5 Cara Cek Mutasi di ATM dan Mobile Banking Praktis

Image title
20 Juni 2022, 20:40
Ilustrasi cara cek mutasi di atm
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Ilustrasi cara cek mutasi di atm

Bagi Anda yang baru mengenal perbankan, mungkin ada banyak istilah yang belum Anda ketahui. Selain istilah yang banyak, untuk mengakses perbankan terkadang juga membingungkan. Salah satunya cara cek mutasi di ATM atau anjungan tunai mandiri, juga melalui mobile banking.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir akses perbankan hanya untuk menabung dan ambil uang saja. Apalagi, setiap bank di Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan. Di antara istilah perbankan, cara cek mutasi rekening bank menjadi salah satu yang perlu.

Mutasi rekening bank adalah catatan atau riwayat transaksi yang terjadi dalam rekening, dapat berupa aliran dana masuk maupun dana keluar. Jadi ketika Anda melakukan transaksi pengambilan uang dari tabungan, maka otomatis terjadi mutasi debet di rekening yang artinya saldo tabungan Anda berkurang. Sebaliknya, jika Anda menabung dan atau menerima transferan uang yang masuk ke rekening Anda, maka terjadi mutasi kredit yang artinya saldo tabungan Anda bertambah.

Dengan begitu, cara cek mutasi di atm menjadi salah satu akses perbankan yang Anda butuhkan. Melakukan mutasi rekening, berarti Anda bisa mengetahui sumber dana yang masuk ke rekening Anda, serta untuk apa saja dana tabungan Anda digunakan. Berikut rangkuman beberapa fungsi mutasi rekening bank:

1. Sebagai metode untuk mengontrol semua transaksi yang telah dilakukan selama periode tertentu, baik dana masuk maupun dana keluar. Semua aktivitas tersebut diperoleh dari mutasi rekening bank berupa sebuah laporan digital maupun cetak.

2. Bagi para pebisnis, mutasi rekening bank akan sangat membantu demi kelancaran bisnis tersebut karena Anda akan menerima pembayaran melalui transaksi bank.

Melihat dua poin tersebut Anda mulai berpikir untuk mencoba mengetahui aktivitas apa saja yang pernah dilakukan dengan rekening milik Anda beberapa waktu yang lalu, bukan? Namun masih bingung atau belum mengetahui cara cek mutasi di atm dan sejumlah platform lainnya.

Saat ini cara cek mutasi di atm dan sejumlah platform rekening bank bisa dengan berbagai cara yang dilansir dari Moota.com, diantaranya:

1. Teller Bank

Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang bank dari rekening milik Anda dengan membawa buku rekening dan kartu identitas. Setelah antre di teller silahkan katakan ingin cetak buku tabungan atau mutasi rekening bank. Tunggu prosesnya hingga selesai dan semua transaksi yang telah dilakukan akan tertulis di buku tabungan.

2. Mesin ATM

Jika Anda ingin mengecek mutasi rekening bank melalui ATM caranya mudah. Anda hanya tinggal pergi ke ATM terdekat dengan membawa kartu ATM dan masukkan kartu ATM seperti biasa. Kemudian pilih menu mutasi rekening dan tunggu prosesnya hingga keluar struk berisi transaksi terakhir Anda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...