7 Buah yang Mengandung Vitamin E Ini Bermanfaat untuk Tubuh

Image title
11 April 2022, 15:39
Ilustrasi tomat sebagai buah yang mengandung vitamin e dan bermanfaat bagi tubuh untuk kesehatan.
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/hp.
Ilustrasi tomat sebagai buah yang mengandung vitamin e dan bermanfaat bagi tubuh untuk kesehatan.

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Berbagai macam vitamin memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan, terutama vitamin E. Kebutuhan nutrisi vitamin harian bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan, salah satunya adalah buah yang mengandung vitamin E.

Khasiat Vitamin E

Dilansir dari Jovee.id, bahwa khasiat dari vitamin E juga bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh bahkan saat proses penuaan terjadi. Selain itu, vitamin E juga membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang berkontribusi pada perkembangan kanker, komplikasi AIDS, dan asma.

Kerusakan yang mungkin terjadi selama melakukan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga juga bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi vitamin E. Jenis vitamin ini punya peran yang penting dalam tubuh, khususnya karena aktivitas antioksidannya.

Jika membahas asupan vitamin E yang dibutuhkan dalam sehari, setidaknya orang dewasa perlu memenuhi hingga 15 mg vitamin E per hari. Sedangkan, ibu menyusui butuh asupan vitamin E yang lebih tinggi lagi, yakni 19 mg.

Kelebihan vitamin E bisa menimbulkan darah mengencer dan risiko pendarahan yang fatal. Selain itu, kelebihan vitamin E dihubungkan pula dengan meningkatnya risiko stroke hemoragik atau stroke yang disebabkan pendarahan di daerah otak.

Buah yang Mengandung Vitamin E

Untuk memenuhi gizi, Anda bisa mengonsumsi buah yang mengandung vitamin E dan bisa diperoleh dengan harga murah:

1. Mulberry

Salah satu jenis berry dengan warna kehitaman satu ini juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Buah mulberry memiliki kandungan vitamin E yang melimpah. Buah mulberry juga baik untuk penderita diabetes karena mengandung zat besi yang mampu mengatasi anemia. Selain itu, vitamin E pada mulberry juga dapat memenuhi 6 % angka kecukupan gizi alias AKG.

2. Alpukat

Alpukat juga menjadi buah yang mengandung vitamin E cukup tinggi. Alpukat sering dikonsumsi dengan cara dijus atau menjadi campuran pada salad dan sushi. Kandungan vitamin E pada buah alpukat mencapai 21 % dari total kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi pada buah alpukat, menjadikan buah satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit. Buah dengan tekstur lembut ini juga diperkaya zat anti inflamasi fitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...