Magang Adalah Jalur Awal Merasakan Dunia Kerja

Image title
11 April 2022, 14:12
Ilustrasi magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja secara di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya
Unsplash/LinkedIn Sales Solutions
Ilustrasi magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja secara di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya

Apabila saat ini Anda merupakan seorang mahasiswa atau pelajar sekolah menengah atas, istilah magang tentunya sudah tidak asing.  Dalam Bahasa Inggris, istilah tersebut juga dikenal sebagai internship.

Bagi Anda yang tengah menempuh pendidikan, magang kerap dijadikan syarat wajib untuk bisa menamatkan pendidikan akhir Anda. Selain itu, tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi juga menjadikan pengalaman internship menjadi cukup penting dan berharga untuk menghadapi dunia kerja sesungguhnya. 

Pengertian Magang

Dilansir dari situs Lifepal.co.id, magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya.

Apabila melansir dari undang-undang, magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan. Adapun dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 21-30.

Tidak hanya itu, magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009. Aturan tersebut juga membahas aktivitas terkait magang secara spesifik di dalam negeri.

Bagi pelajar Sekolah Menengah Khusus alias SMK, istilah magang cukup dikenal dengan sebutan Praktek Kerja Lapangan alias PKL. Pemagangan juga umum dilakukan mahasiswa, bahkan beberapa perguruan tinggi mewajibkan dan menganjurkan mahasiswanya menjajal dunia kerja lewat magang. Harapnnya, agar lulusan yang dihasilkan ke depan lebih kompeten saat memasuki dunia kerja.

Era saat ini, terdapat beragam program internship bersertifikat bagi mahasiswa. Salah satunya Program Kampus Merdeka atau Magang Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan begitu para pelajar dan mahasiswa bisa menyiapkan dirinya memasuki dunia kerja. 

Berbagai pengalaman akan dirasakan saat menjalankan aktivitas magang. Selain pengalaman memecahkan masalah, pemagang akan mendapat bimbingan secara penuh, imersif dan disertai sertifikat industri, hingga uang saku dan biaya hidup selama magang disubsidi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Aneka Manfaat dan Tujuan Magang

Seperti yang disampaikan sebelumnya, magang adalah proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi di dunia kerja secara langsung, berbekal pengetahuan yang didapat selama menjalani pendidikan. Pemagang akan bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya.

Selain itu, ada beragam manfaat dan tujuan lainnya dari magang:

1. Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi

Program magang kerja bisa diibaratkan sebagai gerbang awal untuk mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. Alhasil, pemagang tidak akan kaget ketika sudah lulus dan memasuki dunia pekerjaan.

Banyak wawasan yang akan didapatkan sepanjang melakukan aktivitas magang. Anda akan terbiasa dengan sistem pembagian tugas pada tiap-tiap divisi di sebuah perusahaan, dan dilibatkan dalam sebuah proyek.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...