6 Fungsi Toner untuk Wajah Lebih Cerah

Image title
25 Mei 2022, 23:59
Berikut enam fungsi toner untuk wajah agar lebih cerah dan sehat dengan harga murah.
Pexels/Sora Shimazaki
Berikut enam fungsi toner untuk wajah agar lebih cerah dan sehat dengan harga murah.

Fungsi toner untuk wajah ada beragam, salah satunya untuk perawatan kulit wajah. Berbahan dasar air, toner cukup mudah didapati dan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memilikinya. 

Tak hanya itu, fungsi toner untuk wajah lainnya adalah untuk menghapus sisa make up, kotoran, dan minyak berlebih yang masih menempel pada kulit, setelah Anda mencuci muka. Itu karena, toner juga mengandung berbagai bahan aktif tertentu. Beberapa di antaranya, yakni gliserin untuk menjaga kulit tetap lembap, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, serta niacinamide untuk kulit agar cerah.

Berdasarkan kandungan dan fungsi toner untuk wajah terbagi menjadi dua, yaitu hydrating toner atau toner pelembap dan exfoliating toner atau toner eksfoliasi. Kedua fungsi toner untuk wajah tersebut, sama-sama bisa memberikan khasiat bagi bagi kulit, selama disesuaikan dengan kebutuhan wajah Anda. Berikut perbedaan fungsi toner untuk wajah yang dilansir dari Alodokter.com:

1. Hydrating Toner

Hydrating toner adalah toner dengan kegunaan untuk melembapkan wajah. Produk ini juga membantu mempersiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya, sebab kulit yang lembap mampu menyerap bahan-bahan dalam produk skin care dengan lebih baik.

Toner pelembap dibuat dari bahan-bahan yang memberikan kelembapan atau bekerja dengan mengunci air dalam sel-sel kulit. Bahan yang digunakan antara lain hyaluronic acid, gel lidah buaya, dan vitamin E.

2. Exfoliating Toner

Exfoliating toner bagus untuk melakukan eksfoliasi sel kulit mati yang menempel pada wajah. Toner jenis ini akan membersihkan kulit dari sisa kotoran yang tidak dapat dibersihkan di langkah sebelumnya serta cocok untuk menghilangkan sisa makeup dari wajah.

Toner eksfoliator umumnya dibuat dari alpha dan beta-hydroxy acid (AHA dan BHA) atau turunannya seperti glycolic acid dan salicylic acid. Selain membersihkan, zat ini juga bisa meringankan masalah noda hitam ringan serta timbulnya kerutan.

Berikut sejumlah manfaat atau khasiat toner bagi wajah Anda:

1. Mengangkat Sisa Kotoran

Toner membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih wajah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...