klik mulai tes untuk mengerjakan sesuai waktu di laman prakerja. Kerjakan tes yang sesuai dengan anda untuk menjadi evaluasi.

  • Pilih Gelombang

Setelah mengikuti tes, kemudian pilih bergabung untuk mengikuti gelombang. Klik “Saya Menyetujui” untuk persetujuan pra kerja. Nantinya akan ada pengumuman mengikuti gelombang, provinsi, dan waktu pendaftaran. Setelah itu, anda tinggal menunggu pengumuman lolos gelombang melalui SMS dan pesan di prakerja.

Anda bisa kembali login ke website kartu pra kerja untuk pengumuman lolos gelombang. Jika tidak lolos, akan ada pemberitahuan dari website.

Insentif Kartu Prakerja

Pendaftar yang lolos gelombang, dapat mengikuti kursus online yang disediakan oleh mitra pelatihan kerja. Kartu prakerja bekerjasama dengan Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Disnaker, Sekolahmu, dan MauBelajarApa. Nantinya pendaftar yang lolos mendapat saldo pelatihan untuk mengikuti pelatihan online.

Insentif kartu prakerja dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.
  2. Insentif diberikan setelah menyelesaikan kursus online, memberi ulasan, dan penilaian di program pelatihan. Pendaftar sudah menghubungkan nomor rekening bank atau e-wallet.
  3. Insentif pengisian survei sebesar Rp 50 ribu per survei.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait