6 Makanan Khas China Ini Menarik untuk Dicoba Orang Indonesia

Berikut rekomendasi makanan khas China yang cocok dengan lidah orang Indonesia dengan paduan asam, manis, pedas dan gurih.
Image title
22 Maret 2022, 23:52
Ilustrasi Sapo Tahu Sebagai Makanan Khas China
Dreamstime
Ilustrasi Sapo Tahu Sebagai Makanan Khas China

Istilah "menuntut ilmu sampai negeri Cina", mungkin pernah atau bahkan sering Anda dengar. Tanpa sadar, pepatah tersebut juga turut menggiring masyarakat Indonesia untuk benar-benar mencari ilmu ke Negeri Tirai Bambu tersebut. 

Tak hanya ilmu yang menarik untuk dilirik dari Cina, melainkan juga kulinernya. Kebanyakan menu makanan khas China, umumnya cocok di lidah masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari menjamurnya kedai ataupun rumah makan yang menjual beragam makanan khas China.

Banyak makanan khas China yang sudah masuk ke Indonesia namun jarang diketahui bahwa makanan tersebut adalah makanan dari negeri tirai bambu tersebut. Tak hanya di restoran, makanan khas China ini juga bisa ditemukan di beberapa rumah makan sederhana.

Dalam hal makanan, makanan-makanan khas yang berasal dari Cina juga tidak perlu diragukan lagi citarasanya. Banyak resep-resep yang dibawa langsung dari Cina dan dikembangkan, dicocokkan langsung dengan citarasa lidah Indonesia.

Advertisement

Aneka Ragam Makanan Khas China

Berikut beragam pilihan makanan khas China yang bisa menjadi menu kuliner yang dilansir dari berbagai sumber: 

1. Dimsum

Pilihan makanan khas China ini banyak ditemui di sejumlah kedai dan warung makan di Indonesia. Tak hanya di restoran, makanan khas China satu ini juga dibuat sendiri di rumah. Hanya tinggal memperhatikan resep, Anda sudah bisa menikmati makanan khas China yang hampir mirip dengan dumpling ini.

Apabila menilik dari aspek bahasa, Dimsum berasal dari Bahasa Kantonis yang memiliki makna sebagai makanan kecil. Sesuai dengan namanya Dimsum adalah kudapan khas Tingkok yang jenisnya beragam mulai dari siomay, hakau, mantau, hingga bakpao.

Tidak hanya itu, Dimsum memiliki karakter dengan berbagai warna, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, dan jenis masakannya. Dimsum terbagi menjadi empat kategori yaitu Dimsum kukus, Dimsum goreng, Dimsum manis dan Dimsum ceker. Rasanya sendiri gurih dan lezat dan biasanya dimakan dengan cocolan.

2. Bebek Peking

Rekomendasi makanan khas China berikutnya adalah bebek peking. Kuliner ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terkait dengan rasanya, bebek peking ini memiliki rasa yang cukup lezat.

Penampakannya bebek peking ini merupakan bebek panggang dengan warna coklat dengan bumbu manis. Terkait dengan sajiannya bebek peking ini disajikan dengan cara diiris tipis serta bisa dimakan bersama dengan nasi atau pancake dengan saus kacang warna merah.

3. Bakpao

Berikutnya adalah makanan khas China yang cukup sering ditemui di Indonesia. Secara bahasa, berasal dari dua kata yaitu bak artinya daging dan pao berarti bungkusan. Awalnya daging yang digunakan dalm Bakpao adalah daging babi, akan tetapi seiring perkembangannya isinya pun beragam mulai dari daging ayam, sayuran, ikan, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang hijau, dan sebagainya.

Bungkusnya sendiri dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi. Bakpao mempunyai tekstur yang empuk atau kenyal dengan rasa yang manis atau gurih tergantung isinya.

4. Capcai

Selanjutnya ada makanan khas China yang sering dijumpai dalam jajanan kaki lima, yaitu Capcai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati sayuran. Capcai adalah salah satu makanan khas China yang bisa ditemui mulai dari restoran hingga rumah makan biasa.

Capcai berarti aneka ragam sayur dalam dialek Hokkian. Makanan khas China ini terkenal karena dimasak dari berbagai macam sayuran dan biasa diolah dengan berkuah atau digoreng. Selain sayuran ada juga yang menambahkan daging, telur, atau makanan hasil laut. Capcai memiliki cita rasa gurih dan lezat.

5. Wonton

Terbuat dari daging cincang dengan bungkus tepung terigu hingga bentuk lembaran yang juga dikenal dengan nama pangsit bila di Indonesia dan di China menjadi Wonton .

Cara pembuatannya Wonton sangat mudah, Wonton diolah dengan cara direbus dan disajikan bersama sup atau digoreng seperti kerupuk. Selain daging cincang isi dari Wonton juga bisa dengan sayuran. Untuk bumbu wonton yakni seperti kecap asin, saus tiram, dan minyak wijaen. Wonton di Indonesia seringnya berupa kulit tanpa isi dan diolah menjadi pangsit kuah, pangsit goreng, mie pangsit, dan cwie mie.

6. Sapo Tahu

Sapo Tahu merupakan salah satu makanan khas China yang tidak mengandung daging. Sapo Tahu memperoleh namanya dari penggunaan sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak makanan ini dan terbuat dari bahan keramik sehingga bisa menyimpan panas yang cukup lama.

Bahan dasarnya sendiri berupa tahu tiongkok, jamur merang, wortel, sawi putih, tepung maizena, dan campuran bumbu lainnya. Sapo Tahu bertekstur halus dan lembut serta citarasa dari Sapo Tahu gurih dan lezat apalagi disajikan ketika masih panas.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait