Multitasking Adalah Proses Penyelesaian Tugas, Ini Penjelasannya

Image title
7 Februari 2022, 11:28
Ilustrasi multitasking para pekerja di sebuah industri logistik di Jakarta. Multitasking adalah bentuk perlakuan dua tugas atau lebih dalam waktu yang bersamaan.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi multitasking para pekerja di sebuah industri logistik di Jakarta.

Dalam perkembangan teknologi dan banyaknya disrupsi pekerjaan, istilah multitasking menjadi suatu hal yang jamak didengar. Ada banyak pro dan kontra mengenai multitasking yang dapat ditinjau dari beragam hal dari bidang kesehatan hingga analisa sumber daya manusia. Berikut penjelasannya:

Penjelasan Singkat Tentang Multitasking

Istilah multitasking atau dalam Bahasa Indonesia multitugas, sudah banyak diulas dalam berbagai pembahasan. Salah satunya adalah artikel di laman The Balance Careers. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa multitasking adalah suatu seni mengubah fokus secara cepat dari pekerjaan yang satu ke pekerjaan yang lainnya secara bergantian.

Secara ideal, multitasking adalah bentuk metode agar bisa mempercepat proses penyelesaian pekerjaan agar tidak terlalu kewalahan karena harus mengubah suatu fokus secara cepat dan tepat.

Selain penjelasan di atas, multitasking memiliki beragam penjelasan, sebagaimana yang dikutip dari situs accurate.id, multitasking memiliki beberapa pengertian antara lain:

1. Pengertian pertama, multitasking adalah bentuk perlakuan dua tugas atau lebih dalam waktu yang bersamaan.
2. Pengertian kedua, multitasking adalah melakukan perpindahan fokus dari satu tugas ke tugas lainnya secara cepat.
3. Pengertian ketiga, multitasking adalah suatu kemampuan seorang individu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dalam satu waktu.

Oleh karenanya bisa disimpulkan inti dari multitasking adalah proses penyelesaian beragam pekerjaan secara sekaligus. Hal seperti ini berlaku baik dalam waktu yang bersamaan ataupun berpindah antara satu tugas ke tugas yang lainnya secara bergantian dengan waktu yang terbilang singkat.

Alasan paling umum mengapa orang mengerjakan sesuatu sekaligus adalah untuk menghemat waktu. Menyelesaikan pekerjaan satu per satu, misalnya berhenti berjalan dan menepi untuk membalas pesan singkat, tentu akan memakan lebih banyak waktu.

Multitasking dan Produktivitas Kerja

Ketika melakukan multitasking, otak akan bekerja lebih kuat untuk fokus dan berkonsentrasi agar dapat menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas tersebut dengan baik. Meski demikian, otak umumnya hanya dapat fokus pada satu hal untuk satu waktu.

Pada saat otak sudah menjalankan mesinnya, tingkat daya konsentrasi dan kemampuan untuk fokus dalam menjalani berbagai pekerjaan atau aktivitas akan terganggu. Hal ini bisa membuat kualitas pekerjaan Anda menjadi berkurang.

Mengutip situs informasi kesehatan Alodokter.com, bahwa multitasking berlawanan dengan anggapan kebanyakan orang. Multitasking ternyata sama sekali tidak bermanfaat dalam menghemat waktu. Mengerjakan dua pekerjaan secara bersamaan, justru akan memakan waktu lebih lama dibandingkan mengerjakannya satu per satu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...