6 Makanan Khas China Ini Menarik untuk Dicoba Orang Indonesia

Image title
22 Maret 2022, 23:52
Ilustrasi Sapo Tahu Sebagai Makanan Khas China
Dreamstime
Ilustrasi Sapo Tahu Sebagai Makanan Khas China

Istilah "menuntut ilmu sampai negeri Cina", mungkin pernah atau bahkan sering Anda dengar. Tanpa sadar, pepatah tersebut juga turut menggiring masyarakat Indonesia untuk benar-benar mencari ilmu ke Negeri Tirai Bambu tersebut. 

Tak hanya ilmu yang menarik untuk dilirik dari Cina, melainkan juga kulinernya. Kebanyakan menu makanan khas China, umumnya cocok di lidah masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari menjamurnya kedai ataupun rumah makan yang menjual beragam makanan khas China.

Banyak makanan khas China yang sudah masuk ke Indonesia namun jarang diketahui bahwa makanan tersebut adalah makanan dari negeri tirai bambu tersebut. Tak hanya di restoran, makanan khas China ini juga bisa ditemukan di beberapa rumah makan sederhana.

Dalam hal makanan, makanan-makanan khas yang berasal dari Cina juga tidak perlu diragukan lagi citarasanya. Banyak resep-resep yang dibawa langsung dari Cina dan dikembangkan, dicocokkan langsung dengan citarasa lidah Indonesia.

Aneka Ragam Makanan Khas China

Berikut beragam pilihan makanan khas China yang bisa menjadi menu kuliner yang dilansir dari berbagai sumber: 

1. Dimsum

Pilihan makanan khas China ini banyak ditemui di sejumlah kedai dan warung makan di Indonesia. Tak hanya di restoran, makanan khas China satu ini juga dibuat sendiri di rumah. Hanya tinggal memperhatikan resep, Anda sudah bisa menikmati makanan khas China yang hampir mirip dengan dumpling ini.

Apabila menilik dari aspek bahasa, Dimsum berasal dari Bahasa Kantonis yang memiliki makna sebagai makanan kecil. Sesuai dengan namanya Dimsum adalah kudapan khas Tingkok yang jenisnya beragam mulai dari siomay, hakau, mantau, hingga bakpao.

Tidak hanya itu, Dimsum memiliki karakter dengan berbagai warna, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, dan jenis masakannya. Dimsum terbagi menjadi empat kategori yaitu Dimsum kukus, Dimsum goreng, Dimsum manis dan Dimsum ceker. Rasanya sendiri gurih dan lezat dan biasanya dimakan dengan cocolan.

2. Bebek Peking

Rekomendasi makanan khas China berikutnya adalah bebek peking. Kuliner ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terkait dengan rasanya, bebek peking ini memiliki rasa yang cukup lezat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...